Akibat terlalu banyak mengkonsumsi gula bagi kesehatan tubuh
Akibat terlalu banyak mengkonsumsi gula bagi kesehatan tubuh. (gowithstock / Shutterstock)

Rasa manis yang dihasilkan oleh gula atau pemanis buatan memang selalu diminati banyak orang. Contohnya, lebih banyak orang minum kopi ditambah dengan gula dan ada pula yang membuat kental manis ditambahi dengan gula.

Begitu cintanya orang dengan makanan atau minuman manis, saat ini saja telah banyak warung yang menjajakan minuman kekinian seperti Thai Tea, Boba Tea dan sejenisnya.

Ada yang menawarkan minuman dengan campuran brown sugar atau gula aren. Pada dasarnya, baik gula merah, kental manis atau gula pasir sama-sama tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Pilihlah minuman yang dijual tersebut dengan tidak menambahkan gula atau mengganti gula dengan gula rendah kalori. Hindari pula tambahan boba dalam minuman karena mengandung sangat tinggi kalori.

Apa akibat dari mengkonsumsi terlalu banyak gula bagi kesehatan tubuh? Organisasi Kesehatan Dunia hanya merekomendasikan tidak lebih dari 10% kebutuhan gula setiap harinya. Bahkan akan lebih baik jika hanya kurang dari 5% saja.

Efek kebanyakan gula yang diserap oleh tubuh dalam makanan atau minuman dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang cukup serius. Berikut ini 5 penyakit kebanyakan mengkonsumsi gula.

1. Meningkatkan risiko diabetes

Mengkonsumsi terlalu banyak makanan dan minuman manis akan membuat kinerja pankreas semakin berat, lambat laun organ yang memproduksi insulin ini rentan akan kerusakan.

Insulin dibutuhkan oleh tubuh untuk menyerap dan mengolah gula darah (glukosa) menjadi energi. Jika pankreas tidak dapat memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh maka dapat meningkatkan risiko diabetes.

Baca juga: Berikut 8 Ciri-Ciri Diabetes di Usia Muda Yang Harus Anda Waspadai

2. Meningkatkan gagal ginjal

Semakin banyak tubuh menyerap gula yang berlebih maka akan membuat darah menjadi lebih kental. Hal ini dapat memaksa ginjal bekerja keras untuk menyaring darah. Jika hal ini terus terjadi maka dapat mengakibatkan kerusakan dan gagal ginjal.

Ginjal sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membuang berbagai racun dan zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Gagal ginjal akan memaksa seseorang melakukan cuci darah secara rutin agar tetap bisa bertahan hidup.

Baca juga: 10 Organ Tubuh Manusia Yang Bisa Didonorkan

3. Merusak kesehatan gigi

Memakan makanan manis seperti kue dapat meninggalkan sisa makanan di sela gigi yang akan mengundang kuman atau bakteri perusak gigi untuk mengkikis permukaan gigi.

Lambat laut jika hal ini terus terjadi maka permukaan gigi akan rusak dan menimbulkan masalah seperti karies gigi. Sisa makanan yang tersangkut pada sela gigi akan dimakan oleh bakteri dan menghasilkan asam yang dapat menghancurkan enamel (dentin) gigi.

4. Meningkatkan risiko obesitas

Rasa manis dapat menimbulkan keinginan untuk selalu makan (ketagihan) dalam jumlah yang banyak. Jika hal ini tidak dibatasi maka akan terjadi penimbunan lemak pada perut dan lingkar pinggang.

Tidak hanya itu saja, penambahan berat badan yang signifikan juga akan mengarah ke obesitas. Orang dengan berat badan berlebihan cenderung lebih berisiko mengalami diabetes.

Baca juga: Terbukti! 8 Menu Diet Ini Mampu Menurunkan Berat Badan Dalam Waktu 21 Hari

5. Meningkatkan risiko penyakit jantung

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of American Heart Association pada tahun 2013 memaparkan bahwa konsumsi gula berlebih dapat mengganggu cara kerja jantung dan memaksa organ vital ini untuk memompa lebih keras.

Selain itu, makanan atau minuman manis dapat meningkatkan risiko tekanan darah dan membuat hati untuk membuang lemak ke aliran darah. Dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut untuk membuktikan keterkaitan antara gula dan risiko penyakit ini.

Baca juga: Jangan Panik, Begini Cara Tepat Menolong Orang Yang Terkena Serangan Jantung


Itulah dampak negatif terlalu banyak mengkonsumsi gula, lakukan pencegahannya dengan membatasi konsumsi gula harian. Mulai untuk menerapkan pola hidup sehat dengan olahraga dan makan makanan sehat.

Jika Anda membutuhkan layanan keperawatan home care seperti Perawat Medis, Perawat Orang Sakit (Non Medis), Perawat Lansia atau Perawat Bayi/Anak dapat menggunakan jasa home care Insan Medika. Satu-satunya perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Hubungi Insan Medika Sekarang.

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here