HomeKesehatanSelain Picu Kanker, Berikut 5 Bahaya Kol Goreng

Selain Picu Kanker, Berikut 5 Bahaya Kol Goreng

Kubis atau kol adalah sayuran yang kaya manfaat untuk kesehatan karena mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, B, C dan K bahkan kol juga mempunyai senyawa sulforaphane dan apigenin yang berfungsi untuk menurunkan risiko kanker khususnya kanker payudara.

Selain itu, kol segar juga berkhasiat untuk menyehatkan jantung dan meningkatkan kekebalan tubuh hingga melancarkan saluran pencernaan.

Namun semua itu dapat berubah dan kol dapat berbahaya untuk kesehatan apa bila cara memasaknya yang salah. Banyak ditemukan pedagang pecel lele atau penyetan yang menawarkan kol goreng.

Padahal menggoreng kol dengan suhu tinggi dapat menyebabkan kandungan nutrisi dan vitamin mengalami kerusakan. Bukannya menyehatkan, justru kol goreng dapat memicu berbagai masalah kesehatan seperti berikut.

Baca juga: 5 Manfaat Buah Delima: Cegah Kanker dan Obat Berbagai Penyakit Kronis Lainnya

1. Memicu Kanker

Menggoreng kol menggunakan minyak jelantah dengan suhu tinggi selain merusak kandungan nutrisi pada kubis juga menyebabkan munculnya senyawa amina heterosiklik yang bersifat karsinogenik pemicu sel kanker.

Selain itu, menggoreng kol dapat meningkatkan kandungan radikal bebas meningkat karena penggunaan minyak secara berulang-ulang menyebabkan kol mengalami oksidasi.

2. Risiko penyakit jantung

Tidak adanya kandungan lemak jenuh yang berbahaya pada kol segar sebenarnya sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Namun setelah kol atau kubis digoreng maka dapat membahayakan kesehatan jantung.

Hal tersebut terjadi karena sayuran jenis ini akan menyerap banyak minyak ketika digoreng dengan suhu yang tinggi.

Minyak goreng banyak mengandung lemak jenuh dan kolesterol jahat sehingga tidak baik untuk kesehatan khususnya jantung.

3. Risiko stroke

Kandungan kolesterol jahat pada kol goreng selain berbahaya bagi jantung karena dapat meningkatkan risiko serangan jantung juga memicu penyakit stroke.

Ketika jantung bermasalah dalam memompa darah ke seluruh tubuh khususnya menuju otak maka risiko stroke tidak dapat dihindarkan.

Baca juga: Daftar Makanan Untuk Penderita Stroke Ringan

4. Obesitas

Mengkonsumsi kol goreng terlalu banyak dapat meningkatkan risiko obesitas karena kandungan lemak jenuhnya. Oleh sebab itu, bagi Anda yang sedang menjalankan program diet atau menjaga berat badan diwajibkan tidak mengkonsumsi kol goreng.

5. Menimbulkan kulit berminyak

Ingin mempunyai kulit berseri tanpa minyak dan jerawat? Berhentilah mengkonsumsi kol goreng karena selain tidak ada kandungan nutrisinya lagi juga kol goreng dapat menyebabkan kulit mudah berminyak dan timbul jerawat.


Layanan home care perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat bayi atau anak

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS live-in 24 jam. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

- Advertisement -
Yusuf Dwi Putrahttp://insanmedika.co.id
Jasa home care penyedia layanan kesehatan dengan menghadirkan perawat lansia, perawat medis, perawat orang sakit hingga perawat anak di rumah pribadi pengguna jasa. Home care terbesar di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
Kumpulan 10 Kata-Kata Bijak untuk Perawat yang Sangat Memotivasi

Kumpulan 10 Kata Bijak Yang Sangat Memotivasi untuk Perawat

0
Terlepas dari peran dokter, perawat adalah profesi yang sangat mulia, di tangan dan hatinyalah pasien dapat kembali sehat dan membuat semua orang bahagia. Perawat mempunyai...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care