Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
37623
Cara Mengobati luka bernanah
Cara Mengobati luka bernanah. (wexnermedical.osu.edu)

Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut.

Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri Staphylococcus Aureus atau Streptococcus Pyogenes dan memaksa tubuh mengeluarkan sel darah putih (neutrofil) untuk melawan bakteri penyebab infeksi tersebut.

Kedua bakteri ini tidak hanya menginfeksi melalui luka terbuka saja, namun juga dapat menyerang tubuh manusia melalui udara yang berisiko menyebabkan Pneumonia dan Sinusitis) atau makanan yang tidak higienis.

Nanah dapat muncul di luar tubuh dan juga di dalam tubuh, ketika nanah berada di luar tubuh atau permukaan kulit biasanya disebabkan oleh adanya jerawat, pustul atau bisul.

Sedangkan nanah yang berada di dalam tubuh seperti paru-paru, saluran pernapasan, saluran pencernaan, otak dan tulang disebut dengan abses.

Baca juga: Cara Tepat Mengobati Luka Lecet Agar Cepat Kering dan Sembuh

Penyebab luka bernanah

Beberapa risiko luka bernanah dapat disebabkan oleh hal-hal berikut ini:

  • Luka terbuka. Benda tajam atau luka gores pada kulit yang tak kunjung sembuh dapat memicu terjadinya infeksi penyebab luka bernanah.
  • Penyakit tertentu. Mengidap penyakit kronis seperti diabetes, kanker, gangguan hati dan ginjal yang menghambat proses penyembuhan luka.
  • Sistem kekebalan tubuh. Kekebalatan tubuh yang tidak prima akibat defisiensi nutrisi, radiasi dan konsumsi obat-obatan berisiko mengalami infeksi.
  • Trauma. Luka yang tak kunjung sembuh akibat adanya trauma yang berulang dapat meningkatkan resiko infeksi dan memperlambat proses penyembuhan luka.
  • Gangguan aliran darah. Aliran darah yang tidak lancar atau terganggu akibat adanya penyempitan pembuluh darah seperti stroke, tekanan darah tinggi dan penyempitan jantung berisiko menyebabkan infeksi penyebab luka bernanah.

Mengobati luka bernanah

Mengobati luka bernanah dapat dilakukan secara mandiri di rumah tanpa harus ke rumah sakit, namun beberapa kondisi infeksi penyebab luka bernanah harus ditangani oleh dokter.

Konsultasikan jenis luka yang Anda alami ke dokter bila mana Anda tidak yakin dapat mengobati luka tersebut.

Berikut perawatan dan pengobatan luka bernanah:

Sebelum memulai melakukan perawatan terhadap luka yang benanah, siapkan dulu bahan-bahannya seperti:

  • Cairan antiseptik (Rivanol atau Betadine)
  • Kain kasa steril.
  • Plester roll.
  • Bila perlu beri salep antibiotik yang dapat dibeli di apotek.
  • Baskom berisi air bersih hangat yang telah diberi sabun antiseptik.

Jika sudah tersedia, saatnya melakukan pengobatan pada luka bernanah.

Bersihkan luka

Bersihkan luka menggunakan air bersih yang telah diberi sabun antiseptik, jika bagian luka dapat direndam maka bersihkan luka sambil direndam.

Jika bagian luka tidak dapat direndam maka cara lainnya bisa dengan membasahkan kasa steril menggunakan cairan antiseptik (Rivanol) dan bersihkan luka yang bernanah.

Lakukan pembersihan luka dengan cara di atas hingga luka bersih dari nanah. Hindari untuk mengeluarkan nanah dengan paksa apalagi menggunakan tangan yang tidak steril.

Beri obat merah

Sebelum menggunakan obat merah pada area luka, Anda dapat melakukan kompres terlebih dahulu menggunakan kain kasa steril yang telah direndam menggunakan air mengandung antiseptik selama 5 menit.

Beri obat merah (Betadine) pada luka secukupnya. Bila tidak ada obat merah, dapat menggunakan salep khusus luka yang dapat dibeli di apotek. Oleskan ke seluruh bagian luka secukupnya.

