4 Jenis obat salep untuk luka bernanah
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah. (iStock/liudmylasupynska)

Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah.

Beberapa jenis peradangan yang dapat memicu munculnya nanah seperti jerawat, bisul, koreng dan luka terbuka yang tak kunjung sembuh. Ada pula nanah yang berada di dalam tubuh akibat penyakit tertentu, jenis nanah ini dinamakan dengan abses.

Dibutuhkan perawatan dan pengobatan khusus agar luka tidak mengeluarkan nanah seperti pemberian obat antibakteri dan antibiotik baik salep atau pun oral (diminum).

Baca juga: Bahaya! Obat Bisa Sebabkan Alergi Hingga Kematian. Kenali Jenis Obat, Gejala dan Pencegahannya Berikut Ini

Obat luka bernanah

Saat ini banyak obat luka bernanah dan berair dalam bentuk salep yang bisa dibeli tanpa resep dokter di apotek. Lebih lanjut, berikut ulasannya yang dirangkum dari Alodokter.com.

4 salep untuk mengobati luka

1. Povidone Iodine (Betadine)

Kelebihan dari salep Povidone iodine atau Betadine ini adalah kandungan antiseptik dan antimikroba yang dapat mencegah perkembangan bakteri sehingga mengurangi risiko infeksi pada luka.

Penggunaan salep ini juga dapat digunakan untuk mengobati macam-macam luka seperti luka lecet atau gores, luka sayat hingga luka bakar.

Perhatikan petunjuk penggunaan dengan membacanya pada kemasan produk. Apa bila luka bernanah tak kunjung sembuh, segera hubungi dokter.

2. Cadexomer iodine (Iodosorb)

Terdapat dua jenis untuk salep ini , yaitu Cadexomer iodine dan Povidone iodine, keduanya mempunyai kelebihannya masing-masing sesuai jenis luka.

Codexomer iodine mengandung zat antiseptik yang cocok untuk merawat luka lama karena kandungan iodine sekitar 4%. Sedangkan Povidone iodine dapat digunakan untuk mengobati luka baru karena kandungan iodine bisa mencapai 10%.

3. Bacitracin

Apa bila luka yang Anda miliki diakibatkan oleh goresan, sayatan atau panas (luka bakar) maka penggunaan obat salep Bacitracin ini sudah cukup tepat karena kandunga antibiotiknya tidak hanya menghambat namun juga menghentikan perkembangan bakteri pada luka.

Baca aturan pakai pada kemasan produk, hindari untuk mengoleskan salep Bacitracin terlalu banyak dalam jangka panjang karena dapat menghambat penyembuhan luka.

4. Neosporin

Salep Neosporin jauh lebih efektif untuk mencegah terjadinya infeksi akibat bakteri sehingga nanah tidak akan muncul pada luka, meski begitu penggunaan salep ini jauh lebih berisiko karena dapat menimbulkan efek samping seperti alergi.

Kandungan antibiotik neomycin, bacitracin dan polymixin tidak hanya menghentikan perkembangan bakteri saja melainkan sampai dengan membasmi lebih banyak jenis bakteri yang ada pada luka.


Layanan home care perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat bayi atau anak

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT BAYI/ANAK. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here