HomeMakanan10 Menu Makanan untuk Penderita Darah Tinggi (Hipertensi)

10 Menu Makanan untuk Penderita Darah Tinggi (Hipertensi)

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah serius seperti serangan jantung dan stroke. Penderita hipertensi wajib menerapkan gaya hidup dan pola makan yang sehat agar tidak terjadi komplikasi berbahaya.

Penderita hipertensi umunya tidak menyadari akan penyakit “silent killer” ini karena gejala yang ditimbulkannya samar atau bahkan tidak terlihat sama sekali selama bertahun-tahun. Baca juga: Apa itu Silent Stroke? Berikut Pengertian, Gejala dan Penyebabnya

Beberapa faktor seseorang dapat terkena hipertensi bisa disebabkan oleh usia, genetik (keturunan), jenis kelamin dan ras. Namun, ada pula faktor-faktor lain seperti jarang melakukan aktivitas fisik dan kebiasaan mengkonsumsi makanan pemicu tekanan darah tinggi.

Jarang atau tidak pernah melakukan olahraga dapat menyebabkan obesitas atau kegemukan, apa bila ini tidak di atas maka berbagai penyakit siap menerkap.

Agar hidup terhindar dari penyakit kronis, maka mulailah untuk melakukan gaya hidup dan konsumsi makanan yang dapat mencegah terjadinya hipertensi.

Berikut menu makanan penurun darah tinggi dengan cepat yang patut Anda konsumsi.

Baca juga:

Makanan penurun darah tinggi

Berbagai tumbuhan atau sayuran yang sudah disediakan oleh alam mengandung berbagai manfaat ajaib. Beberapa diantaranya ampuh untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

1. Bawang putih

Bawang putih untuk menurunkan tekanan darah tinggi
Bawang putih untuk menurunkan tekanan darah tinggi. (wikipedia.org)

Sudah tidak diragukan lagi jika salah satu bumbu dapur ini sangat ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara alami. Allium sativium sudah digunakan sejak berabad-abad silam untuk mengobati berbagai penyakit keras yang salah satunya adalah hipertensi.

Kandungan minyak Dialil trisulfida pada bawang putih terbukti mampu melindungi jantung. Selain itu, bawang putih juga bisa meningkatkan jumlah oksida nitrat yang ada di dalam tubuh.

Oksida nitrat di dalam tubuh bermanfaat untuk membuat vasodilatasi atau pelebaran arteri sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya tekanan darah.

2. Buah beri-berian (berry)

Buah berry untuk penderita darah tinggi
Buah berry untuk penderita darah tinggi. (thestar.com)

Kandungan senyawa flavonoid yang banyak ditemukan pada buah beri-berian (berry) seperti blueberry dalam sebuah penelitian membuktikan senyawa tersebut ampuh untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah terjadinya hipertensi.

Dewasa ini telah banyak penjual makanan yang menawarkan menu buah-buahan (salad) dengan harga yang terjangkau. Mintalah penjual untuk memberikan buah berry seperti blueberry, rasberry atau stroberry dalam menu yang dipesan.

Selain itu, Anda dapat membuat sendiri menu makanan untuk penderita darah tinggi dengan memasukkan buah berry ke dalam sereal untuk sarapan atau pun disimpan dalam keadaan beku.

3. Buah pisang

Pisang untuk penderita darah tinggi
Pisang untuk penderita darah tinggi. (hsph.harvard.edu)

Buah pisang mengandung karbohidrat, vitamin c, potasium, kalium dan serat yang baik untuk tubuh. Daripada menggunakan suplemen untuk mendapatkan kandungan pisang seperti yang sudah disebutkan, sebaiknya mengkonsumsi pisang.

Kandungan potasium alami dalam buah pisang ampuh untuk menstabilkan tekanan darah dan mencegah lonjakan tekanan darah yang tinggi.

Anda dapat memberikan pisang langsung kepada penderita hipertensi atau pun diolah menjadi bentuk lain seperti salad buah atau mencapurkan irisan pisang ke dalam sereal.

4. Buah delima

Delima untuk penderita darah tinggi
Delima untuk penderita darah tinggi. (myjewishlearning.com)

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Plant Foods for Human Nutrition memaparkan jika mengkonsumsi buah delima dalam bentuk jus setiap hari selama empat minggu maka akan terjadi penurunan tekanan darah.

Kandungan kalium dan polifenol dalam buah pomegranate ini dipercaya kuat sebagai penyebab hal tersebut dapat terjadi. Dalam pembuatan minuman jus penurun darah tinggi yang menggunakan buah delima ini dilarang menambahkan gula karena dapat mengurangi kasiatnya.

5. Ikan

Ikan untuk penderita darah tinggi
Ikan untuk penderita darah tinggi. (1zoom.me)

Beberapa jenis ikan seperti ikan trout dan ikan salmon yang mempunyai kandungan vitamin D dan asam lemak omega 3 sangat baik untuk dijadikan menu makanan penurun darah tinggi dan kolesterol.

American Heart Association berpendapat mengenai kandungan vitamin D dan omega 3 yang banyak ditemukan pada ikan dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan membantu menurunkan tekanan darah secara alami.

Cara memasak ikan-ikan tersebut wajib meniadakan tambahan garam dan lebih baik lagi apa bila dipepes daripada digoreng atau pun dibakar.

6. Minyak zaitun