5 Tips untuk mencegah penyakit Alzheimer

0
82
Alzheimer merupakan penyakit yang biasanya terjadi pada usia diatas 65 tahun. Penyakit ini bisa menyebabkan menurunnya daya ingat, kemampuan berfikir serta perubahan prilaku.
Source ; Pidjar.com

Alzheimer merupakan penyakit yang biasanya terjadi pada usia diatas 65 tahun. Penyakit ini bisa menyebabkan menurunnya daya ingat, kemampuan berfikir serta perubahan prilaku.

Penyebab pasti penyakit ini belum diketahui penyebabnya. Tetapi ada yang menduga Alzheimer ini terjadi dikarenakan adanya endapan protein didalam otak, sehingga bisa menghalangi asupan nutrisi ke sel – sel otak.

Menurut seorang peneliti alzheimer dari Rush University Medical School Chicago mengatakan bahwa gejala Alzheimer ini dimulai beberapa dekade sebelum penyakit itu muncul dan seharusnya menjaga kesehatan mulai dari usia 30an.

Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan untuk mencegah Penyakit Alzheimer ? Berikut kami rangkum beberapa tips untuk mencegah penyakit alzheimer.

  1. Atur Pola Makan
    Diet Sehat dan rendah lemak adalah salah satu cara untuk mencegah datangnya penyakit alzheimer. Berdasarkan penelitian di Harvard ia meneliti sekitar 13 ribu wanita berusia 70 tahun dan menemukan bahwa, mereka yang mengkonsumsi sayuran yang berdaun hijau seperti selada, bayam dan brokoli mengalami penurunan kognitif lebih lambat dibanding mereka yang mengkonsumsi sedikit sayuran.
  2. Tetap Aktif
    Menurut penelitian di Australia yang dikutip dari Journal of Amerikan Medical Association menemukan bahwa olahraga selama 6 bulan secara teratur dapat menghasilkan peningkatan fungsi memori dan kognitif pada sekelompok lansia. Oleh karena itu, minimal perbanyaklah jalan kaki dan juga bergerak agar dapat mencegah penyakit demensia dan penyakit Alzheimer.
  3. Menjaga berat badan
    Obesitas ternyata dapat menyebabkan resiko penyakit Alzheimer. Ini diakibatkan gula darah dan kolesterol yang tinggi.
  4. Tetap Bersosialisasi
    Tidak hanya aktif ternyata sosialisasi juga dipercaya bisa mengurangi resiko terkena Alzheimer. Para Ahli berpendapat. ini bisa disebabkan karena dengan adanya interaksi sosial bisa memicu stimulus untuk mempererat koneksi antara sel – sel saraf dalam otak.
  5. Kurangi Stress
    Stres yang terjadi berkelanjutan dapat membahayakan kesehatan mental dan fisik. Seperti diketahui, ketika tubuh mengalami stres otak akan memproduksi hormon kortisol. Jika memiliki hormon kortisol tinggi ini bisa menyebabkan kerusakan pada area yang berhubungan dengan ingatan

Itulah beberapa tips untuk mencegah penyakit Alzheimer. Jika anda memiliki keluarga yang memiliki penyakit Alzheimer dan ingin dirawat dirumah dengan perawat berpengalaman. Anda bisa memesan perawat melalui Website Insan Medika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here