Manfaat, bahaya serta mitos minum air sambil duduk atau berdiri
Manfaat, bahaya serta mitos minum air sambil duduk atau berdiri. (healthline.com)

Disaranakan setiap orang memenuhi cairan tubuh minimal 8 gelas sehari atau tergantung dari kebutuhannya sesuai dengan aktivitas yang sedang dijalani.

Jika seseorang yang tidak banyak melakukan aktivitas mungkin 8 gelas sehari sudah cukup, namun bagi orang yang melakukan aktivitas berat tentu membutuhkan air yang lebih dari 8 gelas sehari.

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Manfaat air putih bagi kesehatan

  • Melindungi dan membuat fungsi kerja otot jauh lebih baik
  • Menyehatkan dan membuat kulit jauh lebih segar tidak kusam atau kering
  • Menurunkan berat badan karena dapat membantu dalam mengendalikan kalori harian
  • Melindungi ginjal sekaligus mencegah masalah pada ginjal
  • Menyehatkan sistem pencernaan, menghindarkan sembelit dan membantu proses penyerapan nutrisi

Posisi tubuh saat minum pun menentukan manfaat atau kerugian bagi kesehatan. Mungkin sudah pernah mendengar seseorang menyampaikan bahwa ketika minum harus sambil duduk.

Hal tersebut juga tidak hanya berlaku untuk minum saja, namun makan pun juga. Minum atau makan sambil berdiri ternyata mempunyai dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, mulailah untuk membiasakan makan atau minum sambil duduk mulai sekarang.

Bahaya minum sambil berdiri

Dalam sebuah laman yang diterbitkan oleh Times of India mengungkapkan bahwa minum sambil berdiri dapat memberikan tekanan pada dinding perut.

Hal tersebut karena air yang diminum langsung masuk lurus dari esofagus menuju perut dan berisiko menimbulkan kerusakan pada area di sekitarnya.

Tidak hanya itu saja, minum sambil berdiri juga akan menyebabkan tubuh secara otomatis menolak semua nutrisi dari penyerapan.

Dikutip dari Viva.co.id bahwa postur dan minum air sangat berkaitan satu sama lain. Air yang masuk dengan tekanan tinggi dapat memengaruhi saluran sistem biologis manusia. Jika hal ini terus terjadi maka dapat menimbulkan berbagai masalah seperti:

  • Menimbulkan nyeri sendi
  • Menekan suplai oksigen
  • Berisiko menimbulkan masalah jantung dan paru

Minum sambil duduk selain lebih sopan juga dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Air yang diminum ketika posisi tubuh sedang duduk dapat membuat sistem saraf lebih relaks dan tidak menimbulkan ketegangan pada tubuh.

Manfaat minum sambil duduk

Dilansir dari fimela.com minum sambil duduk dapat bermanfaat untuk memaksimalkan sistem pencernaan dan menghindarkan perut dari kembung.

Selain itu, minum sambil duduk akan memudahkan distribusi air ke berbagai organ tubuh yang membutuhkan cairan. Proses pembuangan racun dalam tubuh pun akan jauh lebih maksimal hingga meningkatkan kebugaran tubuh.

Lebih lanjut, berikut 6 manfaat minum sambil duduk bagi kesehatan

  1. Meningkatkan sistem metabolisme tubuh
  2. Mencegah masalah asam lambung
  3. Menurunkan tekanan radang sendi
  4. Mencegah ketegangan pada saraf
  5. Efektif menghilangkan rasa haus
  6. Memperlancar saluran pencernaan

Mitos minum air sambil berdiri

Ada beberapa orang menganggap minum sambil berdiri dapat membahayakan ginjal, padahal informasi tersebut tidak sepenuhnya benar.

Dijelaskan oleh dr Ponco Birowo, SpU.PhD ahli Urologi di RS Cipto Mangunkusumo bahwa “Tidak ada hubungannya dengan sikap minum, mau sambil duduk atau berdiri air tetap membutuhkan waktu berjam-jam untuk sampai ke ginjal,” terangnya seperti dikutip dari detikHealth.

Artinya bahwa minum sambil berdiri tidak akan membahayakan ginjal. Ada pula yang berspekulasi bahwa katup atau sphincter tidak akan aktif ketika seseorang minum sambil berdiri, hal ini kembali dibantah oleh dr Ponco.

“Lagi pula fungsi sphincter adalah mengatur keluarnya air kencing, bukan untuk menyaring air minum yang masuk ke ginjal. Bayangkan saja kalau benar sphincter hanya aktif saat duduk, seharusnya kita jadi ngompol terus kalau berdiri,” tandas dokter yang juga berpraktik di RS Asri Jakarta ini.


Itulah fakta dan mitos mengenai minum sambil duduk atau berdiri yang harus Anda perhatikan. Jagalah kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat seperti rajin olahraga, makan makanan bergizi, istirahat yang cukup dan tidak merokok.

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan baik dari dalam atau luar negeri. Kini home care Insan Medika terus berkembang dengan memberikan empat layanan utama, yaitu: Perawat Medis, Perawat Orang Sakit, Perawat Lansia dan Perawat Bayi/Anak. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Pesan sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here