Ciri-Ciri Diabetes di Usia Muda
Ciri-Ciri Diabetes di Usia Muda

Diabetes adalah penyakit kronis yang dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal usia. Namun banyak masyarakat yang masih menganggap jika diabetes hanya menyerang orang tua.

Semakin cepat mengetahui ciri-ciri diabetes di usia muda dapat meminimalisir terjadinya komplikasi yang berbahaya bagi kesehatan. Memulai hidup sehat, pola makan yang baik dan rutin berolahraga adalah cara terbaik menghindari munculnya komplikasi akibat diabetes.

Sampai sejauh ini belum ada obat untuk menyembuhkan penyakit diabetes, melakukan pemeriksaan gula darah secara rutin dan mewaspadai gejala-gejalanya amatlah sangat penting. Berikut gejala diabetes yang sebaiknya Anda perhatikan dan waspadai.

Baca nanti: Ternyata Jenis Tumbuhan Bajakah Berikut Ini Yang Dapat Menyembuhkan Kanker

Ciri-Ciri Terkena Diabetes di Usia Muda

1. Mudah Dehidrasi atau Kehausan

Jika seseorang mempunyai gejala mudah dehidrasi atau kehausan padahal sudah memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan tidak melakukan aktivitas fisik yang berlebih maka bisa jadi ini adalah ciri-ciri orang terkena diabetes.

Hal ini terjadi karena kadar gula yang berlebih dalam darah akan menyerap air secara terus-menerus yang mengakibatkan kondisi polidipsia atau kehausan secara berlebihan.

2. Terlalu Sering Buang Air Kecil

Wajar jika seseorang banyak mengkonsumsi air untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh atau karena merasakan haus yang berlebih. Namun jika kondisi ini terjadi melebihi volume harian orang dewasa melakukan ekskresi maka dapat disinyalir terkena diabetes.

Normalnya orang dewasa mengeksresikan air seni dalam setiap harinya hanya dua liter saja. Namun jika berlebih terutama terjadi di malam hari, maka patut diwaspadai.

3. Selalu Merasa Lapar

Produksi insulin yang berkurang secara drastis dapat mengakibatkan sulitnya memasukkan gula ke sel yang berakibat otot dan organ melemah sehingga tubuh kehilangan energi.

Akibat kekurangan energi tersebut maka otak akan mengirimkan sinyal rasa lapar agar tubuh segera mendapatkan asupan energi melalui makanan.

Kondisi timbulnya rasa lapar itu disebut juga dengan poliphagia, jika kondisi ini terus berlanjut maka dapat dikategorikan sebagai salah satu gejala diabetes.

4. Terjadi Penurunan Berat Badan Secara Drastis

Meski penderita diabetes mempunyai gejala yang mudah lapar dan telah banyak mengkonsumsi makanan namun tetap mengalami penurunan berat badan yang tidak normal, ini adalah faktor utama dari diabetes.

Hal tersebut terjadi karena gangguan metabolisme pada glukosa yang mengakibatkan tubuh akan melakukan alternatif lain untuk mendapatkan energi dengan pembakaran pada otot dan lemak hingga orang terlihat kurus.

Baca nanti: 4 Kelebihan Menggunakan Perawat Home Care Yang Harus Kamu Ketahui

5. Kelelahan dan Lesu

Melihat gelaja-gejala seperti di atas yang membuat orang mudah lapar dan haus belum tentu akan terhindar dari kelelahan atau rasa lesu.

Penurunan berat badan yang diakibatkan oleh pembakaran otot dan lemak secara abnormal ini akan membuat tubuh penderita diabetes merasa kelelahan walau tidak banyak melakukan aktivitas.

6. Gangguan Pada Pandangan

Terjadinya dehidrasi yang ekstrim akibat tingginya gula darah akan berakibat pada padangan yang kabur karena cairan dalam lensa mata juga ikut diserap tubuh.

Jika sudah terjadi pada gangguan penglihatan ini maka segera untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Jika tidak ditangani secara cepat maka risiko kehilangan penglihatan total akan terjadi.

7. Terjadi Luka Yang Lama Sembuhnya dan Mudah Terkena Infeksi

Ciri fisik secara nyata dari terjadinya diabetes pada seseorang adalah terjadinya luka yang sangat sulit diobati. Diabetes tipe 2 berpengaruh terhadap kemampuan tubuh untuk melakukan penyembuhan luka.

Bila luka tidak kunjung sembuh maka dapat berisiko terkena infeksi yang serius dan perlu tindakan medis.

8. Warna Kulit Menjadi Gelap

Gangguan insulin yang tidak normal akan berakibat terhadap kulit yang menghitam. Waspadai jika terjadi kondisi acanthosis nigricans atau munculnya bercak hitam pada lipatan seperti ketiak atau leher.

Itulah ciri-ciri atau gejala diabetes yang harus diwaspadai pada usia dini. Jika terjadi beberapa gejala seperti di atas, jangan menyepelekannya dan segera lakukan pemeriksaan gula darah.

Anda membutuhkan perawat diabetes di rumah secara live-in 24 jam? Gunakan saja layanan home care Insan Medika yang menyediakan berbagai layanan kesehatan dari perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat anak secara profesional dan berpengalaman. Khusus pembaca artikel ini berhak mendapatkan harga spesial.* Pesan sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here