Benarkah jilatan kucing mempunyai manfaat untuk membuat kulit wajah menjadi sehat dan anti jerawat?
Benarkah jilatan kucing mempunyai manfaat untuk membuat kulit wajah menjadi sehat dan anti jerawat?

Mempunyai kulit glowing dan bebas dari jerawat atau komedo adalah impian semua orang khususnya wanita. Walhasil tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan uang untuk membeli berbagai jenis skin care agar kulit wajah tetap sehat dan terawat.

Namun beda dengan Dinda, wanita yang viral berkat merekam kucingnya sedang menjilati wajahnya, ia mengklaim bermanfaat untuk menjadikan kulit lebih lembut hingga mengatasi jerawat.

Ia juga mengatakan bahwa setiap hari kucing miliknya tersebut selalu menjilati wajahnya. Disampaikan oleh saudara wanita tersebut bahwa selama kurun waktu tiga bulan jerawat yang ada di wajahnya menghilang dan kulit wajahnya nampak lebih halus.

Kucing berwarna oranye tersebut ternyata hanya mau menjilati kulit wajah majikannya saja dan tidak pernah mau untuk menjilati benda atau wajah orang lain.

Klaim mengenai jilatan kucing untuk membuat kulit wajah lebih sehat dan mampu untuk mengatasi jerawat belum sepenuhnya benar, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Jika kamu mempunyai kulit yang kering, berminyak, berjerawat atau masalah kulit lainnya dapat dengan melakukan konsultasi kepada dokter untuk mendapatkan perawatan dan penanganan yang tepat.

Alasan kenapa kucing menjilati manusia

Jika kamu adalah salah satu pemelihara hewan berbulu ini mungkin pernah dijilat oleh kucing entah pada kaki, tangan atau bahkan wajah. Kucing melakukan ini ternyata mempunyai artinya lho, apa saja? Berikut penjelasannya:

1. Kamu dianggap temannya

Sering kali sesama kucing saling menjilat tubuh temannya, bisa bergantian atau bersamaan. Hal ini adalah sebuah rutinitas yang dilakukan oleh teman dekat sesama kucing.

Jika kucing sudah pernah menjilat kamu berarti kucing sudah menganggap bahwa dirimu adalah temannya.

2. Membalas kebaikanmu

Kucing yang telah lama bersama majikannya atau sudah mempunyai kedekatan secara emosional maka tak jarang ia akan mudah untuk menjilati majikannya dikala senggang atau bersantai.

Sama seperti manusia yang sering mengelus butuh kucing sehingga ia merasa nyaman, kucing akan membalas kebaikanmu ini dengan menjilatimu.

3. Menjilat secara berlebihan

Harap waspadai jika kucingmu sering menjilatimu secara berlebihan, harap periksakan ke dokter hewan untuk mengetahui hal ini. Bisa jadi kucing mengalami kelainan atau mempunyai keluhan kesehatan yang patut untuk segera ditangani.

Fakta jilatan kucing pada manusia

Dr Nugraha Arief dalam balasannya kepada penanya di situs Alodokter mengatakan bahwa lidah kucing memang didesain khusus untuk membersihkan atau menyisir bulunya sendiri. Makanya tidak heran jika kucing sering menjilati tubuhnya sendiri entah untuk membersihkan kotoran pada bulunya atau hanya sekadar merapikan bulunya saja.

Selain itu, dr Arief juga mengatakan bahwa air liur pada kucing mengandung semacam antiseptik yang berfungsi untuk menyembuhkan luka, namun hal ini tidak sepenuhnya benar dan aman untuk kulit manusia apa lagi jika kulit sedang mengalami luka.

Perilaku kucing sering kali menjilati duburnya sendiri, hal ini membuat mulut kucing tidak sepenuhnya benar-benar bersih atau higienis. Bisa-bisa ketika kucing menjilati wajah manusia atau bagian kulit yang terluka malah dapat menimbulkan infeksi pada seseorang.

Terlebih bahwa banyak parasit Toxoplasma Gonddi sering ditemukan pada fases kucing yang cukup berbahaya jika tertular ke manusia. Harap perhatikan kebersihan dan rutin melakukan vaksinasi atau imunisasi kucing kepada dokter hewan.

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah mendapatkan banyak penghargaan baik dari dalam atau pun luar negeri. Kini home care Insan Medika mempunyai empat layanan utama, yaitu: Perawat Medis, Perawat Orang Sakit, Perawat Lansia dan Perawat Bayi/Anak. Hubungi sekarang!

Baca juga:

2 COMMENTS

  1. Saya baru tahu kalau jilatan kucing ternyata bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah, terlepas dari benar atau tidaknya yang jelas saya lebih suka memelihara kucing karena telah disunnahkan oleh Rasulullah SAW.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here