Tutup luka

Tutup luka dengan kasa steril serapat mungkin lalu rekatkan menggunakan plester roll. Jaga luka agar tetap kering terhindar dari air, usahakan menutup luka bila mana harus bersentuhan dengan air.

Tindakan lebih lanjut

Beberapa kondisi luka bernanah yang cukup dalam, besar dan sulit untuk dijangkau sebaiknya gunakan layanan kesehatan seperti perawat home care perawat luka atau dokter di rumah sakit.

Tindakan medis untuk mengobati luka bernanah dapat dengan mengeluarkan nanah menggunakan jarum atau melakukan sayatan kecil.

Selain itu, jika diperlukan dokter akan memberikan resep obat untuk mempercepat penyembuhan dan mencegah terjadinya infeksi pada luka.

Video cara merawat luka


Layanan home care perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat bayi atau anak

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

lowongan kerja perawat home care insan medika

18 COMMENTS

  1. Mau tanya dong kak, saya kan abis jatuh dari motor (seminggu yg lalu) nah tapi sampe sekarang lukanya masih agak bernanah gitu dan di sekitar lukanya bengkak gituu. Obat yang saya pake selama ini cuma betadine sama obat penghilang bengkak aja.. itu solusinya gimana??

  2. Mau tanya dong kak!! Luka saya bernanah.. trus meriang.. saya minumin.. obat amoxcilin.. terus sembuh apakah aman utk kesehatan orgn tubuh sy selanjutnya?

    • Apa bila obat yang diminum sesuai dengan resep dokter maka aman untuk kesehatan khususnya organ tubuh ya kak. 🙂
      Jangan pernah menggunakan obat tanpa resep dari dokter. Semoga luka kakak segera sembuh. 🙂

  3. mau tanya kalo luka bernanah trz sudah 2minggu lebih pengobatan baru menggunakan betadine dan salep saja namun tidak ada perubahan ada solusi obat lain gaa kaaa,,?

  4. Dok mau tanya dong, kaki saya ada luka bernanah n sudah saya periksakan ke dokter, kata dokter sudah infeksi dan pd saat pemeriksaan dokter tersebut telah mengeluarkan nanah lalu di beri obat merah dan salep, saya jg di beri beberapa obt pereda nyeri, radang, antibiotik, dan jg salep, tetapi saat ini di luka saya masih terdapat nanah, yg mau saya tanyakan apakah nanah tersebut hrs di keluarkan sendiri atau biarkan saja dan tetap mengonsumsi obat dan mengoleskan salep,?

    • Anda dapat melakukan perawatan luka bernanah secara mandiri sesuai dengan anjuran dokter. Apa bila Anda ragu dan tidak tahu cara perawatan lukanya, segera ke Puskesmas untuk menjalani perawatan luka.

      Selalu konsultasikan ke dokter mengenai keluhan Anda.
      Semoga lekas sembuh. 🙂

  5. Saya mengalami luka dipundak saya dok akibat gesekan benda keras, sekarang sudah 2 minggu lukanya semakin parah dan terjadi infeksi, lukanya sekarang bernanah dokm bagaimana cara mengobatinya dok? Selama 2 minggu saya melakukan perwatan dirumah menggunakan obat herbal termasuk madu tapi tak kunjung sembuh

  6. Salam ka ..saya punya saudara nah dia habis jatuh dari motor awalnya gak kenapa2 ka tapi pas lama kelamaan ada benjolan hitam trus makin besar .nah baru di rujuk ke Rs terus d operasi beberapa minggu jahitanya memamg sudah di lepas nah beberapa minggu kemudian d bagian tengah keluar nanah ka d bagian pinggir nanahnya lebam hitam …
    Apa yang harus di lakukan ka ???

  7. Saya mengalami gatal lalu saya kasih ramuan tradisional sabun colek dan kapur sirih..jadinya malah melepuh bernanah..saya sudah kasih rivanol sama enbatic tpi masih bernanah..bagaimana ya solusinya biar cepat kering soalnya udh 2 minggu lebih lukanya..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here