Biaya cuci darah 2020
Biaya cuci darah 2020. (britannica.com)

Setiap manusia mempunyai dua buah ginjal yang berfungsi untuk menyaring kotoran darah sekaligus membuang kotoran tersebut bersamaan dengan air seni atau urine.

Apa bila organ vital ini bermasalah seperti gagal ginjal maka proses penyaringan dan pembuangan kotoran darah tidak dapat dilakukan. Dibutuhkan tindakan medis seperti cuci darah atau disebut juga dengan hemodialisa.

Proses cuci darah menggunakan mesin dialisis yang dilakukan untuk menggantikan fungsi ginjal dan tindakan ini dapat dilakukan beberapa kali hingga seumur hidup.

Seseorang yang mempunyai gangguan ginjal yang disebabkan oleh penyakit lain (komplikasi) dan diharuskan untuk menjalani tindakan cuci darah umumnya masuk ke kategori gagal ginjal akut dan dapat sembuh.

Sedangkan seseorang yang mempunyai gangguan ginjal yang disebabkan oleh kerusakan ginjal dan tidak dapat disembuhkan (gagal ginjal kronis) maka akan menjalani cuci darah seumur hidup.

Saat ini telah banyak rumah sakit di Indonesia yang dapat melakukan tindakan medis cuci darah. Beberapa Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), hingga rumah sakit swasta seperti RS Fatmawati, RS Habibie, Rumah Sakit Siloam dan lainnya telah bisa melakukan tindakan cuci darah bagi penderita gagal ginjal.

Baca juga: Vidi Aldiano Idap Kanker Ginjal, Berikut 4 Gejalanya. Nomor 1 Segera Ke Dokter!

Biaya cuci darah

Biaya cuci darah dapat ditentukan dari kondisi pasien dan rumah sakitnya, semakin tinggi stadium gagal ginjal dan semakin canggih alat kesehatan dari rumah sakit maka semakin tinggi pula biaya yang harus dikeluarkan.

Rata-rata penderita gagal ginjal diwajibkan melakukan cuci darah sebanyak 2-3 kali dalam seminggu dan prosedur tersebut bisa berlangsung antara 2,5 jam hingga 4,5 jam.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan tindakan medis cuci darah berkisar antara Rp 825.000,00 hingga Rp 1.500.000,00 belum termasuk biaya tambahan.

Kabar baik untuk anggota aktif asuransi kesehatan nasional yaitu BPJS, penderita gagal ginjal dan diharuskan untuk melakukan tindakan cuci darah secara rutin akan ditanggung sepenuhnya oleh BPJS Kesehatan.

Biaya cuci darah di beberapa rumah sakit

Berikut ini adalah daftar harga cuci darah di beberapa rumah sakit yang ada di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi berdasarkan situs Alodokter.com pada bulan Januari 2020.

Rumah Sakit di JabodetabekBiaya Cuci Darah
Rumah Sakit Mulya TangerangRp 825.000,00
Rumah Sakit Dinda TangerangRp 900.000,00
Rumah Sakit TebetRp 1,020.000,00
Siloam Hospitals BogorRp 1,200.000,00
Siloam Hospitals Kebon Jeruk JakartaRp 1,200.000,00
MRCC Siloam Hospitals Semangi JakartaRp 1,498.000,00
Rumah Sakit Permata DepokRp 1,020.000,00
Rumah Sakit Citra Medika DepokRp 2,080.000,00
Rumah Sakit Bros Bekasi BaratRp 1,438.000,00
Rumah Sakit Permata BekasiRp 1,400.000,00

Layanan home care perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat bayi atau anak

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT BAYI/ANAK. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here