HomeKesehatan10 Penyebab Orang Mudah Terserang Penyakit, Kamu Yang Mana?

10 Penyebab Orang Mudah Terserang Penyakit, Kamu Yang Mana?

Penyebab orang mudah terserang penyakit dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, beberapa di antaranya adalah lemahnya sistem kekebalan tubuh dan kebersihan diri atau lingkungan yang tidak higienis.

Pada dasarnya semua orang mempunyai sistem kekebalan tubuh atau disebut juga dengan imun yang bertugas melindungi diri dari infeksi bakteri, kuman atau virus.

Sistem kekebalan tubuh yang menurun lalu terkena infeksi maka dapat menyebabkan seseorang sering sakit-sakitan seperti batuk, pilek, flu, diare, sakit kepala, demam dan lain sebagainya.

Tidak menutup kemungkinan adanya gangguan kesehatan tertentu, periksakan diri Anda ke dokter untuk mengetahui penyebab pasti kenapa Anda mudah terkena penyakit.

Penyebab Orang Mudah Terserang Penyakit

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 10 faktor penyebab seseorang gampang sakit yang wajib Anda ketahui.

1. Gaya Hidup Tidak Sehat

Punya gaya hidup yang tidak sehat seperti jarang olahraga, sering begadang, merokok dan minum-minuman keras? Waspadai berbagai jenis penyakit yang mudah menyerang kepada orang yang mempunyai gaya hidup tidak sehat seperti itu.

Seseorang yang jarang atau tidak pernah melakukan olahraga lebih rentan jatuh sakit karena sistem imun yang melemah.

Berdasarkan sebuah penelitian, seseorang yang rutin melakukan olahraga akan lebih kebal terhadap mikroorganisme jahat di dalam tubuh berkat fungsi neutrofil bekerja secara maksimal.

Mulailah untuk rajin melakukan olahraga baik di pagi hari atau sore hari minimal 30 menit agar tubuh tetap bugar dan tidak mudah jatuh sakit.

Baca juga: 5 Tips Tetap Sehat Meski Jarang Olahraga, Yuk Coba!

2. Pola Makan Tidak Sehat

Tidak heran jika orang yang mempunyai pola makan tidak sehat mudah jatuh sakit, makanan seperti junk food atau fast food, makanan atau minuman terlalu asin dan manis sangat tidak baik untuk kesehatan.

Selain itu, jangan pernah mengkonsumsi makanan yang tidak higienis seperti makanan mentah, makanan setengah matang, makanan basi dan makanan kadaluarsa karena sangat berisiko mengandung kuman atau parasit penyebab infeksi.

Mulailah untuk menerapkan pola makan sehat dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi kaya akan vitamin, protein, omega-3, antioksidan dan mineral yang bisa diperoleh dari sayuran, buah, telur, ikan, kacang dan biji-bijian.

3. Tidak Menjaga Cairan Tubuh

Disarankan seseorang mengkonsumsi minuman seperti air putih minimal 8 gelas sehari atau menyesuaikan dengan kegiatan yang sedang dijalani.

Seseorang yang bekerja di kantor tentu tidak membutuhkan minum sebanyak orang seseorang yang bekerja lapangan. Meski begitu, semuanya wajib menjaga tubuh agar tidak mengalami dehidrasi.

Fungsi menjaga cairan tubuh tetap ideal dapat melembabkan area mulut, hidung dan tenggorokan sehingga kuman atau virus tidak mudah masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, cairan tubuh yang ideal juga dapat melancarkan distribusi nutrisi ke seluruh tubuh dan menjaga organ tubuh bekerja secara normal tanpa ada gangguan.

Baca juga: Manfaat, Bahaya dan Mitos Minum Air Sambil Duduk atau Berdiri

4. Sering Mengalami Stres

Seseorang yang tidak mampu mengelola stres lebih rentan jatuh sakit daripada mereka yang dapat menyelesaikan penyebab stres.

Stres sangat umum dialami oleh semua orang, namun apa bila stres tidak dikelola dengan baik dapat menyebabkan stres berkepanjangan hingga depresi.

Masalah kesehatan mental seperti depresi dan gangguan kecemasan berlebih dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi kacau, melemah sehingga tubuh mudah terserang penyakit.

5. Kurang Jam Tidur

Idealnya seseorang membutuhkan waktu tidur sebanyak 7-8 jam sehari pada orang dewasa dan 10 jam sehari untuk anak-anak.

Kekurangan jam tidur dapat menyebabkan sistem imun tidak terlalu produktif untuk menghasilkan sitokin yang berfungsi untuk mencegah inflamasi dan berbagai jenis penyakit.

