Dampak patah hati bagi kesehatan
Luna Maya ditinggal menikah Reino Barack dengan Syahrini

Jatuh cinta adalah hal yang paling indah bagi setiap insan yang sedang kasmaran. Sebuah pepatah mengatakan “Saat jatuh cinta, tai kucing seperti coklat.” hal tersebut memang begitu adanya.

Namun kebalikkannya jika sedang merasakan patah hati, semua yang ada terasa seperti tai kucing. Hehe… Mau mandi saja males, mau makan tidak nafsu, mau main bersama teman tidak semangat dan rasanya ingin selalu mengurung diri di tempat yang sunyi dan sepi.

Rasanya hidup tidak ada artinya lagi, bahkan beberapa kasus patah hati ada yang berakhir dengan kematian. “Dari dulu begitulah cinta, deritanya tiada pernah berakhir” – Cut Pat Kay.

Selain patah hati yang deritanya tiada pernah berakhir seperti yang diucapkan Cut Pat Kay, penyanyi legendaris Indonesia yaitu Meggy Z juga memilih sakit gigi dari pada sakit hati.

Memang seperti apa sih dampak dari patah hati? Apakah benar yang diucapkan Cut Pat Kay dan yang dinyanyikan oleh Meggy Z? Mari kita ulas 5 (lima) efek patah hati terhadap kesehatan.

Stress Sepanjang Waktu

Stress akibat patah hati
Stress akibat patah hati. Credit: espritdecorps.biz

Sakit hati akan berdampak langsung terhadap kesehatan mental yang mengakibatkan terjadinya stress. Hal ini akan mempengaruhi kehidupan sehari-hati berupa menurunnya gairah (mood), kehidupan bersosial hingga hal-hal yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Dampak terlalu stress akan langsung berakibat ke tubuh kita lho, stress mengakibatkan tekanan darah tinggi, sariawan, sakit kepala hingga serangan jantung. Selain efek kesehatan, stress dikelompokkan menjadi 3 (tiga) kategori, yaiut: Fisiologis, Psikologis dan Perilaku.

Solusi Stress Saat Patah Hati

Ketiga kategori stress tersebut tentu tidak baik bagi kesehatan fisik dan psikis, sebaiknya tenangkan diri sampai benar-benar tenang, mulai berpikir jernih agar tidak stress berkepanjangan.

Mulailah menyibukkan diri dengan kegiatan di luar ruangan. Pergi ke tempat-tempat favorit atau ke entah berantah di suatu tempat bisa menjadi solusi stress karena patah hati.

Menurunnya Kekebalan Tubuh

Menurunnya imun sistem kekebalan tubuh akibat stress
Menurunnya imun sistem kekebalan tubuh akibat patah hati. Credit: thefreshtoast.com

Stress juga mengakibatkan menurunnya atau mengganggu sistem imun dalam tubuh. Sehingga tubuh mudah terkena penyakit atau virus dikarenakan kekebalan tubuh menurun. Virus yang umum dan mudah menyerang saat imun tubuh menurun adalah virus influenza.

Solusi Mempertahankan Imun Tubuh Saat Patah Hati

Untuk menjaga sistem imun tetap baik, sebaiknya tetap memperhatikan konsumsi dan kebersihan diri atau lingkungan. Tetap makan atau minum tepat waktu walau pun tidak banyak, usahakan tubuh tetap mendapatkan asupan gizi.

Gangguan Jam Tidur Hingga Insomnia

Gangguan jam tidur hingga insomina akibat patah hati
Gangguan jam tidur hingga insomina akibat patah hati. Credit: kata.co.id

Saat patah hati, stress tidak akan jauh-jauh dari hidup, gangguan jam tidur hingga insominia akan akrab dialami. Selain susah tidur juga tidur tidak akan bisa mendapatkan kualtias tidur yang baik.

Jika hal tersebut terus terjadi maka akan mempunyai efek yang merugikan tubuh, beberapa di antaranya adalah: Daya ingat menurun, Paranoid hingga menurunnya libido.

Solusi Mengatasi Gangguan Tidur Saat Patah Hati

Meditasi masih dipercaya sebagai solusi paling mudah dan efektif untuk mengatasi kesulitan tidur atau insomnia. Namun tidak sedikit orang yang bisa melakukan meditasi dikarenakan beberapa faktor.

Bagi Anda yang tidak bisa medetasi, lakukan kegiatan yang dapat merangsang otak berpikir kritis. Menulis di blog atau buku adalah salah satu cara untuk mengantarkan tidur cepat dan nyenyak.

Muncul Jerawat dan Rambut Mudah Rontok

Munculnya jerawat dan rambut rontok saat patah hati
Munculnya jerawat dan rambut rontok saat patah hati. Credit: kata.co.id

Hormon sangat bertanggung jawab terhadap munculnya jerawat atau mudah rontoknya rambut. Sebuah penelian mengungkapkan munculnya jerawat sangat mudah terjadi saat orang mengalami stress yang diakibatkan oleh patah hati.

Selain menimbulkan jerawat, patah hati juga mempengaruhi hormon pada kulit kepada yang mengakibatkan rambut mudah rontok.

Seperti yang dikatakan oleh Daniel K. Hall-Flavin, M.D sebagai konsultan kesehatan dikutip dari Hello Sehat, ia mengatakan “Produksi hormon akibat stress akan melonggarkan folikel rambut secara bertahap, menyebabkan helaian rambut rontok saat disisir atau saat sedang mencuci rambut (keramas).”

Solusi Mengatasi Jerawat dan Rambut Rontok Saat Patah Hati

Kelola manajeman stress dan berusaha untuk berpikir positif adalah salah satu contoh mempengaruhi hormon untuk tetap normal. Hindari untuk menjambak atau mengacak-ngacak rambut.

Terkena Sindrom Patah Hati

Terkena Sindrom Patah Hati
Terkena Sindrom Patah Hati. Credit: asterclinic.ae

Sidrom patah hati akan langsung berdampak pada fungsi organ tubuh seperti jantung yang akan mengalami pembesaran dan tidak mampu memompa darah dengan sempurna yang bisa berakibat gagal otot jantung jangka pendek.

Walau simdrom patah hati sangat berbahaya bagi jantung dan kehidupan, sindrom ini sangat kecil terjadi. Sebuah studi yang dilakukan di Jepang pada tahun 2014 hanya menemukan 2% saja dari kasus sindrom patah hati.

Solusi Mengatasi Sindrom Patah Hati

Hindari kekecewaan yang berkepanjangan akibat sakit hati, tetap tenang dan berpikir jernih adalah kuncinya.

Lalu, jika kamu adalah Luna Maya, apa yang akan kamu lakukan dalam masa patah hati? Solusinya bisa kalian tulis di kolom komentar ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here