menu makanan diet sehat

Sudah mencoba berbagai cara diet namun belum juga mendapatkan berat badan yang ideal?

Memiliki berat badan yang diinginkan memang membutuhkan perjuangan dan konsistensi yang tinggi, mulai dari olahraga yang rutin hingga disiplin dalam mengkonsumsi makanan.

Tak jarang banyak yang gagal dalam menjalani program diet, beberapa di antaranya berakhir dengan frustasi lantas beralih ke cara instan.

Banyak obat diet yang dijual di pasaran namun apakah aman? Jika ada yang alami dan murah, kenapa harus menggunakan obat?

Baca juga: 5 Jenis Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Pasca Operasi

Berikut ini adalah delapan menu yang dapat menurunkan berat badan hanya dalam waktu 21 hari:

1. Teh Oolong

Teh Oolong

Teh Oolong mengandung kafein yang bagus untuk merangsang saraf pust, selain kafein Teh Oolong juta mengandung teofilin dan teobromin yang mirip dengan kafein.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh D J Baer, J A Novotny dkk menerbitkan sebuah jurnal yang berjudul “Oolong tea does not improve glucose metabolism in non-diabetic adults” di Nature Reasearch pada tahun 2010.

Kendati judulnya bertolak belakang dengan hasilnya, jurnal ini layak untuk dijadikan rujukan untuk mengungkap manfaatnya Teh Oolong sebagai salah satu minuman untuk diet cepat.

“Baik Teh Oolong mau pun Teh Oolong yang mengandung katekin atau polifenos menghasilkan peningkatan metabolisme glukosa” tulis Baer.

2. Hilangkan Gula dalam Kopi

Kopi susu
Kopi susu

Banyak orang Indonesia masih menganggap bahwa kopi sachet yang umum dijual dipasaran adalah kopi beneran, padahal kandungan kopinya tidak sampai 10%, sisanya adalah pemanis dan perisa.

Mengganti dengan kopi murni adalah salah satu cara untuk membantu program diet yang sedang dijalankan. Jika Anda tidak bisa minum kopi murni, gantikan gula dengan susu.

3. Sarapan Roti dan Alpukat

Roti selai alpukat
Roti selai alpukat

Alpukat mengandung banyak vitamin, mineral dan padat nutrisi. Selain itu, alpukat juga mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang biasa ditemukan pada minyak zaitun.

Tambahkan sepotong roti bakar untuk menemani alpukat agar tetap mendapatkan sarapan yang lezat.

Baca juga: Waspada! Sayur dan Buah Terpapar Pestisida Meningkatkan Penyakit Parkinson Hingga 80%!

4. Konsumsi Camilan Rendah Kalori

Bagi sebagian orang dalam menjalani program diet tentu ada jam-jam tertentu yang membuat mulut menjadi ingin mengunyah sesuatu.

Pilihlah camilan yang mempunyai kadar rendah kalori dan terdapat lemak sehat. Makanan mudah didapat pada setiap buah-buahan atau kacang-kacangan.

5. Makan Siang dengan Sayuran

Menu Sayuran
Menu Sayuran

Saat makan siang, mengkonsumi sayuran adalah pilih yang tepat. Hindari menambahkan nasi pada hidangan makan siang.

Sayuran mengandung rendah karbohidrat dan kalori namun tinggi akan vitamin dan serat. Pilihan sayuran bisa jatuh pada kubis, lobak, bayam, wortel dan sebagainya.

6. Makan Malam Tanpa Daging

Menu sayuran sehat
Menu sayuran sehat

Mengurangi konsumsi daging membantu mencegah penyakit kardiovaskular, diabetes dan obesitas. Sebagai gantinya, mengkonsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, atau tahu dan tempe dapat memberikan sedikit lemak.

7. Hindari Terlalu Banyak Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Banyak Protein

Humburger
Hamburger

Daging merah, ikan dan telur sebaiknya tidak dikonsumsi lebih dari 2 (dua) kali dalam seminggu.

8. Hilangkan Makan dan Minuman Yang Mengandung Gula

Gula
Gula

Saat menjalani diet, mulailah untuk tidak lagi mengkonsumi makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan. Minuman bersoda banyak mengandung gula, jadi jangan pernah meminumnya.

Selain mengkonsumsi makanan dan minuman di atas, pastikan olahraga dan aktivitas fisik tetap dijaga untuk mempercepat proses diet.

Baca juga: Lansia Sering Marah-Marah Saat Sore atau Malam Hari, Begini Penjelasannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here