Kenali dan Waspadai 7 Jenis Tumor Jinak Berikut Ini

0
2481
Tumor jinak adalah
7 Jenis tumor jinak

Pengertian Tumor

Tumor adalah jaringan abnormal di dalam tubuh yang berbentuk padat atau pun yang mengandung cairan, dalam dunia medis tumor disebut juga dengan neoplasma.

Setiap saat sel manusia terus mengalami pembaruan. Sel yang tua dan waktunya mati akan segera digantikan oleh sel baru. Namun ada kalanya sel yang telah waktunya mati namun tidak juga kunjung mati hingga akhirnya bersatu dengan sel baru.

Jika hal tersebut terus terjadi maka akan membentuk jaringan abnormal atau tumor. Tumor dapat berkembang di tubuh dengan berbagai ukuran. Mulai dari seukuran nodul atau jerawat hingga sekepal tangan atau lebih.

Faktanya seluruh jaringan atau sel di tubuh manusia dapat berubah menjadi tumor. Baik itu tumor jinak atau pun tumor ganas.

Baca juga: 15 Daftar Smartphone dengan Tingkat Radiasi Tertinggi Penyebab Tumor dan Kanker 2019

Perbedaan Tumor Jinak dan Ganas

Tumor Jinak

Tumor jinak adalah sel tumor yang tumbuh di area tubuh tertentu dan bersifat pasif atau tidak menyerang bagian tubuh lain.

Walau tidak bersifat berbahaya bagi tubuh, namun ada kalanya pertumbuhan tumor jinak ini dapat mengganggu atau menekan syaraf atau pembuluh darah yang dapat menimbulkan rasa sakit atau tidak nyaman.

Ketika setelah menjalani pengangkatan tumor jinak maka tidak akan tumbuh atau muncul kembali.

Tumor Ganas

Tumor ganas adalah jaringan abnormal yang dapat membelah dan menyebar ke berbagai daerah tubuh melalui aliran darah atau sistem limfatik dengan cepat hingga akhirnya menjadi kanker.

Perkembangan dan penyebaran sel kanker ke berbagai jaringan di sekitarnya disebut metasis dan dapat mengakibatkan kematian.

Walau telah menjalani pengangkatan tumor ganas, namun berkemungkinan akan muncul kembali di area lain di dalam tubuh.

Contoh Tumor Jinak

Setidaknya terdapat banyak jenis tumor yang dapat dialami oleh siapa saja, untuk mengenal lebih jauh, berikut terdapat 7 contoh tumor jinak berdasarkan letak tumbuhnya.

Tumor Jinak Lipoma

Jenis tumor ini paling umum terjadi pada manusia yang terletak pada punggung, bahu, lengan tangan atau ketiak, leher dan bagian tubuh lainnya yang banyak terdapat sel lemak.

Bentuk dari tumor Lipoma menyerupai bulatan dengan permukaan yang halus dan bisa sedikit digerakkan. Tumor ini dapat disembuhkan dengan pengobatan steroid, jika bertumbuhannya terlalu cepat dan menimbulkan rasa nyeri maka dapat dilakukan pembedahan.

Tumor Jinak Nevi

Hampir semua orang mempunyai jenis tumor ini karena ia juga dikenal dengan sebutan tahi lalat. Bentuk dari tahi lalat pada umumnya seukuran jerawat atau lebih yang berwarna pink atau merah muda, cokelat hingga hitam.

Tidak semua tahi lalat aman untuk tubuh, jika terdapat tahi lalat yang terus mengalami perubahan bentuk dibarengi dengan gejala gatal dan dapat berdarah, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Jika hal tersebut tidak ditangani dengan segera maka dikhawatirkan berisiko munculnya sel kanker kulit melanoma.

Tumor Jinak Fibroid

Fibroid atau fibroma dapat tumbuh pada jaringan fibrosa dalam organ. Wanita paling rentan terkena tumor fibroid ini karena tumbuhnya pada organ rahim.

Walau pun fibroid dikatakan sebagai tumor jinak namun bisa menyebabkan risiko pendarahan hebat pada vagina, gangguan berkemih hingga nyeri pinggul.

Tumor Jinak Adenoma

Tumor adenoma dapat tumbuh di berbagai jaringan epitel pelapis kelenjar seperti polip pada usus besar hingga dapat muncul di hati, kelenjar adrenal, kelenjar pituitari atau kelenjar tiroid.

Beberapa tumor adenoma yang berbahaya untuk organ atau kelenjar tersebut dapat dilakukan pengangkatan.

Tumor Jinak Mioma

Tumor jinak mioma biasa tumbuh pada berbagai otot, bahkan otot polos rahim atau dinding pembuluh darah pun dapat dihinggapi tumor ini.

Tumor mioma dapat disembuhkan dengan tindakan medis seperti operasi atau pengobatan.

Tumor Jinak Osteokondroma

Seperti namanya, tumor jinak jenis ini banyak ditemukan pada tulang dengan ciri-ciri menimbulkan benjolan pada sendi, baik sendi lutut atau pun bahu.

Jika terjadi keluhan yang mengakibatkan nyeri dan mengganggu tekanan saraf atau pembuluh darah maka dapat dilakukan pembedahan.

Tumor Jinak Papiloma

Terjadi infeksi yang disebabkan oleh human papillomavirus(HPV) dapat memunculkan jenis tumor ini. Papiloma dapat umbuh pada berbagai jaringan epitel pada kulit, leher rahim, saluran payudara hingga muncul di selaput lendir yang menutupi pada bagian kelopak mata (konungtiva).

Banyak kasus pembedahan atau pengangkatan pada beberapa kasus guna menghindari mengganggu fungsi dari jaringan tubuh yang dihinggapi tumor Papiloma ini.

Apakah tumor jinak bisa hilang dengan sendirinya?

Tidak bisa, perlu tindakan operasi atau pengobatan tertentu untuk menghilangkan tumor. Walau sebenarnya tumor jinak tidaklah berbahaya namun untuk menjaga estetika tubuh, maka dapat dioperasi.

Ada pun tindakan untuk menghilangkan tumor jinak adalah bedah minor dengan cara pembedahan menggunakan pisau, bedah menggunakan listrik dan bedah beku.

Bedah pisau masih menjadi pilihan terbaik untuk menghilangkan tumor jinak di tubuh karena hasilnya yang lebih rapi dari pada dua tindakan lainnya.

Butuh perawat orang sakit atau perawat medis di rumah Anda sendiri selama 24 jam non-stop? Dapatkan perawat home care Insan Medika. Satu-satunya perusahaan home care di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan baik dari dalam dan luar negeri. Khusus pembaca artikel ini berhak mendapatkan harga spesial, pesan sekrang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here