Lakukan Tips Ini Agar Mata Tidak Mudah Lelah

0
24
Lakukan 5 Tips ini agar mata tidak mudah lelah
Lakukan 5 Tips ini agar mata tidak mudah lelah

Kamu sering menatap layar monitor, tv ataupun smartphone ? Jika iya, pasti pernah mengalami mata lelah. Mata lelah tentu bisa menimbulkan ketidaknyamanan dan hal tersebut bisa menyebabkan aktivitas kerja kamu bisa terganggu. 

Tanda Mata Kamu Lelah

Mata lelah bisanya bisa dikenali dengan beberapa gejala diantaranya :

  • Mata terasa perih dan juga gatal
  • Pandangan terasa kabur
  • Mata terasa kering
  • Ketika melihat monitor mata terasa sensitif

Kondisi mata lelah memang bukan hal yang serius karena akan hilang dengan sendiri jika penderita melakukan istirahat yang cukup. 

Tips Mengatasi Mata Lelah

Untuk mencegah terjadinya mata lelah ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan, diantaranya :

1. Atur Posisi Monitor

Posisi monitor yang salah bisa menyebabkan leher dan juga mata kamu cepat lelah. Karena itu atur posisi monitor agar tidak terlalu dekat dengan mata sekitar 40 – 75 cm dan bagian arah monitor harus sejajar dengan arah pandang mata.

2. Atur Pencahayaan pada monitor dan juga ruangan

Cahaya monitor dan ruangan yang terlalu terang maupun redup akan membuat mata kamu cepat lelah. Oleh karena itu, disarankan kamu mengatur pencahayaan pada monitor maupun ruangan kamu dengan tepat dan nyaman di mata.

3. Sering Berkedip

Saat kamu merasa sudah terlalu lama melihat monitor atau alat elektronik lainnya, sering – seringlah berkedip. Karena berkedip sangat berguna agar mata kamu tidak mudah lelah. Ketika kamu berkedip ada cairan di dalam mata yang akan membasahi bola mata, proses ini bisa mengurangi iritasi dan juga mata kering. 

4. Memejamkan mata

Jika mata sudah terasa lelah dan perih, ada baiknya kamu pejamkan mata kamu dan hindari cahaya monitor, agar mata kamu bisa istirahat. 

5. Gunakan Kacamata anti radiasi

Kamu bisa menggunakan kacamata anti radiasi untuk mengurangi radiasi yang terpancar dari monitor ke mata. Kacamata anti radiasi bisa membantu mencegah mata kamu cepat lelah.

Itu adalah beberapa tips yang bisa kami bagikan untuk mencegah mata kamu cepat lelah. Pastikan untuk memberikan jeda waktu saat beraktivitas di depan komputer agar mata bisa beristirahat.

Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Referensi
https://www.halodoc.com/artikel/6-cara-untuk-mengatasi-mata-lelah
https://www.alodokter.com/cukupi-istirahat-untuk-menghindari-mata-lelah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here