Tumbuhan bajakah obat penyembuh kanker
Tumbuhan bajakah obat penyembuh kanker

Belakangan tumbuhan Bajakah santer terdengar dan banyak dibicarakan oleh warga net. Tenaman yang bombastis dan sedang banyak diburu oleh masyarakat ini viral ketika dua siswi asal Palangkaraya memenangkan mendali emas dalam ajang Word Invetition Creativity pada 25-27 Juli 2019 di Kaorea Selatan.

Berdasarkan penelitian dan uji laboratorium yang dilakukan oleh Anggina Rafitri dan Aysa Maharani, siswi SMA Negeri 2 Palangkaraya di Universitas Lambung Mangkurat tersebut yakin bahwa Akar Bajakah berkhasiat menyembuhkan kenker.

Hal ini terlihat ketika ekstrak akar bajakah yang diberikan pada tikus putih pengidap tumor. Dalam pengamatan selama 50 hari terbukti akar bajakah mampu melemahkan dan mengecilkan tumor yang ada pada tikus tersebut.

Baca nanti: Mengenal Obat Herbal dari Tanaman Keladi Tikus Yang Tidak Kalah Efektif Sembuhkan Kanker

Apa Itu Tanaman atau Akar Bajakah?

Spatholobus Littoralis Hassk atau dikenal juga dengan nama Bajakah yang berasal dari pedalaman hutan Kalimantan khususnya Kalimantan Tengah.

Tenaman Bajakah mempunyai batang yang besar dan kokoh. Namun tumbuhan ini juga mempunyai akar yang dapat merambat lebih dari 5 meter, akar bajakah inilah yang digunakan oleh masyakarat Dayak sebagai obat mujarap.

Selain akar bajakah, ternyata seluruh bagian pohon bajakah ini juga dapat dijadikan sebagai obat herbal. Sebuah pengujian yang pernah dilakukan oleh mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat pada tahun 2012 membuktikan bahwa Bajakah Tampala mengandung senyawa fenolik, flavonoid, tanin dan saponin.

Jenis-Jenis Pohon Bajakah

Bajakah Tampala (Spatholobus Littoralis Hassk)

Jenis pohon bajakah ini yang sedang dipercaya sebagai obat kanker. Melalui batangnya yang mengandung senyawa fenolik, flavonoid, tannin dan saponin mampu mempercepat proses penyembuhan luka.

Bajakah Lamei

Jenis Bajakah Lamei ini banyak mengandung air, tidak heran jika masyarakat Kalimantan Tengah banyak yang meminum secara langsung carian yang terkandung di akarnya. Dikutip dari lama Institut Pertanian Bogor (IPB), jenis tanaman bajakah lamei ini merupakan tanaman hutan tropis yang tumbuh dengan cara merambat.

Bajakah Kalalawit (Uncaria Gambir Roxb)

Bajakah jenis Kalalwit ini mempunyai kandungan phenol dan antibacterial. Selain itu juga dalam ekstrak gambir terdapat kandungan katekin yang cukup tinggi. Kandungan ini yang dipecaya untuk mencegah penyakit jantung, menurunkan berat badan hingga membantu untuk pembentukan kolagen.

Butuh perawat pribadi di rumah live-in 24 jam? Dapatkan layanan home care Insan Medika. Seluruh perawat home care profesional dan berpengalaman, seperti perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat anak. Dapatkan harga spesial khusus pembaca artikel ini*. Pesan sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here