Perawat Lansia, Alzheimer, Dimensia, Homecare
Jasa penyedia perawat orang sakit di rumah (home care)

Home care adalah pelayanan kesehatan yang berkesinambungan dan komprehensif kepada individu atau keluarga di rumah pasien dengan tujuan meningkatkan, mempertahankan hingga memulihkan kesehatan pengguna jasa (pasien).

Dewasa ini masyakarat mulai akrab dengan layanan kesehatan yang dihadirkan di rumah pasien sendiri. Layanan kesehatan home care memungkinkan pengguna jasa atau pasien memperkerjakan perawat (caregiver/caretaker) di rumah, sehingga biaya lebih murah daripada melakukan perawatan atau penyembuhan di rumah sakit.

Insan Medika adalah salah satu perusahaan penyedia perawat home care medis atau pun non medis (caregiver dan care taker) terbaik di Indonesia dengan memberikan pelatihan dan pembekalan sesuai dengan yang dibutuhkan pengguna jasa (pasien).

Secara kualitas pelayanan dan perawatan yang dilakukan oleh caregiver tidak kalah dengan yang diberikan oleh perawat di rumah sakit. Hal ini karena perusahaan atau yayasan penyedia jasa perawat telah melakukan pelatihan, pembekalan dan pengetahuan selama di asrama, sehingga mereka siap bekerja.

Selain mendapatkan pembekalan dan pengetahuan selama di asrama, para medis caregiver adalah mereka yang telah menempuh pendidikan sesuai dengan disiplin ilmu baik tingkat Sekolah Menengah Kejuruhan (SMK), Diploma dan Sarjana program studi Kesehatan atau Keperawatan.

Baca nanti: Kenapa harus pilih home care untuk menjaga orang yang anda sayang?

Pekerjaan Perawat Caregiver

Secara pekerjaan, caregiver akan bertanggung jawab terhadap pasien yang membutuhkan pendampingan dalam menjalani masa penyembuhan yang di lakukan di rumah. Selain itu, caregiver juga dapat bekerja untuk merawat dan mendampingi orang tua (lansia) yang mengalami sakit atau pun sehat.

Bentuk dari perawatan dan pendampingan terhadap pasien bisa lebih luas lagi, tidak hanya berkutat soal kesehatan fisik saja melainkan secara psikologis atau psikis.

Oleh sebab itu, para medis caregiver harus mempunyai keterampilan untuk memberikan stimulus kepada pasien berupa rangsangan otak seperti membacakan buku, memberikan permainan untuk mengasah otak dan memberikan kasih sayang hingga perhatian layaknya hubungan orang tua dengan anak.

Lebih lanjut, tugas dan tanggung jawab seorang caregiver kepada pasien adalah sebagai berikut:

  • Merawat pasien
  • Mendampingi pasien untuk melakukan kontrol kesehatan di rumah sakit atau dokter khusus
  • Menyiapkan makanan untuk pasien
  • Memandikan pasien
  • memakaikan pakaian pasien
  • Mengatur jadwal dalam memberikan obat pasien
  • Memberikan stimulus untuk merangsang otak

Melihat job desc dari caregiver di atas tentu tidak sembarang orang bisa menjadi cargiver, bahkan beberapa lulusan dari SMK, Diploma dan S1 jurusan Kesehatan atau Keperawatan belum tentu bisa optimal dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab di atas.

Manfaat Menggunakan Perawat Caregiver Home Care

Dikarenakan perawat akan bekerja secara intensif di rumah pasien selama 12 jam atau 24 jam, maka pengeluaran untuk penggunaan ruangan seperti di rumah sakit bisa dihilangkan.

Hal ini sangat bagus untuk mengatur keuangan keluarga karena seperti yang kita ketahui bahwa penggunaan ruangan di rumah sakit tidaklah murah.

