7 Cara Berikut Ini Ampuh Mengatasi dan Meningkatkan Nafsu Makan

0
987
Cara tepat Menambah nafsu makan
Cara tepat Menambah nafsu makan

Nafsu makan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor baik secara psikologi dan kesehatan. Ketika seseorang merasa bahagia, senang dan tidak terbebebani apa pun dapat menyantap semua makanan dengan lahap.

Berbeda dengan orang yang sedang mengalami sakit hati, stress dan sedang mengalami masalah kesehatan, untuk merasakan sesuap makanan saja rasanya tidak ingin.

Hilangnya nafsu makan dapat memengaruhi massa tubuh atau berat badan menjadi menurun. Penurunan berat badan inilah yang sering disebut dengan kurus atau kerempeng.

Mempunyai tubuh kurus tidak hanya disebabkan oleh hilangnya nafsu makan. Beberapa orang kurus malah mempunyai nafsu makan yang sangat bagus.

Bagaimana cara menambah nafsu makan untuk menaikkan berat badan dengan efektif dan tetap sehat?

Baca juga:

1. Pelihara kesehatan tubuh

Kesehatan tubuh sangat berpengaruh terhadap tingginya nafsu makan. Faktanya orang dengan kesehatan yang baik dapat menerima berbagai jenis makan, namun orang dengan kesehatan yang buruk cenderung pemilih.

Memelihara kesehatan untuk menjaga nafsu makan dapat dengan rutin melakukan olahraga, hidup bersih dan berpikir positif.

Sejauh ini belum ada makanan penambah nafsu makan untuk orang sakit. Maka jagalah kesehatan agar tetap mempunyai nafsu makan yang baik.

2. Kelola stress dan ciptakan mood yang baik

Saat suasana hati senang maka makan pun akan lahap, berbeda hal ketika sedang stress atau timbul mood yang jelek. Buatlah suasana yang menyenangkan seperti menyantap makanan bersama anggota keluarga atau dengan kekasih.

Hindari melakukan obrolan yang dapat menyebabkan nafsu makan hilang seperti perdebatan yang alot. Lebih baik menciptakan guyonan yang ringan.

2. Rutin melakukan sarapan

Mempunyai metabolisme tubuh yang baik dapat menjaga dan meningkatkan nafsu makan. Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan metabolisme tubuh adalah dengan rutin sarapan di pagi hari.

Rutin melakukan sarapan sebelum melakukan aktifitas dapat menciptakan efek termogenesis pada tubuh. Efek ini sangat bagus untuk proses pembakaran kalori, semakin banyak kalori yang terbakar maka semakin besar pula nafsu makannya.

3. Lebih sering makan dalam porsi kecil

Bukan seberapa banyak makanan yang dapat kamu makan namun seberapa sering kamu dapat makan. Umumnya orang makan tiga kali sehari dalam porsi yang besar. Hal ini menyebabkan perut kenyang dan tak nafsu makan lagi.

Agar nafsu makan tetap terjaga di waktu makan selanjutnya, maka makanlah dalam porsi yang sedikit namun sering. Ubah waktu dan pola makan yang biasanya tiga kali sehari, menjadi 4 atau 6 kali sehari dalam porsi sedikit namun sering.

4. Tambahkan camilan di antara jam makan

Salah satu cara termudah untuk meningkatkan berat badan secara cepat adalah dengan sering ngemil. Ya, camilan yang sehat seperti buah-buahan, roti dan kacang-kacangan di antara jam makan sangat efektif untuk meningkatkan berat badan dan menciptakan nafsu makan yang baik.

5. Kurangi makanan berserat

Makanan yang banyak mengadung serat justru akan membuat perut merasa kenyang lebih banyak. Hal ini yang menyebabkan nafsu makan tak kunjung datang walau sudah waktunya makan.

Konsumsilah makanan yang mempunyai cukup banyak serat seperti sayuran, buah dan gandum dalam porsi yang seimbang agar perut tak cepat merasa kenyang.

6. Konsumsi Vitamin penambah nafsu makan

Terkadang beberapa orang harus dibantu dengan suplemen atau vitamin untuk menciptakan nafsu makan. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi suplemen yang terpercaya dan aman untuk dikonsumsi.

Beberapa vitamin atau suplemen yang bisa didapatkan di apotik mengadung zinc, tiamin, echinacea dan minyak ikan dipercaya ampuh untuk menciptakan rasa lapar tapi tidak selera makan.

7. Minum sedikit air sebelum dan setelah makan

Meminum cukup banyak air dapat membuat perut menjadi penuh, ini akan menciptakan rasa kenyang yang menipu. Sehingga otak akan beranggapan jika perut sudah mendapatkan asupan makanan.

Agar nafsu makan tetap terjaga dengan baik, sebaiknya jangan mengkonsumsi banyak air pada saat sebelum dan setelah makan. Bukan berarti kamu tidak boleh minum ya.


Itulah 7 cara meningkatkan nafsu makan jika malas makan yang dapat kamu coba. Jika tidak ada perubahan sama sekali, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter.

Beberapa keluhan hilangnya nafsu makan dapat dipengaruhi oleh kesehatan tubuh yang serius seperti adanya gangguan pada organ tubuh hingga munculnya kanker.

Butuh layanan home care visit untuk merawat orang tercinta di rumah tanpa harus masuk rumah sakit? Gunakan jasa home care Insan Medika. Penyedia layanan jasa perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat bayi/anak berkebutuhan khusus. Pesan sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here