5 manfaat buah delima
5 manfaat buah delima. (medicalnewstoday.com)

Buah delima (Punica Granutum) atau pomegranate terbukti mempunyai kandungan antioksidan punicalagin yang lebih banyak daripada yang terkandung pada buah anggur atau teh hijau.

Sudah sejak ribuan tahun buah delima dijadikan sebagai obat untuk mengobati dan mencegah berbagai jenis penyakit kronis seperti kanker, alzheimer, diabetes hingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan kesuburan.

Secara keseluruhan, buah delima mempunyai manfaat yang terkandung di dalam buah, biji dan kulit. Pada buah delima mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sedangkan biji dan kulit buah delima dapat dimanfaatkan untuk kecantikan kulit dan menjaga pembuluh darah dari inflamasi yang berbahaya. Lebih lengkap, berikut 5 manfaat buah delima yang wajib Anda ketahui.

Baca juga:

Manfaat buah delima

Untuk mendapatkan manfaat buah delima bagi kesehatan dapat dikonsumsi oleh semua orang, seperti anak-anak, orang dewasa, lansia dan ibu hamil.

Buah delima langsung bisa dimakan dengan mengupas kulit luarnya yang keras atau pun menjadikannya minuman jus.

1. Mencegah berbagai jenis kanker

Beberapa jenis kanker seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker paru dan kanker kulit dapat ditangkal dengan rutin mengkonsumsi buah delima ini.

Dalam sebuah penelitian membuktikan dengan mengkonsumsi jus delima terbukti mampu menghambat pertumbuhan sel kanker sekaligus mencegah pertumbuhan sel kanker secara alami.

Kandungan antioksidan polifenol yang terkandung dalam buah delima dipercaya sebagai obat alami penangkal kanker.

Baca juga: Ternyata Jenis Tumbuhan Bajakah Berikut Ini Yang Dapat Menyembuhkan Kanker

2. Menurunkan risiko penyakit jantung

Hasil dari penelitian menunjukkan penurunan gejala iskemia atau penyempitan pada pembuluh darah pada jantung apa bila rutin minum jus buah delima setiap hari selama tiga bulan.

Bagi seseorang yang mempunyai risiko penyakit jantung koroner sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah delima baik dalam bentuk buah segar atau pun dalam bentuk jus.

Bagi orang yang sehat atau tidak mempunyai risiko penyakit jantung, mengkonsumsi buah delima dapat menyehatkan jantung secara alami.

Antioksidan dan anti-inflamasi pada buah delima mampu mengontrol tekanan darah dan mencegah terjadinya sumbatan pada pembuluh darah.

Baca juga: Wow! Kini Printer 3D Bisa Untuk Mencetak Jantung Manusia

3. Menurunkan tekanan darah (hipertensi)

Tekanan darah atau hipertensi umumnya dialami oleh orang tua atau lansia karena telah mempunyai beberapa kondisi kesehatan yang kurang baik.

Hipertensi dapat meningkatkan risiko risiko serang jantung dan stroke, sehingga penderitanya wajib menjaga asupan makanan yang mampu menurunkan dan mengontrol tekanan darah.

Buah delima dapat diandalkan untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Dalam sebuah penelitian membuktikan apa bila rutin minum jus buah delima secara rutin selama dua minggu maka secara alami terjadi penurunan kadar tekanan darah sistolik.

Lagi-lagi kandungan antioksidan polifenol menjadi obat alami untuk melawan aterosklerosis serta peradangan yang terjadi pada pembuluh darah.

Baca juga: 10 Menu Makanan untuk Penderita Darah Tinggi (Hipertensi)

4. Menurunkan risiko penyakit alzheimer dan demensia

Kedua penyakit tersebut saling berkaitan dan sejauh ini belum ada obat untuk menyembuhkan penyakit neurodegeneratif ini. Lansia atau orang tua yang telah berusia di atas 65 tahun ke atas mempunyai risiko lebih tinggi mengalami alzheimer atau demensia.

Rutin mengkonsumsi buah delima baik secara langsung atau pun dalam bentuk minuman jus terbukti dapat membantu mempertajam memori verbal dan visual.

Penelitian terhadap tikus dengan memberikan minuman jus delima secara rutin terbukti mampu menurunkan dan mencegah terjadinya penumpukan plak amiloid.

Baca juga: Kurangi Risiko Terkena Alzheimer dan Demensia Dengan Konsumsi Jamur Ini

5. Mencegah terjadinya infeksi virus dan bakteri

Tidak hanya bawang putih saja yang dapat mencegah terjadinya infeksi virus dan bakteri di dalam tubuh atau pun luka. Buah delima juga mempunyai kandungan anti-virus dan anti-bakteri.

Beberapa jenis infeksi seperti gingivitis, periodontitis, denture stomatitis hingga kondisi infeksi yang lebih buruk pada ginjal, komplikasi penyakit kardiovaskular hingga infeksi pada vagina pun dapat diatasi dengan rutin mengkonsumsi buah delima.

Baca juga: Benarkah Menginjak Kecoa Dapat Menyebabkan Infeksi Cacing di Kaki? Ini Faktanya!


Layanan home care perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat bayi atau anak

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan berbagai penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat empat layanan profesional keperawatan seperti: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT BAYI/ANAK. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here