Susu Khusus Lansia
Susu Khusus Lansia

Susu identik dengan minuman untuk anak-anak, dipercaya membantu mempercepat proses tumbuh kembang sang anak dari kandungan nutrisinya.

Bagaimana jika orang lanjut usia (lansia) mengkonsumsi susu? Apakah tidak mempengaruhi kesehatannya dan berapa banyak lansia dapat mengkonsumsi susu dalam sehari?

Susu mengandung nutrisi, kalsium dan vitamin D yang baik untuk tulang dan gigi, mencegahnya untuk keropos atau rapuh.

Baca nanti: 5 Vitamin Yang Sangat Baik Untuk Lansia, Nomor 3 Wajib Konsumsi!

Manfaat Mengkonsumsi Susu Bagi Lansia

  • Minum susu bagi lansia dapat membantu memperlambat proses pengeroposan pada tulang (osteoporosis). Kandungan kalsium dan vitamin D di dalam susu akan membuat tulang menjadi padat. Kandungan kalsium dalam segelas susu terdapat 306 mg kalsium, hal ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian.
  • Susu juga mengadung kalium yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini sesuai dengan hasil studi yang pernah dilakukan bahwa memenuhi kebutuhan kalium dapat membantu mengurangi risiko sakit jantung.
  • Mencegah pengapuran sendi atau osteoarthritis pada lansia. Hal ini seperti yang dilakukan oleh para peneliti yang diterbitkan ke Arthitis Care & Research.
  • Memenuhi kebutuhan protein untuk menjaga masa otot. Kebanyakan lansia mengeluhkan hilangnya masa otot, hal ini dapat diatasi dengan minum susu kaya akan protein.

Jumlah Asupan Susu Bagi Lansia

Tidak ada angka pasti untuk membatasi jumlah asupan susu yang diminum oleh lansia. Kandungan kalsium, vitamin D, protein dan kalium baik untuk kesehatan lansia.

Namun berdasarkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, seseorang yang telah mencapai usia 50 tahun ke atas hanya perlu mengkonsumsi sebanyak 1.000 mg kalsium dalam setiap harinya.

Kalsium tidak hanya didapatkan dari susu saja, alternatif lainnya dapat mengkonsumsi sayuran hijau seperti brokoli, bayam atau kale.

Batasi Lansia Mengkonsumsi Susu

Walau susu baik untuk kesehatan lansia karena mengandung kalsium, vitamin D dan kalium ternyata susu juga mengandung lemak dan gula yang cukup tinggi.

Pada usia lanjut, mengkonsumsi lemak dan gula haruslah dihindari hal ini karena dapat meningkatkan risiko jantung, diabetes dan hipertensi.

Sebagai solusinya, pilihlah susu yang mempunyai kadar gula dan lemak yang rendah. Banyak perusahaan saat ini membuat susu khusus untuk lansia bahkan susu yang ditujukkan secara medis.

Susu untuk Lansia

Sebagai contoh Susu Kalbe Entramix yang membantu memenuhi nutrisi lengkap dan seimbang sebagai pengganti makanan utama, pemenuhan gizi harian bagi orang dewasa atau pun lansia terutama bagi yang mempunyai kondisi kurang sehat, pemulihan kesehatan dan susu untuk lansia yang susah makan hingga mentasi penurunan berat badan.

Anda dapat membeli berbagai jenis susu kesehatan dan medis dari Kalbe melalui Insan Medika Store, Marketplace Insan Medika dan Sosial Media Insan Medika.

Jaminan harga paling kompetitif, pelayanan cepat dan produk berkualitas.

Dapatkan layanan home care Insan Medika untuk merawat orang sakit atau anak di rumah Anda live-in 24 jam. Seluruh perawat lansia, perawat medis, perawat orang sakit dan perawat anak adalah profesional dan siap kerja. Garansi tak terbatas, pelayanan cepat dan biaya transparan. Dapatkan harga spesial khusus pembaca artikel ini.* Pesan sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here