Vitamin Untuk Orang Tua
Vitamin Untuk Orang Tua

Mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh bisa didapatkan dari makanan yang sehat dan seimbang. Bagi sebagian orang tua kadang membutuhkan vitamin tambahan untuk mendapatkan kesehatan yang diinginkan.

Vitamin yang didapatkan dari pil atau obat-obatan jika dikonsumsi rutin dan dalam jumlah yang banyak sangat tidak dianjurkan. Sebelum Anda mengkonsumsi vitamin atau mineral yang tepat, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

Kapan Harus Mengkonsumsi Vitamin Untuk Orang Tua atau Lansia?

Bagi orang tua yang telah berusia lanjut sebaiknya jangan terlalu bergantung kepada vitamin atau suplemen tambahan yang didapat dari obat.

Selain harga suplemen atau vitamin yang dijual dipasaran mempunyai harga yang tidak murah, manfaatnya juga tidak terlalu berpengaruh terhadap kesehatan lansia.

“Vitamin yang didapat dari suplemen akan memaksa ginjal bekerja keras dan akan lebih cepat berakhir ke dalam toilet”

Hal di atas tidak berlaku bagi orang tua yang tengah menjalani program kesehatan yang dianjurkan oleh dokter. Oleh sebab itu, sebelum Anda mengkonsumsi suplemen atau vitamin, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter agar mendapatkan arahan yang tepat.

Baca juga: Fakta dan 10 Manfaat Bawang Putih Yang Mampu Memberantas Penyakit Mematikan Ini. Nomor 6 Tak Terduga!

Berikut Adalah 5 (lima) Vitamin Untuk Orang Tua

1. Vitamin D

Vitamin D sangat mudah di dapat saat kita tinggal di iklim tropis, mengingat wilayah ini akan banyak mendapatkan sinar matahari.

Bagi lansia cukup berjemur di pagi hari untuk mendapatkan vitamin D kurang lebih 10-15 menit.

Selain itu, Anda bisa menemukan vitamin D dari jenis makanan berikut:

  • Ikan
  • Telur
  • Margarin
  • Yoghurt

Dengan mudahnya kita mendapatkan vitamin D, sehingga Anda tidak perlu membeli suplemen atau vitamin yang dijual di setiap Apotek atau Supermarket.

Cukup berjemur di pagi hari dan makan makanan kaya akan vitamin D Anda sudah bisa mendapatkan jumlah asupan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Zat Besi

Zat besi mempunyai peranan sangat penting bagi tubuh, salah satu fungsinya adalah melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh hingga membantu sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Jika Anda mencari vitamin untuk orang tua susah makan, sebaiknya masaklah masakan yang banyak mengandung zat besi.

Zat besi mudah didapat dari makanan sehat setiap harinya. Anda bisa mendapatkan zat besi dari makanan di bawah ini:

  • Daging merah
  • Kacang-kacangan
  • Telur
  • Olahan makanan dari gandum
  • Biji-bijian
  • Sayuran daun hijau
  • Buah-buahan

Harap diingat jika tidak semua orang tua wajib mendapatkan zat besi secara rutin kecuali atas anjuran dokter karena pasien baru saja menjalani operasi dan kehilangan banyak darah.

Cara mudah mendapatkan asupan zat besi tanpa mengkonsumsi suplemen adalah dengan minum teh atau kopi tanpa gula di jam “coffee breake“. Selain teh dan kopi, Anda bisa mengkonsumsi buah yang mengandung banyak vitamin C untuk mendapatkan zat besi secara alami.

3. Kalsium

Seiring bertambahnya umur manusia maka tulang dan gigi akan banyak kehilangan kekuatannya. Oleh sebab itu mengkonsumsi makanan kaya akan vitamin tulang untuk orang tua ini sangat dianjurkan.

Selain baik untuk tulang dan gigi, kalsium membantu mengatur kontraksi otot, mengatur detak jantung dan membuat pembekuan darah secara normal ketika terjadi luka robek pada kulit.

Makanan dan minuman kaya akan kalsium:

  • Susu
  • Keju
  • Yoghurt
  • Sayuran Berdaun Hijau
  • Kacang-kacangan
  • Ikan

Jika Anda harus mendapatkan jumlah asupan kalsium yang lebih, penggunaan suplemen harus melalui rekomendasi dari dokter. Mengkonsumsi suplemen dalam jumlah tinggi dapat menyebabkan sakit perut dan diare.

Baca juga: 3 Olahraga Yang Tepat Untuk Lansia. Nomor 1 Wajib Dilakukan!

4. Vitamin B

Bertambahnya usia dan telah memasuki usia lanjut, maka tubuh akan kesulitan untuk melakukan penyerapan vitamin B khususnya B12 yang banyak ditemukan pada daging, ikan salom, susu, keju dan telur.

Uniknya, vitamin B mempunyai beberapa fungsi yang berbeda di dalam tubuh. Beberapa fungsi vitamin B adalah membantu memecah energi yang ada pada makanan, menjaga kulit, mata dan sistem saraf agar tetap sehat.

Untuk mendapatkan vitamin B12 bisa dihasilkan dari mengkonsumsi makanan yang seimbang, mengkonsumsi makanan olahan gandum dan sereal sudah cukup memenuhi kebutuhan vitamin B12 di tubuh Anda.

Jika Anda membutuhkan vitamin B12 dalam jumlah yang telah dianjurkan oleh dokter, Anda diperbolehkan mengkonsumsi suplemen untuk mendapatkan vitamin B12 sesuai resep.

Jika orang tua atau lansia kekurangan vitamin B maka beresiko tinggi mengalami anemia dan masalah neurologis seperti gangguan ingatan. Maka vitamin otak untuk orang tua ini sangat baik dikonsumsi sesuai takaran yang tepat.

5. Vitamin C

Vitamin C mempunyai kandungan antioksian paling populer saat ini. Banyak minuman yang dijual melabeli produknya dengan vitamin C.

Namun mendapatkan vitamin C dari minuman yang umum ditemukan di pasaran tersebut kurang baik untuk lansia mengingat jumlah kandungan gulanya sangat tinggi.

Sebagai solusinya, Anda bisa mendapatkan cukup vitamin C dari buah dan sayuran.

Buah yang mengandung vitamin C:

  • Jeruk
  • Strowberry
  • Mangga
  • Paprika
  • Tomat

Baca juga: 4 Kelebihan Menggunakan Perawat Homecare. Nomor 4 Tidak Bisa Ditolak!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here