Selain manfaat dari sisi keuangan, menggunakan jasa perawat home care juga mempunyai keuntungan sebagai berikut:

  • Mendapatkan pemantauan dan pengawasan pasien secara langsung
  • Mengetahui perkembangan kesehatan pasien
  • Membuat pasien lebih nyaman karena dekat dengan keluarga
  • Keluarga bisa ikut langsung dalam merawat pasien
  • Anggota keluarga bisa fokus dengan pekerjaan lainnya
  • dan masih banyak lagi

Baca nanti: Daftar Kegiatan Perawat Home Care

Penyedia Jasa Perawat Orang Sakit di Rumah

Dibutuhkan badan khusus yang menyediakan jasa perawat orang sakit atau lansia yang berbadan hukum untuk menjami kualitas tenaga perawat. Di Indonesia sendiri telah banyak perusahaan penyedia jasa home care, salah satunya adalah Insan Medika yang telah dipercayai sejak bertahun-tahun oleh para pengguna jasa.

Mulai dari pejabat negara, artis dan atlet pun menggunakan Insan Medika sebagai provider penyedia caregiver terbaik. Berikut adalah foto-foto pengguna jasa yang menjadi pelanggan setia Insan Medika.

Tontowi Ahmad Atlet Pebulu Tangkis Menggunakan Caregiver Insan Medika
Tontowi Ahmad Atlet Pebulu Tangkis Menggunakan Caregiver Insan Medika
Riza Shahab seorang aktor Arab-Indonesia menggunakan caregiver dari Insan Medika.
Riza Shahab seorang aktor Arab-Indonesia menggunakan caregiver dari Insan Medika.
Chef Juna koki selebriti menggunakan perawat home care dari Insan Medika.
Chef Juna koki selebriti menggunakan perawat home care dari Insan Medika.
Dewi Persik penyanyi dangdut tanah air menggunakan jasa caregiver dari Insan Medika.
Dewi Persik penyanyi dangdut tanah air menggunakan jasa caregiver dari Insan Medika.
Harmoko Mantan Menteri Penerangan Indonesia menggunakan caregiver Insan Medika
Harmoko Mantan Menteri Penerangan Indonesia menggunakan caregiver Insan Medika.

Macam-macam Caregiver Berdasarkan Keadaan Pasien

Seorang caregiver harus disesuaikan dengan kondisi dari pasien, bila pasien tidak menjalani perawatan atau pemulihan menggunakan alat medis tentu seorang caregiver junior lulusan SMK Kesehatan bisa merawat dan mendampingi pasien.

Perawat yang bertugas tanpa bersentuhan alat medis disebut dengan careteker (perawat pendamping lansia) atau perawat non medis yang umumnya dilakukan oleh perawat lulusan SMK Kesehatan.

Lain hal jika pasien terpasang alat medis seperti infus, tabung oksigen, selang NGT, Kateter dan sejenisnya, tentu perawat caregiver harus mempunyai pendidikan minimal Diploma III dan S1 Keperawatan atau Kesehatan. Lebih baik lagi jika perawat mempunyai Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih berlaku dari pemerintah.

Berikut adalah macam-macam cargiver yang dapat disesuaikan dengan keadaan pasien:

Melihat kategori caregiver di atas dapat disimpulkan bahwa penanganan pasien harus disesuaikan dengan keadaan pasien itu sendiri. Oleh sebab itu sebelum menggunakan jasa home care caregiver, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu kepada customer service dari masing-masing perusahaan home care. Anda dapat menghubungi tim marketing Insan Medika secara gratis di jam kerja Senin-Sabtu (09:00-17:00).

Secara umum, caregiver terbagi menjadi dua kategori, yaitu caregiver medis dan caregiver non medis. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai masing-masing kategori tersebut:

Baca nanti: Kapan Waktu Yang Tepat untuk Menggunakan Perawat Pribadi kepada Lansia?

