Malnutrisi dapat dialami oleh siapa saja, baik yang masih berusia muda atau pun yang sudah lanjut usia (lansia). Malnutri pada lansia merupakan kondisi yang terjadi akibat gangguan pada fungsi organ dan komposisi tubuh, gangguan kesehatan dan perubahan sosial-ekonomi atau akibat dari pemakaian obat-obatan tertentu.

Menjadi lansia yang sehat harus memperhatikan kondisi dan perubahan tubuh. Tidak boleh terlalu gemuk dan terlalu kurus, hal ini karena dapat mempengaruhi kesehatan.

Saat lansia mengalami malnutrisi dapat dilihat dari perubahan berat badan yang cenderung turun. Lakukan 5 langkah berikut ini untuk mengatasi malnutrisi pada lanisa.

Baca juga: Cara Merawat Lansia di Rumah Sesuai Dengan Keadaannya

Berikan asupan makanan yang kaya akan gizi

Sebelum melakukan pengolahan makanan lansia, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu kepada orang tua Anda mengenai makanan apa yang sedang ia inginkan.

Usahakan memenuhi gizi yang cukup dan tidak melebihi kebutuhan kalori harian. Sebagai contoh, gantilah nasi putih dengan nasi merah atau buatkan sarapan dengan roti tawar yang terbuat dari gandum.

Lengkapi dengan sayur dan buah segar kaya akan serat atau vitamin. Usahakan orang tua Anda mempunyai nafsu makan yang baik dengan menghidangkan makanan yang sedang ia inginkan.

Baca juga: 4 Menu Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Lansia. Nomor 3 Bahaya!

Berikan camilan yang sehat

Menjaga tubuh lansia tetap sehat terhindar dari malnutrisi harus memperhatikan jumlah dan kualitas makanannya. Memberikan camilan yang sehat di antara waktu makan sangat bagus.

Memberikan jus buah, madu dan makanan sereal mengandung maple syrup dapat Anda coba.

Berikan Suplemen Nutrisi

Suplemen dapat membantu lansia untuk mendapatkan tambahan gizi yang tidak mampu diperoleh dari makanan yang ia konsumsi. Oleh itu pemberian suplemen nutrisi kepada lansia juga sangat baik.

Namun tetap harus diperhatikan mengenai kebutuhannya dengan melakukan konsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

Baca juga: 5 Vitamin Yang Sangat Baik Untuk Lansia, Nomor 3 Wajib Diminum!

Ajak dan Dampingi untuk Melakukan Olahraga

Ingin tetap sehat di usia senja? Mulailah untuk rutin melakukan olahraga sejak dini. Olahraga akan membantu meningkatkan nafsu makan lansia karena ketika melakukan pembakaran kalori maka tubuh akan merasa lapar.

Olahraga lansia tidak seperti olahraga yang dilakukan oleh anak-anak muda, lakukan jalan sehat dengan berjalan-jalan di sekitar halaman atau rumah setiap pagi itu sudah cukup.

Menggunakan Jasa Perawat Lansia

Jangan pernah ragu untuk menggunakan jasa perawat lansia, pasalnya jasa ini dapat membantu orang tua Anda tetap dalam pengawasan dan pengasuhan kapan pun dan di mana pun.

Semua kebutuhan lansia akan dipenuhi oleh caregiver, mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi. Memberikan makanan, membersihkan tempat tidur hingga mencucikan pakaian lansia sudah menjadi tugas dan tanggung jawabnya.

Dapatkan layanan home care dari Insan Medika untuk menggunakan jasa perawat lansia yang berpengalaman dan profesional. Seluruh perawat telah mendapatkan pelatihan dan bersertifikat sehingga siap kerja dan dapat kerja dengan baik! Hubungi Insan Medika sekarang dan khusus pembaca artikel ini berhak mendapatkan harga spesial, pesan sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here