Kanker Paru-paru
Penjelasan kanker paru-paru dan faktor risikonya. (Pharmacyincity.com)

Kanker paru-paru adalah munculnya kondisi sel ganas pada paru-paru yang tak dapat dikontrol. Ada pun dua jenis kanker paru-paru, yaitu kanker paru-paru sel kecil dan kanker paru-paru bukan sel kecil.

Penyebab utama kanker paru-paru sangat dipengaruhi oleh gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok. Merokok terbukti menyumbang 80-90% risiko terkena kanker paru-paru.

Walau demikian, asap tembakau tidak hanya menjadi faktor utama munculnya kanker paru, banyak hal yang mempengaruhi seseorang dapat terkena kanker paru-paru.

Seperti yang dialami oleh Sutopo Purwo Nugroho sebagai kepala Pusat Data Informasi dan Humas (Kapusdatin) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang harus melawan kanker paru-paru walau ia tidak merokok.

Seperti yang disampaikan oleh adik ipar Sutopo, “Pak Sutopo itu sebenarnya hidupnya sehat, dia tidak pernah merokok juga,” dikutip dari Tribunnews.com (7/7).

Baca juga: Waspada! Sayur dan Buah Terpapar Pestisida Dapat Meningkatkan Penyakit Ini Hingga 80%

Gejala Kanker Paru-Paru

Sering kali munculnya sel kanker paru-paru tidak disadari oleh pengidapnya mengingat gejalanya yang mirip dengan penyakit medis lainnya.

Sebanyak 10% pasien kanker paru-paru terlambat untuk menyadari jika dirinya mempunyai penyakit kanker paru-paru. Bahkan beberapa pasien baru divonis kanker paru-paru setelah stadium 3 atau 4.

Sedangkan ketika seseorang telah mengalami kanker paru-paru pada stadium 3 atau 4 sudah sulit untuk disembuhkan, hal ini yang menyebabkan harapan sembuh pasien kanker paru-paru sangat kecil.

Padahal jika pasien dapat mengetahui sejak dini adanya sel ganas pada paru-paru akan mempunyai harapan sembuh hingga 40-50% dan dapat hidup sampai dengan 5 tahun ke depan.

Gejala-Gejala yang Timbul Akibat Kanker Paru-Paru

  • Napsu makan hilang
  • Berat badan turun tiba-tiba
  • Demam
  • Mudah lelah berkepanjangan
  • Batuk kronis hingga batuk darah secara terus menerus
  • Nyeri dada dan tulang secara konstan
  • Sesak napas

Faktor Risiko Munculnya Kanker Paru-paru

Kanker paru-paru disebabkan oleh apa saja? Berikut adalah 5 faktor risiko kanker paru-paru yang harus diperhatikan untuk meminimalisir munculnya sel kanker.

1. Perokok Aktif

Sudah sangat jelas rokok menjadi faktor risiko paling utama dari munculnya sel kanker paru-paru. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pasien kanker paru-paru didominasi oleh para perokok aktif.

Berdasarkan data dari International Agency for Reaserch on Cencer (IARC) tahun 2012 mengungkapkan bahwa sebanyak 25.322 orang mengidap kanker paru-paru akibat rokok.

2. Perokok Pasif

Perokok pasif harus menerima risiko terkena kanker paru-paru dari asap tembakau yang dihasilkan oleh perokok aktif.

Dikutip dari Kompas.com bahwa setiap tahun setidaknya ada 7.000 orang dewasa meninggal akibat kanker paru-paru karena menjadi perokok pasif.

3. Asbes Atap Rumah

Siapa yang menyangka jika asbes yang umum digunakan sebagai atap sebuah bangunan ini mempunyai sisi yang sangat mengerikan.

Berdasarkan laporan dari VICE mengungkapkan jika zat karsinogen yang terdapat pada asbestos disebut ilmuwan sangat berbahaya terhadap nyawa manusia.

Dikutip dari Detik Health bahwa terlalu banyak mengirup serat asbes dan zat karsinogen dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru yang lebih besar dibandingkan dengan asap rokok.

4. Polusi Udara

Polusi udara yang ditimbulkan oleh gas buang kendaraan dan industri ikut menyumbang risiko kanker paru-paru secara signifikan. Kualitas udara di Jakarta yang belakangan sangat buruk dapat berbahaya untuk kesehatan.

Dikutip dari Cancer.org bahwa para peneliti menemukan polusi udara terbukti menyumbang 5% kematian yang diakibatkan oleh kanker paru-paru.

Baca juga: Udara Jakarta Berbahaya untuk Kesehatan? Warpadai Kanker Paru-Paru

Faktor Genetik

Riwayat salah seorang anggota keluarga dengan kanker paru-paru mempunyai andil cukup besar untuk mewariskan penyakit ini. Hal ini yang menyebabkan faktor genetik harus menjadi perhatian sejak dini.

Setidaknya 8-14% penderita kanker paru-paru mendapatkan risiko lebih besar yang disebabkan adanya kombinasi gen.

Dapatkan layanan home care terbaik di Indonesia dari Insan Medika dengan menghadirkan perawat profesional dan berpengalaman. Harga transparan dan garansi unlimited. Pesan sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here