Cara Mencegah kanker
Cara Mencegah kanker

Kanker adalah sebuah penyakit yang diakibatkan oleh pertumbuhan sel jaringan tidak normal pada tubuh. Pertumbuhan sel jaringan yang tidak normal ini dapat berubah menjadi tumor jinak dan tumor ganas disebut juga sebagai kanker.

Istilah kanker digunakan untuk menyebut tumor ganas yang dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya. Pertumbuhan kanker yang begitu cepat dapat merusak sistem jaringan tubuh hingga menimbulkan berbagai jenis keluhan medis.

Pengobatan kanker paling populer dan sekaligus tidak ramah terhadap kesehatan saat ini adalah kemoterapi. Bak pisau bermata dua, kemoterapi bertugas untuk menghambat dan menghentikan pertumbuhan sel kanker namun di sisi lain metode pengobatan ini menimbulkan efek samping yang serius.

Baca juga: Ternyata Jenis Tumbuhan Bajakah Berikut Ini Yang Dapat Menyembuhkan Kanker

Setidaknya 80% pasien kanker yang memilih pengobatan kanker menggunakan zat kimia ini akan mengalami penurunan sel darah merah, sel darah putih, trombosit, kerontokan rambut dan bulu mata hingga mukositis (timbul luka pada dinding saluran cerna atau ronggo mulut).

Hal tersebutlah yang menjadikan kanker menjadi penyakit yang mematikan sekaligus menakutkan. Sampai sejauh ini belum ditemukan obat kanker yang mujarab untuk mengobatinya. Walau demikian, setiap pasien kanker tetap masih ada harapan untuk sembuh secara total.

Mencegah agar tidak terkena penyakit kanker adalah jalan terbaik dari pada harus mengobati. Terdapat 10 tips mencegah kanker yang sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan oleh siapa saja.

Baca juga:

1. Mengkonsumsi makanan sehat

Semakin hari semakin banyak jenis makanan yang bervaritif dan mudah untuk didapatkan. Namun tidak semua makanan aman untuk dikonsumsi dalam jangka panjang.

Contoh makanan yang harus segera dihindari agar tidak menimbulkan masalah kesehatan seperti kanker adalah makanan berlemak, berminyak dan mengandung banyak pemanis.

Dikutip dari CNN Indonesia, setidaknya ada 5 jenis makanan dan minuman penyebab kanker yang harus kamu waspadai, yaitu:

  • Makanan dan minuman berpemanis buatan (aspartame, sakarin dan siklamat)
  • Daging olahan (sosis, daging yang diawetkan, peperoni dan bacon)
  • Makanan yang dibakar atau panggang
  • Minuman beralkohol
  • Sayuran dan buah yang mengandung pestisida

Baca juga: Waspada! Sayur dan Buah Terpapar Pestisida Meningkatkan Penyakit Parkinson Hingga 80%!

Terdapat berbagai jenis sayuran dan buah yang dapat digunakan sebagai makanan sehat. Berikut 7 makanan untuk mencegah kanker yang dirangkum dari Liputan6.com:

  • Brokoli
  • Kubis
  • Kale
  • Ubi jalar
  • Kacang polong
  • Anggur
  • Semangka

2. Jangan menjadi perokok aktif atau pun pasif

Terdapat lebih dari 60 zat berbahaya dan beracun dalam sebatang rokok atau pun asap rokok itu sendiri yang dapat menjadi pemicu utama munculnya sel kanker.

Zat beracun yang sering dituliskan pada kemasan rokok adalah nikotin dan tar. Zat nikotin umum digunakan untuk bahan pembuatan insektisida dan tar digunakan sebagai bahan pembuatan aspal.

Paparan asap rokok dalam jangka panjang akan memengaruhi bagaimana pertumbuhan sel yang tidak normal di dalam tubuh khususnya paru-paru.

Kerusakan yang terjadi pada paru-paru akibat kebiasaan merokok ini akan membuat sel di sekitar jaringan paru bereaksi secara tidak normal hingga akhirnya muncul benih sel kanker.

3. Menjaga berat badan ideal

Mempunyai kebiasaan makan yang tidak seimbang dan sehat dapat menyebabkan kegemukan atau obesitas. Tidak berhenti di situ, setelah seseorang mengalami kenaikan berat badan yang tidak ideal maka berbagai jenis penyakit khususnya kanker siap menyerang.

