Cara tidur cepat 30 detik
Cara tidur cepat 30 detik

Cara tidur cepat sangat dibutuhkan oleh beberapa orang yang mempunyai kegiatan penting di keesokan harinya atau bagi mereka yang kesulitan untuk tidur (insomnia).

Sudah mencoba berbagai cara untuk tidur namun mata tak kunjung terlelap dalam mimpi, padahal tidur sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperbaiki organ tubuh dan memperbaruhi seluruh hormon dalam tubuh.

Kekurangan jam tidur dapat menimbulkan berbagai risiko kesehatan seperti diabetes, hormon insulin berperan penting untuk mengontrol tingkat glukosa atau gula darah saat tubuh tertidur.

Kesulitan tidur memang sangat menjengkelkan apa lagi sampai terjaga hingga pagi datang. Mendengarkan musik lembut, menutup mata dan telinga sudah dilakukan namun masih susah tidur.

Jika kesulitan tidur terus berlangsung di setiap malam ini akan membuat depresi dan bahkan stress saat bangun tidur. Untuk mengatasi kesulitan tidur tersebut, maka dapat mengikuti cara tidur berikut ini:

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Kantuk Paling Efektif

Persiapan Sebelum Tidur

Untuk mencapai tidur cepat seperti yang diinginkan, maka mempersiapkan diri sebelum tidur sangatlah berperan penting. Lakukan hal-hal berikut ii untuk mencapai kualitas tidur yang baik.

1. Mandi air hangat atau membersihkan diri sebelum tidur

Mendapatkan guyuran air hangat akan membuat tubuh segar, bersih, wangi dan rileks. Jika tidak sempat untuk mandi air hangat, maka cukup bersihkan kaki, tangan dan muka menggunakan air bersih.

Efek yang akan dicapai dengan melakukan mandi air hangat atau membersihkan diri adalah ketenangan dan dive reflex.

2. Mengenakan pakaian tidur yang nyaman

Menggunakan pakaian tidur atau pakaian yang nyaman saat tidur sangat mempengaruhi kualitas tidur. Tidak disarankan menggunakan pakaian yang dapat mengganggu kualitas tidur.

3. Mengatur tempat dan suhu kamar

Mempunyai tempat tidur yang nyaman, bersih dan suhu kamar yang tepat sangat penting untuk proses tidur cepat.

Bersihkan terlebih dahulu tempat tidur menggunakan sapu lidi atau memasang ulang sprey kasur untuk memastikan tidak ada benda asing atau binatang seperti semut.

Buat suhu ruangan tidak terlalu panas atau dingin. Jika menggunakan AC maka buatlah suhu ruangan sekitar 19-20 derajat. Jika tidak mempunyai AC cukup gunakan kipas angin dengan mengarah ke kaki atau tubuh.

4. Mematikan gawai, televisi dan lampu

Berhenti menggunakan gawai dan menonton televisi setidaknya 1 jam sebelum tidur. Sebagai penggantinya, membaca buku sebelum tidur bisa menjadi alternatif ke-gabutan.

Sinar biru yang dihasilkan oleh gawai atau televisi dapat mengganggu produksi hormon melatonin yang berfungsi sebagai antibodi berbagai penyakit.

Jika sudah merasa ngantuk, segera matikan lampu. Tidur dengan lampu tetap menyala mengakibatkan tubuh kesulitan untuk memproduksi hormon melatonin dan tidur tidak senyenyak saat lampu padam.

Cara Tidur Cepat 30 Detik

Setelah persiapan sebelum tidur dilakukan, maka kini saatnya mempraktikkan bagaimana cara cepat tidur dalam 30 detik hingga 60 detik.

Cara yang disebut dengan 4-7-8 sangat ampuh untuk mengantarkan tubuh cepat terlelap. Teknik ini dapat dilakukan oleh siapa saja yang ingin cepat tertidur, baik untuk ibu hamil dan sekali pun penderita insomnia.

Teknik 4-7-8 pertama kali dicetuskan oleh dr. Andrew Weil yang mengadaptasi metode meditasi orang India kuno yang terbukti dengan cepat membuat orang tertidur lelap.

Cara melakukan teknik 4-7-8 untuk cepat tidur

  1. Posisika tubuh dalam keadaan telentang dan senyaman mungkin
  2. Pikiran tenang, rileks dan damai
  3. Tempatkan ujung lidah ke langit-langit mulut tepat dinempel di gigi depan. Tahan keadaan ini selama proses.
  4. Diikuti dengan menghirup udara sedalam-dalamnya melalui hidung selama 4 detik
  5. Kemudian tahan napas selama 7 detik
  6. Hembuskan napas melalui mulut secara perlahan dengan posisi lidah menempel di langit-langit mulut dan gigi depan dalam hitungan 8 detik.

Ulangi kembali langkah mengambil napas selama 4 detik melalui hidung, tahan napas selama 7 detik dan hembuskan napas melalui mulut secara perlahan selama 8 detik.

Pada awal-awal melakukan praktik pernapasan sebelum tidur ini memang dibutuhkan konsentrasi dan konsistensi setiap sebelum tidur. Latihlah tubuh untuk mendapatkan ketenangan dan kedamaian sebelum tidur dengan melakukan teknik ini.

Manfaat melakukan olah pernapasan sebelum tidur

Selain terbukti mampu mengantarkan tidur lebih cepat, teknik ini bermanfaat untuk memperbaiki kualitas tidur dengan menghadirkan ketenangan dan menghilangkan ketegangan.

Teknik olah pernapasan ini sangat dianjurkan oleh orang yang telah selesai melakukan operasi atau pasca operasi guna membantu mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Cara tidur teratur ini jika dilakukan secara konsisten maka manfaatnya dapat langsung dirasakan setelah bangun tidur seperti bangun dengan badan yang segar dan tidak mengantuk selama bekerja.

Jika Anda membutuhkan perawat home care yang bertugas untuk mengasuh dan merawat pasien 24 jam di rumah pribadi, Anda dapat menggunakan perawat Insan Medika. Seluruh perawat berpengalaman dan profesional. Dapatkan garansi tak terbatas, harga transparan dan pelayanan cepat dengan menghubungi Insan Medika. Khusus pembaca artikel ini berhak mendapatkan diskon spesial*.

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here