Sitokin dihasilkan oleh tubuh ketika tidur, jika jam tidur kurang maka sistem kekebalan tubuh ini akan menurun dan mudah terserang infeksi atau virus.

Selain itu, kurang jam tidur dapat meningkatkan risiko penyakit kronis seperti:

Baca juga: Sulit Tidur? Berikut Cara Tidur Cepat 30 Detik, Buktikan!

6. Tidak Mencuci Tangan

Kebiasaan mencuci tangan sangat penting untuk melindungi tubuh dari serangan bakteri, virus dan kuman. Seseorang yang tidak mencuci tangan secara rutin maka lebih rentan terserang penyakit.

Tidak mencuci tangan ketika akan makan misalnya, sangat berisiko mengikutsertakan kuman masuk ke dalam tubuh bersama dengan makanan.

Kuman, bakteri dan virus banyak ditemukan pada benda-benda sekitar seperti gagang pintu, keyboard, ponsel, tombol lift dan lain sebagainya.

Tangan sangat rentan menjadi media perantara organisme jahat tersebut untuk berpindah ke wajah, bibir, mata bahkan mulut.

Biasakan untuk mencuci tangan menggunakan air, sabun atau hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% sebelum dan setelah melakukan kegiatan seperti makan, menjenguk orang sakit, buang air, menyentuh sampah dan lain sebagainya.

7. Tidak Menjaga Kebersihan

Tidak hanya mencuci tangan saja untuk mencegah tubuh mudah sakit, menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan sangat penting untuk kesehatan.

Seseorang yang mempunyai sistem kekebalan tubuh yang baik jika tidak menjaga kebersihan diri dan lingkungan pun dapat jatuh sakit.

Mulailah menjaga kebersihan diri sendiri dengan rajin mandi, menggosok gigi, mencuci tangan dan membersihkan lingkungan yang kotor dengan mengepel hingga membuang sampah pada tempatnya.

8. Kekurangan Vitamin

Tubuh sangat membutuhkan asupan vitamin baik dari asupan makanan atau pun dari kegiatan seperti berjemur di pagi hari untuk mendapatkan paparan sinar matahari.

Paparan sinar matahari pada pagi hari sangat bermanfaat untuk tubuh karena dapat memberikan vitamin D secara alami. Vitamin D mempunyai fungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga mengurangi risiko infeksi saluran pernapasan.

Selain berjemur di bawah sinar matahari selama 15 menit di pagi hari, Anda dapat memperoleh asupan vitamin D dari kuning telur, jamur dan ikan.

Meski begitu, Anda harus memperhatikan kondisi kesehatan, lebih lanjut Anda dapat berkonsultasi dengan ahli gizi untuk menghindari risiko buruk akibat terlalu sering mengkonsumsi kuning telur.

9. Genetik

Seseorang yang sering sakit ternyata juga dipengaruhi oleh genetik. Produksi sel darah putih atau disebut dengan leukosit mempunyai fungsi menghasilkan antibodi untuk melawan organisme asing di dalam tubuh.

Genetik inilah yang mempengaruhi jumlah sel darah putih, jika terlalu sedikit maka tubuh akan sering sakit-sakitan.

10. Usia

Umur atau usia sangat mempengaruhi kesehatan seseorang terutama lanjut usia (lansia). Semakin tua umur seseorang maka sistem kekebalan tubuh, jaringan, sel dan fungsi organ tubuh sudah tidak lagi bekerja maksimal.

Tidak heran, banyak lansia yang mudah jatuh sakit dan terserang penyakit kronis seperti jantung, diabetes, ginjal dan lain sebagainya.

Mulai terapkan gaya hidup dan pola makan yang sehat untuk lansia, salah satu caranya adalah dengan menggunakan jasa perawat lansia agar keseharian lansia senantiasa diasuh dan dibantu oleh perawat home care profesional.


Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS live-in 24 jam. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

lowongan kerja perawat home care insan medika
- Advertisement -
Yusuf Dwi Putrahttp://insanmedika.co.id
Jasa home care penyedia layanan kesehatan dengan menghadirkan perawat lansia, perawat medis, perawat orang sakit hingga perawat anak di rumah pribadi pengguna jasa. Home care terbesar di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
Kumpulan 10 Kata-Kata Bijak untuk Perawat yang Sangat Memotivasi

Kumpulan 10 Kata Bijak Yang Sangat Memotivasi untuk Perawat

0
Terlepas dari peran dokter, perawat adalah profesi yang sangat mulia, di tangan dan hatinyalah pasien dapat kembali sehat dan membuat semua orang bahagia. Perawat mempunyai...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care