HomeKankerVidi Aldiano Idap Kanker Ginjal, Berikut 4 Gejalanya. Nomor...

Vidi Aldiano Idap Kanker Ginjal, Berikut 4 Gejalanya. Nomor 1 Segera Ke Dokter!

Semua orang dapat berisiko terserang kanker, baik muda mau pun tua. Salah satu penyanyi tanah air yang terkenal berkat lagu ‘Nuansa Bening’, Vidi Aldiano dikabarkan terdiagnosa kanker ginjal di usianya yang masih 29 tahun.

Para ahli belum mengetahui apa penyebab seseorang terserang kanker ginjal, namun beberapa dugaan seperti adanya mutasi atau perkembangan sel yang tidak normal pada ginjal ditengarai sebagai salah satu penyebabnya.

Dalam dunia medis, kanker ginjal ternyata banyak diidap oleh orang-orang dengan usia yang masih muda. Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia (YKI), Prof Dr dr Aru Sudoyo mengatakan bahwa kanker ginjal adalah kasus yang umum terjadi.

Dilansir dari Kompas.com, Dokter Aru mengatakan bahwa kasus kanker ginjal memang banyak diderita oleh orang dengan usia muda sehingga rata-rata penderitanya jauh lebih muda dari kasus pada jenis kanker lainnya.

Baca juga: Berikut 8 Ciri-Ciri Diabetes di Usia Muda Yang Harus Anda Waspadai

Stadium pada kanker ginjal

Dalam mengetahui stadium kanker ginjal yang diderita, dokter dapat menggunakan CT scan atau tes pencitraan. Ada pun empat stadium pada kanker ginjal, yaitu:

  • Stadium I: Tumbuh tumor dengan diameter 7 cm pada ginjal.
  • Stadium II: Terjadi pertumbuhan ukuran tumor yang lebih besar pada ginjal.
  • Stadium III: Tumor telah berkembang hingga ke jaringan di sekitar ginjal.
  • Stadium IV: Kanker telah menyebar ke bagian jaringan lain seperti kelencar getah bening, tulang, hati hingga paru-paru.

Baca juga: Kenali dan Waspadai 7 Jenis Tumor Jinak Berikut Ini

Gejala kanker ginjal

Beberapa penderita kanker ginjal tidak menyadari sejak dini bahwa dirinya terserang kanker, jika dilihat dari beberapa kelainan atau keluhan berikut ini maka potensi kanker ginjal semakin besar.

1. Warna urien gelap dan disertai darah

Tidak semua urien berwarna gelap berarti mengidap kanker ginjal. Apa bila urien terus menerus berwarna gelap ditambah lagi dengan adanya darah maka gejala ini mengarah kepada kanker ginjal.

Adanya darah pada urien dapat mengindikasikan bahwa kanker ginjal sudah berada pada stadium lanjut dan butuh penanganan segera oleh dokter.

2. Keluhan sakit punggung

Letak ginjal berada di bagian punggung kanan dan kiri, apa bila ginjal mengalami gangguan maka punggung bagian belakang akan terasa seperti adanya tekanan dan menimbulkan rasa sakit.

Tekanan yang dirasakan diakibatkan oleh adanya pembesaran tumor akan menekan bagian jaringan lain di sekitar ginjal. Dibutuhkan pemeriksaan menggunakan CT scan atau MRI untuk mendeteksi adanya kanker pada ginjal.

3. Mudah lesu dan letih

Apa bila Anda mudah mengalami lesu dan letih meski tidak melakukan kegiatan yang berat, dapat diindikasikan gejala ini mengarah kepada kanker ginjal.

Meski begitu, mudah lesu dan letih tidak sepenuhnya disebabkan oleh adanya kanker ginjal, beberapa penyakit juga dapat menyebabkan hal ini terjadi.

Apa bila lesu dan letih terjadi terus menerus lalu disertai dengan keluhan sakit punggung dan kencing berwarna keruh atau berdarah maka kemungkinan besar adalah kanker ginjal.

4. Mengalami penurunan berat badan

Tubuh sangat membutuhkan ginjal yang berfungsi untuk mengolah makanan, menyaring zat yang dibutuhkan dan membuang zat yang tidak bermanfaat hingga membantu metabolisme tubuh.

Apa bila ginjal terganggu maka proses penyerapan zat yang dibutuhkan oleh tubuh akan terganggu sehingga tubuh tidak bisa mendapatkan cukup zat-zat penting.

Jika hal ini terus terjadi maka tubuh akan mengalami penurunan berat badan. Selain itu, hilangnya nafsu makan juga memengaruhi berat badan penderita.


Layanan home care perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat bayi atau anak

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan berbagai penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat empat layanan profesional, yaitu: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

- Advertisement -
Yusuf Dwi Putrahttp://insanmedika.co.id
Jasa home care penyedia layanan kesehatan dengan menghadirkan perawat lansia, perawat medis, perawat orang sakit hingga perawat anak di rumah pribadi pengguna jasa. Home care terbesar di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
Kumpulan 10 Kata-Kata Bijak untuk Perawat yang Sangat Memotivasi

Kumpulan 10 Kata Bijak Yang Sangat Memotivasi untuk Perawat

0
Terlepas dari peran dokter, perawat adalah profesi yang sangat mulia, di tangan dan hatinyalah pasien dapat kembali sehat dan membuat semua orang bahagia. Perawat mempunyai...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care