Kesehatan untuk Lansia
5 Tips Kesehatan untuk Lansia Agar Terhindar Dari Berbagai Penyakit Kronis. (Rawpixel.com)

Insan Medika – Lanjut usia (lansia) adalah bagian yang pasti dihadapi oleh setiap orang, baik pria atau pun wanita akan merasakan bagaimana hidup dengan berbagai masalah kesehatan.

Fisik tidak lagi kuat dan sempurna seperti saat muda, begitu pula akan mengalami penurunan hingga gangguan mental. Untuk menjaga fisik dan mental tetap prima saat masa senja, setiap orang harus melakukan kegiatan fisik dan makan makanan yang seimbang.

Seseorang dikatakan lansia ketika telah memasuki usia 60 tahun ke atas, berdasarkan sensus tahun 2010 diperkirakan pada tahun 2025 Indonesia mengalami kenaikan jumlah penduduk berusia tua sebanyak 414% atau sebanyak 36 juta jiwa.

Banyaknya jumlah penduduk lansia di Indonesia tersebut mengharuskan pemerintah membuat kebijakan yang komprehensif. Berdasarkan UU No. 36 tahun 2009 tentang kesehatan, upaya pemeliharaan kesehatan bagi lanjut usia harus ditujukan untuk menjaga agar mempunyai hidup sehat dan produktif secara sosial maupun ekonomis.

Masalah kesehatan yang banyak menyerang lansia amatlah banyak dan kronis, mulai dari penyakit stroke, diabetes, jantung, paru-paru, alzheimer, gangguan mobilitas hingga demensia.

Tak jarang banyak lansia harus masuk ke ruang operasi dan mendapatkan perawatan secara intensif di rumah sakit untuk menyembuhkan penyakit kronis yang dialami.

Hadirnya perawat lansia, perawat medis dan perawat orang sakit saat ini dapat menjadi solusi terbaik untuk menjalani pendampingan dan perawatan pasca operasi di rumah pribadi.

Lalu bagaimana cara hidup sehat dan terhindar dari berbagai penyakit kronis di usia senja? Berikut 5 tips hidup sehat bagi lansia yang dapat diterapkan sejak dini.

Baca juga: Tips Memilih dan Mencari Perawat Lansia Agar Tidak Salah Pilih

1. Menerapkan Pola Makan Sehat

Acap kali pola makan sehat sering diabaikan oleh kebanyakan masyarakat saat ini. Apa lagi oleh anak-anak muda dan orang dewasa yang sering mengkonsumsi makanan cepat saji mengandung banyak, lemak, gula dan minim nutrisi.

Walau rasanya yang nikmat, ternyata fast food mempunyai segudang masalah untuk kesehatan. Berbagai macam penyakit seperti diabetes, obesitas, kolesterol, tekanan darah tinggi hingga serangan jantung.

Mempunyai kesehatan yang prima saat tua dapat dimulai dengan mengatur pola makan yang sehat saat muda. Berikut makanan yang harus dikonsumsi sejak dini:

  • Konsumsi sayur-sayuran
  • Rutin makan buah-buahan segar
  • Konsumsi makanan berprotein tinggi
  • Konsumsi makanan kaya akan vitamin B12, asam folat, seng dan kalsium

Mulai menghentikan mengkonsumsi makanan ringan terutama yang mengandung banyak gula apa lagi minuman berenergi.

2. Memulai Pola Hidup Sehat

Sama pentingnya dengan mengatur pola makan sehat, setiap orang harus memulai untuk menerapkan pola hidup sehat sejak dini. Pola hidup sehat adalah upaya untuk membantu meningkatkan dan menjaga kesehatan seseorang.

Memulai pola hidup sehat membutuhkan kedisiplinan dan ketekunan untuk menjalaninya. Tidak jarang orang sering melupakan kesehatannya dengan melakukan kegiatan yang merugikan tubuh. Hindari untuk melakukan hal-hal berikut ini:

  • Merokok
  • Mengkonsumsi minuman keras
  • Begadang

Tiga hal di atas sangat merugikan kesehatan tubuh, untuk mencapai pola hidup yang sehat latihlah sejak dini. Pasalnya kesehatan adalah segalanya, kesehatan tidak ada yang instan dan harus diciptakan dengan niat yang kuat.

3. Lakukan Check-up Kesehatan

Mengetahui informasi mengenai kesehatan sejak dini adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan di usia senja. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sejak dini mengenai risiko penyakit kronis.

Menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Tebet, dr Asril Bahas SpPD, K-P, K-Ger dalam wawancaranya bersama Liputan6 mengatakan “Ketika memasuki usia 40 hingga 50 tahun, sebaiknya rutin melakukan pemeriksaan kesehatan setiap tahun. Apa lagi kalau sudah usia 60 tahun ke atas atau lansia, sebaiknya pemeriksaan kesehatan dilakukan dua kali dalam setahun,” terangnya.

4. Olahraga Fisik

Banyak olahraga fisik yang bisa dilakukan oleh lansia, mulai dari latihan kelenturan, keseimbangan, kekuatan hingga aerobik seperti berlari atau berjalan yang dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Hindari untuk terlalu lama duduk atau tidak melakukan aktivitas setiap harinya, hal tersebut dapat mengundang berbagai keluhan kesehatan mulai dari berkurangnya mobilitas yang mengakibatkan obesitas dan faktor risiko kronis lainnya.

Olahraga walau hanya beberapa menit dalam sehari telah membantu untuk menjaga kesehatan dan mengurangi risiko penyakit kronis lansia. Hal yang harus diperhatikan oleh lansia adalah menjaga berat badan agar tidak berlebihan.

Timbulnya lonjakan berat badan erat kaitannya dengan pola makan dan aktivitas fisik, oleh sebab itu memperhatikan kedua hal ini sangat penting untuk tetap sehat di usia yang tidak lagi muda.

5. Kelola Stress

Umumnya stress banyak melanda orang yang masih muda dan aktif untuk bekerja, namun stress juga umum ditemukan pada lansia. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat stress pada lansia adalah sebegai berikut:

  • Kondisi kesehatan fisik. Banyak anggota tubuh yang mengalami penurunan fungsi, seperti: penurunan penglihatan, pendengaran, sistem paru-paru hingga masalah pada tulang persendian.
  • Kondisi psikologis. Pola pikir dan pengambilan keputusan sangat bertanggung jawab terhadap ketenangan hati untuk mengendalikan stress.
  • Faktor keluarga. Keluarga harusnya menjadi sumber positif bagi lansia, hindari untuk menimbulkan konflik keluarga. Mulailah membangun situasi yang positif untuk menjauhkan stress pada lansia.
  • Lingkungan dan pekerjaan. Beberapa lansia masih dapat bekerja di usia senja, walau begitu banyak hal yang akan menjadi beban pikiran hingga menimbulkan stress. Kondisi fisik dan produktifitas yang menurun hingga semakin menyempitnya lingkungan sosial mempengaruhi tingkat stress yang harus dihadapi oleh lansia.

Itulah 5 tips tentang kesehatan lansia untuk tetap hidup sehat dan terhindar dari berbagai penyakit kronis di usia lanjut. Hidup sehat adalah pilihan dan hak untuk semua orang, maka mulailah untuk memilih dan menjalani pilihan tersebut.

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here