Tidak berhenti di kanker, berbagai jenis penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), diabetes, stroke hingga serangan jantung dapat meningkat pesat.

Cara menjaga berat badan agar tetap ideal adalah dengan melakukan diet dan olahraga yang teratur. Berikut terdapat 4 cara mencegah kegemukan:

  • Mengatur pola dan porsi makan
  • Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur daripada daging
  • Menghindari mengkonsumsi makanan dan minuman terlalu banyak gula, garam dan lemak
  • Rutin berolahraga

Baca juga: Terbukti! 8 Menu Diet Ini Mampu Menurunkan Berat Badan Dalam Waktu 21 Hari

4. Batasi mengkonsumsi daging secara berlebihan

Mengkonsumsi daging dapat memberikan manfaat bagi tubuh, namun jika dikonsumsi secara berlebihan dan cara pengolahan daging yang tidak sehat maka dapat meningkatkan risiko terkena kanker.

Kandungan lemak pada daging bertanggung jawab terhadap melonjaknya massa tubuh hingga terjadinya obesitas.

Konsumsilah daging secukupnya saja, jika memang tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi daging oleh dokter, maka jangan melanggarnya.

Baca juga: Benarkan Daging Kambing Menjadi Penyebab Utama Munculnya Darah Tinggi?

5. Membatasi dalam mengkonsumsi minuman beralkohol

Faktanya terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol dapat meningkatkan risiko munculnya kanker hingga 7-12%. Risiko akan semakin tinggi bila mengkonsumsi minuman beralkohol lebih dari satu gelas dalam setiap harinya.

Minuman beralkohol dapat mempengaruhi perubahan hormon dalam darah, hal inilah yang menyebabkan munculnya risiko terkena kanker terutama kanker payudara.

Membatasi untuk mengkonsumsi minuman beralkohol adalah cara bijak agar terhindar dari kanker, bahkan lebih baik berhenti untuk meminumnya kembali.

6. Mulai melakukan olahraga secara teratur

Hal yang paling mudah untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan melakukan olahraga. Selain membuat badan menjadi lebih sehat, bugar dan tidak mudah terserang penyakit, ternyata melakukan olahraga juga menurunkan risiko terserang penyakit kronis khususnya kanker.

Menjalankan olahraga secara teratur setiap harinya dapat membantu metabolisme tubuh mencapai titik yang stabil dan tentunya dapat membakar lemak penyebab kegemukan secara alami.

Baca juga: Ingin mencegah berbagai jenis penyakit mematikan ini? Yuk mulai melakukan olahraga ini

7. Menerapkan pola istirahat yang cukup dan seimbang

Setiap orang mempunyai kegiatannya masing-masing yang kadang sering mengabaikan jam istirahat. Padahal tubuh harus mempunyai waktu istirahat yang cukup dan seimbang agar tetap dapat bekerja secara maksimal.

Penuhilah waktu istirahat seperti tidur setidaknya 7 jam dalam semalam. Menerapkan pola istirahat yang cukup dan seimbang seperti ini dapat menghindarikan tubuh dari berbagai jenis penyakit.

Kekurangan jam tidur dapat mengundang penyakit-penyakit seperti insomnia, tekanan darah tinggi (hipertensi), serangan jantung dan obesitas. Yuk mulai menyeimbangkan jam istirahat sekarang.

Baca juga: Fakta dan 10 Manfaat Bawang Putih Yang Mampu Mengatasi Penyakit Mematikan Seperti Hipertensi dan Kawan-Kawannya, Yuk Baca!

Itulah 7 tips mudah untuk menghindari dan mencegah penyakit kanker yang dapat dilakukan oleh siapa saja.

Ada anggota keluarga yang sedang sakit berat seperti stroke, kanker, hipertensi, jantung dan lain-lain? Yuk coba layanan kesehatan jasa home care dari Insan Medika. Seluruh perawat home care medis sudah berpengalaman dan handal, siap merawat orang terkasih di rumah Anda secara 24 jam. Khusus pembaca artikel ini berhak mendapatkan harga spesial.* Pesan sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here