20 Manfaat Pare Untuk Kesehatan dan Mengatasi Berbagai Jenis Penyakit Berikut Ini

0
2665
Manfaat pare untuk kesehatan, kecantikan, pengobatan berbagai jenis penyakit
Manfaat pare untuk kesehatan, kecantikan, pengobatan berbagai jenis penyakit. (selfdecode.com)

Pare atau Momordica Charantia pertama kali dibudidayakan di India Selatan sebagai obat tradisional yang dapat mengobati berbagai jenis penyakit.

Beberapa jenis penyakit mematikan seperti diabetes hingga kanker rumornya dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi buah yang rasanya pahit ini.

Baru-baru seorang peneliti dari Saint Louis univerity di Missouri Prof Ratna Ray dan rekan-rekannya menemukan fakta yang menarik dari buah pare.

Mereka melakukan percobaan dengan memberikan ekstrak pare kepada tikus yang mengidap tumor ganas atau kanker, hasilnya mengejutkan karena ekstrak pare dengan efektif mencegah tumor tersebut menyebar.

Baca juga: Golongan Darah O: Jangan Konsumsi 8 Jenis Makanan Berikut Ini

20 Manfaat pare

Selain dari pada itu, masih banyak lagi manfaat pare yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan dan juga hidangan makanan. Berikut 20 manfaat pare dan cara mengolahnya yang harus Anda ketahui:

1. Mencegah Asam Lambung

Rasa pahit dari buah pare disinyalir mampu untuk menetralkan sekresi lendir di dalam lambung sehingga mencegah terjadinya asam lambung.

2. Menyehatkan Pencernaan

Banyak pakar kesehatan menyebutkan bahwa mengkonsumsi pare dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan khususnya meningkatkan fungsi pencernaan.

3. Mengatasi Sembelit

Rutin mengkonsumsi buah pare baik diolah menjadi jus atau pun hindangan makanan dapat memperlancar urusan Buang Air Besar (BAB) karena kandungan seratnya yang cukup tinggi sehingga mencegah sembelit.

4. Makanan yang baik bagi penderita diabetes

Penderita diabetes harus memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi setiap harinya agar tidak terjadi lonjakan kadar gula darah secara tiba-tiba. Mengkonsumsi pare membantu menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh.

Baca juga: 6 Jenis Makanan dan Minuman Ini Wajib Dikonsumsi Penderita Diabetes

5. Menyehatkan mata

Kandungan vitamin dalam buah pare seperti beta karoten, vitamin A dan vitamin C yang alami dapat membantu memelihara sekaligus mencegah masalah penglihatan yang disebabkan oleh proses oksidasi pada mata.

6. Mengobati HIV/AIDS

Para peneliti menemukan bahwa kandungan fitokimia yang ada pada pare cukup efektif untuk mencegah aktivitas Human Immunodeficiency Virus (HIV) sekaligus memberikan efek tambahan dalam pengobatan AIDS.

7. Mencegah Obesitas

Ingin menjaga berat badan agar tidak mudah naik? Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi buah pare khususnya ketika sedang menjalankan program diet karena pare dapat memberikan efek kenyang lebih cepat.

Baca juga: Terbukti! 8 Menu Diet Ini Mampu Menurunkan Berat Badan Dalam Waktu 21 Hari

8. Mencegah Penyakit Jantung

Mengkonsumsi pare secara rutin dalam bentuk jus atau sajian hidangan seperti sayur dapat bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol yang ada pada jantung sehingga mampu mencegah risiko serangan jantung.

9. Menghilangkan Jerawat

Ingin mempunyai kulit wajah cantik terhindar dari jerawat? Mulailah untuk menyukai buah yang pahit satu ini. Selain mengatasi jerawat, mengkonsumsi pare secara rutin juga dapat membantu mengatasi bisul, kudis, psoriasis, kurap, jamur dan masalah kulit lainnya.

10. Membuat Awet Muda

Kandungan alami antioksidan dan vitamin C efektif untuk menangkal radikal bebas sehingga memberikan efek anti penuaan dini. Konsumsilah buah pare secara rutin setiap hari baik untuk mencegah kulit keriput dan melindungi kulit dari sinar ultraviolet matahari.

11. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Banyak cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit atau terkena infeksi, salah satu caranya adalah dengan rutin mengkonsumsi buah pare atau daun pare. Manfaat pare direndam air panas dan meminum air rebusan tersebut secara rutin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami.

Baca juga: 5 Tips Sederhana Ini Ampuh untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Anda. Yuk Buktikan!

12. Membantu Membersihkan Darah

Mempunyai darah yang selalu bersih dan segar pasti akan membuat tubuh selalu bugar dan sehat. Pare mengandung antioksidan yang dapat mengatasi gangguan darah, membersihkan darah dari racun hingga meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

13. Mengatasi Penyakit Pernapasan

Beberapa jenis penyakit pernapasan seperti Asma dan bronkitis dapat diatasi dengan rutin mengkonsumsi buah pare setiap hari. Kandungan anti-histamin, anti-inflamasi, suppressant, ekspektoran dan antivirus dapat membuat sistem pernapasan lebih sehat.

14. Membantu Penyembuhan Luka

Khasiat buah pare yang dapat membantu memperlancar sirkulasi darah, mengontrol aliran darah hingga mempercepat pembekuan darah ketika terjadi luka. Hal ini dapat membuat luka menjadi cepat kering dan sembuh serta mencegah terjadinya infeksi.

Baca juga: Cara Tepat Mengobati Luka Lecet Agar Cepat Kering dan Sembuh

15. Mengatasi Masalah Rambut

Buah pare tidak hanya bisa diambil manfaatnya dengan cara mengkonsumsinya. Cara untuk mengatasi masalah rambut seperti rontok, berminyak, kasar atau kusut dan ketombean yang mengakibatkan kulit kepala kering dan timbul rasa gatal adalah dengan membuat pasta jus pare untuk diaplikasikan pada rambut dan kulit kepala seperti saat keramas.

16. Menjaga Janin

Pare mengandung cukup banyak kadar Folat sekitar 72/100 gram (18% dari RDA) yang baik untuk mengurangi risiko cacat tabung saraf pada bayi.

17. Menyembuhkan Penyakit Batu Ginjal

Siapa yang sangka manfaat pare juga dapat membantu dalam menyembuhkan penyakit bantu ginjal? Kandungan nutrisi yang sangat banyak di dalam buah pare dapat dimanfaatkan untuk menjadi menu wajib bagi penderita batu ginjal.

Baca juga: Cintai Ginjalmu, Berikut Biaya Cuci Darah 2020 Beserta Daftar Rumah Sakitnya

18. Mencerahkan Kulit dan Menyamarkan Noda di Wajah

Manfaat pare untuk kecantikan sangat luar biasa, salah satunya adalah untuk membuat kulit wajah terlihat lebih cerah dan bersih dari noda. Kandungan anti-oksidan dan vitamin C pada pare dapat membantu regenerasi kulit wajah lebih cepat.

19. Memperkuat Tulang

Kandungan nutrisi seperti vitamin K yang ada pada buah pare sangat penting untuk meningkatkan kepadatan tulang sehingga mencegah tulang rapuh dan mengurangi risiko patah tulang. Mulailah ajak orang tua atau lansia untuk rutin mengkonsumsi makanan yang terbuat dari pare.

Baca juga: Penyebab, Mengatasi dan Mencegah Orang Tua Terjatuh

20. Mengatasi Masalah Tidur

Punya gangguan tidur seperti sulit tidur dan mudah terbangun lalu sulit kembali tidur? Mulailah secara rutin untuk mengkonsumsi buah pare karena kandungan nutrisinya yang tinggi dan alami untuk tubuh dapat membuat meningkatkan energi dan membuat tubuh lebih rileks sehingga membantu mengatasi masalah tidur.

Baca juga: Sulit Tidur? Berikut Cara Tidur Cepat 30 Detik, Buktikan!


Layanan home care perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat bayi atau anak

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here