Ini Akibatnya Jika Kurang Minum Air Putih

0
60
Bahaya jika Kekurangan Air
Source : atibaia.portaldacidade.com

Pada tubuh manusia hampir sekitar 70% terdiri dari air. Air memiliki peran penting bagi kehidupan manusia, karena banyak fungsi tubuh yang bergantung dengan adanya air. Lalu bagaimana jika kita kurang minum air putih ?

Biasanya orang normal akan bertahan sekitar 3 – 4 hari jika tidak minum air sama sekali. Tetapi pada kenyataanya bisa jadi lebih cepat daripada teori tersebut dikarenakan beberapa faktor diantaranya usia, kondisi tubuh, cuaca serta aktivitas fisik.

Berikut adalah beberapa resiko jika anda kurang minum air putih dilansir dari Livestrong dan beberapa sumber lainnya :

  1. Dehidrasi
    Dehidrasi merupakan kondisi hilangnya cairan didalam tubuh. Dehidrasi ini tidak selalu ditandai dari rasa haus, bisa juga ditandai dengan mudah lelah, mulut kering. Jika tubuh mengalami dehidrasi, aliran darah dan oksigen ke otak tidak lancar.
  2. Menggangu Kekuatan Otot, Sendi dan Temperatur Tubuh
    Kekurangan cairan juga bisa menyebabkan otot terganggu. Sebab air berguna untuk melumaskan sendi agar lancar dan mencegah kaku. Air juga berguna untuk mengalirkan oksigen ke otot, terutama ketika otot digunakan saat berolahraga.
  3. Mengganggu Sistem Kekebalan Tubuh
    Tubuh manusia bisa dengan mudah terserang penyakit jika kekurangan air, ini dikarenakan air berguna untuk melembabkan kotoran didalam tubuh manusia termasuk urin. Jika kekurangan urin ini bisa menyebabkan limbah hasil sisa metabolisme tidak terbuang secara baik. Jika terjadi terus menerus bisa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi terganggu
  4. Sembelit atau Konstipasi
    Sembelit merupakan gangguan yang ada didalam sistem pencernaan. Ini menyebabkan terjadinya pengerasan pada tinja yang berlebihan dan berakbiat sulit untuk dibuang.
  5. Migrain
    Ada kemungkinan Migrain berhubungan dengan dehidrasi. Jika kita tidak mendapatkan cairan yang cukup, maka pembuluh darah akan membesar dan menyebabkan sakit kepala yang berat.
  6. Bau Mulut
    Ketika mulut kering karena kekurangan air ini juga bisa menyebabkan masuknya bakteri. Karena dengan kurang air minum, air liur pada mulut tidak bekerja dengan semestinya sehingga bakteri akan sulit untuk dihilangkan.

Setiap orang memiliki kebutuhan air berbeda – beda ini disebabkan oleh aktivitas dan usia. Yang penting, selalu minum ketika merasa haus agar kebutuhan akan air bisa selalu tepenuhi dengan baik.

Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here