Hati-hati! Berikut 10 Gejala Kanker Otak Yang Wajib Diwaspadai

0
468
Kanker Otak
Kanker Otak. (express.co.uk)

Kanker otak adalah jaringan abnormal berbentuk tumor yang terjadi pada otak. Kanker ini dapat muncul dari berbagai sel yang ada di otak primer, hingga akhirnya sel-sel tersebut membentuk komponen otak seperti membran dan pembuluh darah.

Terdapat dua jenis kanker otak yaitu ganas dan jinak. Kanker otak ganas akan mempunyai kecepatan berkembang lebih cepat dan dapat berkembang ke bagian tubuh lainnya. Sangat sulit untuk disembuhkan karena ketika berhasil diangkat maka dapat muncul kembali.

Sedangkan kanker otak jinak mempunyai perkembangan yang terbatas dan lambat, tidak menyebar ke bagian otak atau tubuh lainnya serta dapat disembuhkan dengan tuntas menggunakan kemoterapi atau radioterapi secara tepat.

Baca juga: Kanker Ginjal: Jenis, Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Gejala Kanker Otak

Tidak mempunyai gejala yang spesifik namun cenderung menyerupai pada gejala sakit pada umumnya seperti sakit kepala dan mual. Ini yang menyebabkan banyak pasien kanker otak terlambat untuk melakukan pengobatan sejak dini.

Mengatahui gejala kanker otak sejak dini melalui gejal-gejala yang umum terjadi berikut ini dapat menjadi pencegahan dan penanganan sejak dini:

1. Sering Sakit Kepala

Timbulnya sakit kepala yang terjadi umumnya mempunyai banyak penyebab, bisa disebabkan oleh sakit kepala biasa dan juga tanda bahwa muncul sel kanker pada otak.

Jika sakit kepala muncul secara terus menerus dan terasa sangat sakit walau telah mengkonsumsi obat sakit kepala, silahkan untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan kepada dokter.

2. Mual Hingga Muntah Tanpa Sebab

Seperti pada gejala sebelumnya, mual dan muntah yang disebabkan tanpa alasan yang jelas dapat berindikasi munculnya sel kanker di otak.

Jika dalam beberapa hari mual dan muntah tak kunjung mereda walau telah mengkonsumsi obat yang diresepkan oleh dokter, maka ini harus diwaspadai.

3. Penglihatan Buram dan Kabur

Buram dan kabur yang disebabkan oleh munculnya gelaja kanker otak dapat sangat berisiko jika tidak ditangani sejak dini.

Pandangan kabur saat berjalan atau mengendarai kendaraan dapat berakibat fatal. Terbentur atau menabrak dapat terjadi karena salah dalam memperkirakan jarak.

Hal ini terjadi karena terdapat gangguan pada otak, segera konsultasikan ke dokter.

4. Mati Rasa pada Sebagian Tubuh

Batang otak yang terhubung dengan sumsum tulang belakang yang tidak normal akan mempengaruhi kepekaan terhadap sentuhan atau rasa pada bagian tubuh.

Sulit mengendalikan ekspresi wajah seperti terkena stroke dibarengi dengan sulit menelan dan sensasi baal di bagian tubuh tertentu harus diwaspadai.

Baca juga: Pembunuh Berdarah Dingin, Stroke ini Lebih Berbahaya dan Sulit untuk Diketahui Gejalanya

5. Kesulitan Berkomunikasi atau Berbicara

Munculnya tumor di bagian otak akan menyulitkan otak untuk melakukan komunikasi hingga berbicara. Pasalnya bagian otak yang terletak pada sisi kiri yaitu area Wernicke yang berfungsi untuk memahami informasi ucapan dan area Broca yang berfungsi mengaktifkan otot untuk menciptakan suara ini terganggu.

Jika gelaja ini terjadi sering dan semakin memburuk, segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke rumah sakit.

6. Lemas dan Lesu Tanpa Sebab

Rasa lemas dan lesu yang diakibatkan gejala tumor muncul pada otak akan menimbulkan rasa nyeri di sekujur tubuh. Hal ini akan mengganggu mobilitas tubuh, seperti tangan atau kaki sulit untuk dikontrol dan digerakkan.

Jika kondisi ini terus berlanjut maka tubuh akan samakin kehilangan kekutannya, terjadilah lemas dan lesu yang berkepanjangan. Hal ini harus segera mendapatkan penanganan serius.

7. Kehilangan Kontrol dan Keseimbangan Tubuh

Mengalami hilang kontrol dalam menentukan langkah dan jarak saat berjalan sehingga mengakibatkan sering berbenturan dengan pintu atau meja bisa menjadi gejala awal terkena kanker otak.

Dibarengi dengan hilangnya keseimbangan tubuh saat berjalan dan sering berjalan dalam posisi miring atau bahkan kesulitan berdiri yang dipengaruhi oleh tidak berfungsinya sistem motorik juga indikasi munculnya tumor pada otak kecil.

8. Mengalami Kejang

Beberapa orang yang tidak mempunyai riwayat kejang namun belakangan mengalami kondisi ini, maka harus diperhatikan munculnya gejala yang lebih serius.

Munculnya tumor pada otak akan membuat sel saraf pada otak yaitu neuron bekerja secara tak terkendali. Inilah yang menyebabkan seseorang yang tidak mempunyai riwayat kejang namun mengalami kejang.

Baca juga: Anak Anda Tiba-Tiba Kejang Tanpa Sebab dan Tidak Punya Riwayat Epilepsi? Lakukan Langkah Ini dengan Segera!

9. Muncul Keluhan Pendengaran

Bagian otak lobus temporal yang bertugas untuk memproses suara serta memahaminya terletak pada belakang pelipis akan mengalami gangguan.

Hilangnya fungsi pendengaran pada salah satu sisi dan muncul suara berdenging secara berkelanjutan dapat terjadi akibat dari gejala tumor otak.

10. Pelupa atau Sulit Mengingat

Sel tumor yang muncul pada otak akan mengganggu sebagian besar fungsi otak, efeknya otak sulit untuk mengingat dan menyimpan informasi.

Orang yang mengalami kanker otak akan mempunyai masalah dengan ingatannya, mengalami kebingungan dan masalah kognitif lainnya.

Baca juga: Ingin Terhindar dari Penyakit Alzheimer dan Demensia Saat Tua Nanti? Mulai Konsumsi Jamur Ini Sekarang!


Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

lowongan kerja perawat home care insan medika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here