Bahaya makan kuning telur
Bahaya makan kuning telur. (medicalnewstoday.com)

Makan kuning telur sama bahayanya seperti merokok yang dapat menyebabkan masalah kesehatan pada jantung dan meningkatkan risiko stroke.

Dr. David Spence dari University of Western Ontario, London menjelaskan bahaya memakan kuning telur terbukti meningkatkan Aterosklerosis atau penebalan dinding arteri seperti yang banyak ditemukan pada para perokok.

Hasil tersebut didapatkan setelah melakukan survei penelitian terhadap 1.231 pria dan wanita menggunakan USG. Sebanyak dua pertiga responden mempunyai peningkatan penumpukan plak karotid di arterinya.

Kuning telur banyak mengandung kolesterol yang dapat menyebabkan munculnya plak pada dinding arteri. Apa bila ini terus terjadi maka dapat menyebabkan plak pecah dan serangan jantung tidak bisa dihindari.

Pembentukan plak terjadi secara bertahap dan waktu yang lama, kuning telur inilah yang menyebabkan proses pembentukan plak menjadi semakin cepat.

Baca juga:

Kandungan telur

Dalam sebutir telur mengandung berbagai jenis nutrisi dan vitamin yang baik untuk tubuh, namun kandungan kalori dan kolesterol pada kuning telur bisa sangat merugikan tubuh.

Kandungan dalam sebutir telur:

  • Kuning telur mengandung sekitar 55 kalori.
  • Putih telur mengandung sekitar 15 kalori.
  • Kuning telur mengandung sekitar 185 mg kolesterol.
  • Kuning telur mengandung sekitar 4,5 mg lemak.
  • Kuning telur mengandung vitamin A, D, E dan K.
  • Kuning telur mengandung sekitar 2,5 gram protein.
  • Kuning telur mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin.
  • Kuning telur mengandung kolin dan folat.

Para ahli gizi tidak menyarankan untuk terlalu sering mengkonsumsi telur terutama kuning telur karena dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh secara drastis.

Bagi penderita penyakit kardiovaskular dan kolesterol tinggi hanya direkomendasikan untuk mengkonsumsi telur tidak lebih dari tiga butir dalam seminggu.

Bahaya kuning telur

Bahaya makan telur setiap hari dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan risiko penyakit jantung

Kandungan tinggi kolesterol pada sebutir telur dapat menyebabkan pembentukan plak pada dinding arteri dan apa bila ini terus terjadi maka plak tersebut akan mengeras sehingga menyebabkan aterosklerosis.

Aterosklerosis adalah kondisi penebalan pada dinding arteri yang disebabkan oleh adanya lemak dan kolesterol berlebih sehingga aliran darah dapat terganggu bahkan tersumbat.

Apa bila aterosklerosis terjadi pada dinding jantung maka dapat menyebabkan penyakit jantung koroner atau jantung iskemik yang mamatikan.

2. Meningkatkan risiko diabetes

Telur mengandung lemak yang dapat memicu penyakit diabetes tipe dua khususnya pada wanita.

Berdasarkan penelitian membuktikan mengkonsumsi telur ayam setiap hari mampu meningkatkan risiko diabetes mencapai 55% pada pria dan 77% pada wanita.

3. Menyebabkan jerawat

Bagi sebagian orang yang mempunyai jerawat pada wajah mereka akan semakin bertambah berjerawat apa bila terlalu sering mengkonsumsi telur.

Beberapa makanan olahan dari daging atau telur mengandung cukup banyak karbohidrat yang dapat menyebabkan peradangan di dalam tubuh.

Akibat adanya peradangan maka kulit akan meningkatkan produksi minyak terutama kulit wajah, hal ini dapat mengundang bakteri dan berisiko menyebabkan jerawat bermunculan.

4. Risiko obesitas

Dalam sebutir telur mengandung sekitar 70 kalori dan 4,5 mg lemak dan apa bila dikonsumsi secara berlebihan dalam sehari sudah pasti akan membuat berat badan meningkat.

Olahan makanan yang mencampurkan telur pada hindangan makanan seperti mi instan baik rebus atau goreng mempunyai kadar kalori yang sangat tinggi.

Disarankan bagi yang sedang menjalani diet untuk tidak mengkonsumsi telur secara belebihan untuk menjaga berat badan tidak naik.

5. Menganggu keseimbangan hormon

Beberapa ayam petelur akan mendapatkan suntikan hormon untuk bisa terus menghasilkan telur. Ayam dapat menurunkan kandungan hormon tersebut ke telurnya.

Mengkonsumsi telur dari ayam yang telah disuntik hormon dapat membuat tubuh mengalami ketidakseimbangan hormon, kadang naik dan kadang turun.


Layanan home care perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat bayi atau anak

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan berbagai penghargaan nasional atau pun internasional. Terdapat empat layanan profesional keperawatan seperti: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT BAYI/ANAK. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here