5 Jenis Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Stroke Ringan

Stroke terjadi ketika kondisi otak tidak mendapatkan asupan oksigen atau aliran darah yang cukup yang diakibatkan oleh adanya sumbatan atau pecahnya pembuluh darah menuju ke otak.

Berbagai jenis stroke yang bisa menyerang siapa saja, mulai dari stroke ringan hingga pecahnya pembuluh darah pada otak yang dapat berakibat fatal.

Setiap pengidap stroke tentu harus memperhatikan pola makan dan jenis asupan yang dikonsumsi. Hal ini untuk menjaga agar stroke ringan tidak berubah ke stadium selanjutnya.

Baca juga: Apa itu Silent Stroke? Berikut Pengertian, Gejala dan Penyebabnya

Menu Makanan untuk Penderita Stroke Ringan

Berikut ini adalah jenis-jenis makanan bagi penderita stroke ringan yang patut Anda ketahui untuk kesehatan yang lebih baik.

1. Sayuran dan Buah-buahan

Sayuran dan Buah-buahan untuk penderita stroke
Sayuran dan Buah-buahan untuk penderita stroke. Credit: freepik.com

Siapa yang tidak pernah memakan sayuran, tumbuhan yang mayoritas berwarna hijau ini banyak ditemukan sebagai bahan utama dalam masakan di setiap rumah.

Terdapat banyak manfaat dari mengkonsumsi sayuran terutama untuk penderita stroke. Beberapa di antarnya adalah sebagai berikut:

Menurunkan Kolesterol

Banyakanya kolesterol yang ada di tubuh sangatlah berbahaya, salah satu penyebab terjadinya serangan jantung dan stroke adalah kolesterol. Kolesterol banyak ditemukan pada makanan dengan bahan utamanya daging dan telur.

Mengkonsumsi sayuran dan buah sangatlah baik karena banyak mengandung asam lemak tak jenus tunggal. Selain itu, sayur banyak mengandung serat yang ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol.

Mencegah Kanker

Telah banyak para peneliti menemukan bahwa dengan mengkonsumi sayur dan buah dapat mengurangi risiko terkena berbagai jenis kanker, baik kanker lambung, usus besar hingga kanker paru-paru.

Pada umumnya sayuran dan buah mengandung fitonutrien seperti antioksidan, karotenoid dan flavonoid yang akan melawan sel kanker seperti yang telah dijelaskan di atas

Menurunkan tekanan darah

Mengkonsumsi sayur dan buah bisa dilakukan saat seseorang menjalani program diet. Dalam sebuah penelitian menemukan mengkonsumsi sayur dan buah mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Hal tersebut tentu sangat baik untuk penderita stroke guna mengontrol tekanan darah yang mengalir ke otak.

2. Oatmeal atau Olahan Gandum

Oatmeal dan Olahan Gandum untuk penderita stroke
Oatmeal dan Olahan Gandum untuk penderita stroke. Credit: freepik.com

Oatmeal atau olahan dari bahan utama kandum mengandung banyak nutrisi, kalori, protein dan lemak. Kandungan dari oatmeal atau olahan gandum berkasiat untuk memenuhi egergi ke tubuh yang dapat membantu penyerapan vitamin dan menjaga persediaan carian dalam tubuh hingga memperbaiki sel jaringan dan struktur tubuh.

Oatmeal atau olahan gandum dapat dijadikan untuk menggantikan nasi sebagai pemenuhan karbohidrat dan serat yang sangat mudah untuk dicerna. Selain itu olahan biji gandum banyak mengandung serat untuk membantu penyerapan kolesterol yang terkandung dalam darah.

Selain itu biji gandum sangat rendah gula yang bagus untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Dalam setiap cangkir oatmeal mengandung hingga 6 gram protein yang bagus untuk metabolisme tubuh

Oalahan gandum juga bisa berupa roti yang banyak mengandung serat, karbohidrat, vitamin E, protein, omega 3 hingga asam folat. Manfaat dari kandungan roti gandum yaitu omega tiga adalah untuk meningkatkan peremajaan sel-sel pada otak. Walau oatmeal atau roti gandum sangat bagus untuk penderita stroke, namun tetap perhatikan olahan gandum yang mempunyai sidikit kalori

3. Beras Merah

Beras Merah makanan untuk penderita stroke
Beras merah makanan untuk penderita stroke. Credit: freepik.com

Beras merah banyak terdapat manfaat yang bagus untuk penderita stroke karena beras merah mengandung selenium yang berguna mencegah stroke kembali. Selain itu, beras merah banyak mengandung antioksidan, mangan dan serat.

Kandungan mangan dalam beras merah bekerja untuk membantu proses sintesis pada lemak tubuh dan mengaktifkan sistem sarah. Sedangkan serat yang terkandung dalam beras merah berfungsi untuk mempermudah pencernaan dalam tubuh.

4. Ikan Salmon

Olahan ikan salmon sangat bagus untuk penderita stroke
Olahan ikan salmon sangat bagus untuk penderita stroke. Credit: freepik.com

Seorang penderita stroke tentu banyak pantangan dalam mengkonsumsi sebuah makanan, tidak terkecuali dalam bentuk daging atau ikan. Tentu makanan yang dikonsumsi terasa membosankan, namun ikan salmon bisa menjadi solusinya.

Olahan ikan salmon bermanfaat untuk mengendalikan kandungan kolesterol dalam darah karena ikan salmon banyak mengandung omega 3, DHA dan EPA.

Manfaat yang terkandung dalam ikan salmon tersebut dibutuhkan oleh penderita stroke untuk melindungi sistem pembuluh darah, menghindari pembekuan darah pada jantung.

5. Kacang-Kacangan

Kacang-Kacangan untuk penderita stroke
Kacang-Kacangan untuk penderita stroke. Credit: freepik.com

Kacang banyak mengandung kalsium, kalium, magnesium dan vitamin E yang bermanfaat untuk melindungi pembuluh darah pada jantung dari timbunan plak.

Salah satu jenis kacang yang bagus untuk penderita stroke adalah kacang almond, jenis kacang ini bermanfaat untuk mengontrol kolesterol dalam tubuh.

Selain itu, kacang-kacangan terdapat anti oksidan untuk menangkal radikal bebas yang menyebabkan peradangan atau kanker pada pengidap stroke.

Cari Perawat Orang Stroke?

Cari perawat spesialis untuk merawat penderita stroke? Langsung pilih perawat sesuai dengan profilnya di website Insan Medika.

Perawat berpengalaman dan mempunyai standarisasi terbaik di Indonesia. Telah banyak merawat ribuan pasien di rumah dengan berbagai penghargaan baik nasional atau pun Internasional.

Jadilah satu dari ribuan orang yang beruntung mendapatkan informasi seputar kesehatan setiap hari secara gratis seumur hidup dengan memasukkan email di bawah ini.

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here