Layanan Home Care Medis

Layanan Homecare Medis adalah layanan yang ditunjukan bagi pasien yang memerlukan bantuan alat medis atau pasien yang menggunakan peralatan ICU khususnya pada pasien dengan perawatan End Of Live Care (Paliatif/Stadium Akhir/Terminal).

Bagi Anda yang mencari perawat orang sakit stroke bisa menggunakan home care medis untuk mendapatkan layanan pendampingan medis perawat live-out 12 jam dan perawatan medis live-in 24 jam.

Layanan Home Care Non Medis

Layanan Home Care Non Medis adalah adalah layanan bagi pasien yang hanya memerlukan pendampingan tanpa menggunakan alat medis. Adapun perawat yang kami hadirkan terdiri dari Caregiver untuk pasien sakit dan Caretaker untuk Lansia serta Governess untuk Anak Berkebutuhan Khusus.

Penempatan Perawat Caregiver

Sebagai tenaga medis caregiver atau caretaker yang berpengalaman sudah umum mendapatkan penugasan di berbagai kota bahkan beberapa perawat dari Insan Medika pernah mendampingi pasien untuk keluar negeri seperti Singapura dan Malaysia.

Insan Medika memberikan pelayanan pasien di berbagai kota seluruh Indonesia. Bagi Anda yang tinggal di luar pulau Jawa tetap akan dilayani sebaik mungkin dengan mendatangkan perawat caregiver sesuai dengan keadaan pasien langsung ke kota Anda.

Kota di luar pulau Jawa seperti Palembang, Medan, Padang, Pekanbaru, Jambi dan Lampung pernah kami handle sebaik mungkin dengan menghadirkan perawat sesuai dengan keadaan pasien.

Untuk kota di Pulau Jawa, Insan Medika mempunyai kantor pusat dan perwakilan di Jakarta, Kediri dan Yogyakarta. Kota seperti Semarang, Tangerang, Solo, Bandung, Surabaya dan sekitarnya bisa datang ke kantor Insan Medika. Lihat alamat kantor Insan Medika.

Tarif Perawat Home Care

Menggunakan caregiver home care memang lebih murah daripada menggunakan layanan medis atau non medis yang dilakukan di rumah sakit. Tarif yang dipatok setiap perusahaan atau yayasan perawat home care tentu berbeda-beda.

Namun perbedaan harga perusahaan/yayasan satu sama yang lain tidak begitu mencolok, kecuali memang berbeda jenis layanan yang membutuhkan tindakan medis khusus. Berikut adalah rata-rata tarif dalam menggunakan jasa perawat home care yang dibedakan berdasarkan keadaan pasien.

Tarif Perawat SMK Kesehatan/Keperawatan

Tarif perawat (caregiver) lulusan SMK Kesehatan dengan pengalaman 1 tahun berkisar mulai dari Rp 262.500,00/hari atau Rp 3.800.000,00/bulan.

Tarif Perawat D3 dan S1 Kesehatan/Keperawatan

Tarif perawat (caregiver) lulusan DIII dan S1 Keperawatan mematok harga berkisar mulai dari Rp 385.000,00/hari atau Rp 5.500.000,00/bulan.

NB: Harga di atas bisa berbeda satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Harga belum termasuk biaya transportasi PP (Pergi Pulang), Harga tersebut berlaku untuk di Pulau Jawa. Lebih lanjut, silahkan menghubungi masing-masing perusahaan atau yayasan penyedia perawat home care.

Bagi Anda yang membutuhkan perawat dengan segera, Anda bisa langsung menghubungi Insan Medika.

Dapatkan pelayanan home care Insan Medika. Seluruh perawat telah mendapatkan pelatihan, baik teori mau pun praktik langsung ke lapangan sebelum bekerja di rumah Anda. Tersedia perawat orang sakit, perawat medis, perawat lansia dan perawat anak. Khusus pembaca artikel ini, dapatkan harga spesial. Pesan sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here