Makanan yang dilarang untuk golongan darah o
Makanan yang dilarang untuk golongan darah o. (farmhousethai.com)

Setiap orang tentu mempunyai makanan favorit atau makanan kesukaan, terlepas dari apa pun jenis golongan darahnya. Namun tahu kah kamu jika setiap golongan darah yang dimiliki semua orang ternyata mempunyai aturan lho.

Sebagian orang dengan golongan darah tertentu memiliki risiko gangguan kesehatan seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, asam lambung, gangguan pencernaan dan gangguan peradangan jika tidak mengatur pola makan yang tepat.

Dr Peter J. D’Adamo seorang dokter naturapath dalam bukunya yang berjudul Eat Right 4 Your Type menuliskan bahwa setiap jenis darah dapat bereaksi secara kimia terhadap makanan yang dikonsumsi.

Menurut dokter yang mencetuskan teori Blood Group Diet atau diet golongan darah tersebut menjelaskan bahwa setiap golongan darah akan mengacu kepada jenis antigen atau protein yang terdapat pada sel darah merah dan plasma.

Garis besarnya adalah setiap golongan darah akan memengaruhi dalam menentukan proses metabolisme tubuh seseorang. Lalu, jenis makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi oleh orang dengan golongan darah O?

Berikut 10 makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh orang golongan darah O.

Baca juga: Selalu Gagal Diet? Yuk Coba Buah Plum

1. Gandum

pantangan makanan golongan darah o
Pantangan makanan golongan darah o – Gandum

Makanan dari olahan gandum ternyata dapat meningkatkan produksi asam lambung dan mengganggu sistem pencernaan. Namun bukan berarti orang dengan golongan darah O tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan dari bahan dasar gandum.

Jika mempunyai riwayat makanan yang menyebabkan alergi dari makanan berbahan dasar gandum, sebaiknya tidak mengkonsumsi jenis makanan ini.

2. Kacang-kacangan

pantangan makanan golongan darah o
Pantangan makanan golongan darah o – Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang mete, kacang merah atau kacang hijau ternyata dapat menimbulkan masalah pada sistem pencernaan khususnya bagi orang dengan golongan darah O.

3. Daging asap

pantangan makanan golongan darah o
Pantangan makanan golongan darah o – Daging asap

Tidak hanya gandum dan kacang-kacangan saja yang dapat menganggu sistem pencernaan pada orang dengan golongan darah O. Daging asap pun juga dapat menyebabkan pencernaan sulit untuk mencerna jenis daging ini.

4. Strawberry

pantangan makanan golongan darah o
Pantangan makanan golongan darah o – Strawberry

Rasanya yang manis agak asam dari buah strawberry ternyata dapat meningkatkan produksi asam lambung dan menimbulkan sensasi tidak nyaman pada perut seperti rasa nyeri.

Batasi jumlah untuk mengkonsumsi buah strawberry ini agar asam lambung tidak naik ya.

5. Kopi

pantangan makanan golongan darah o
Pantangan makanan golongan darah o -Kopi

Kopi adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi rasa kantuk yang menyerang. Namun bagi golongan darah o harap diperhatikan ya karena kopi dapat meningkatkan tekanan darah yang hebat.

6. Terong

pantangan makanan golongan darah o
Pantangan makanan golongan darah o -Terong

Sering makan terong entah dibuat sayur atau sambal? Bagi orang dengan golongan darah O sebaiknya pertimbangkan lagi ya. Terong ternyata dapat meningkatkan produksi kadar insulin pada pankreas sehingga dapat berisiko mengganggu metabolisme tubuh.

7. Kubis

pantangan makanan golongan darah o
Pantangan makanan golongan darah o – Kubis

Mulai sekarang, perhatikan lagi jenis sayur yang dapat meningkatkan produksi insulin dan mengganggu produksi hormon tiroid ya. Salah satu sayur tersebut adalah kubis.

8. Jamur

pantangan makanan golongan darah o
Pantangan makanan golongan darah o – Jamur

Siapa sih yang tidak suka makan jamur apa lagi dibuat jadi jamur crispy atau jamur pepes. Uuuh… Nikmat. Eits jangan senang dulu. Bagi kamu yang mempunyai golongan darah O harus menahan diri untuk tidak terlalu sering mengkonsumsi olahan dari jamur ini ya.

Pasalnya golongan darah O mempunyai karakteristik sulit untuk membeku dan memisahkan racun yang terkandung dalam jamur dari dalam tubuh secara alami lho.


Selain menjaga kesehatan dengan menerapkan pola makan yang sehat, orang dengan golongan darah O juga wajib untuk rutin melakukan olahraga apa lagi saat sedang menjalani program diet.

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah mendapatkan berbagai penghargaan dari dalam dan luar negeri. Saat ini tersedia empat layanan home care untuk Anda, yaitu: Perawat Medis, Perawat Orang Sakit, Perawat Lansia dan Perawat Bayi/Anak. Dapatkan penawaran menarik dengan melakukan pemesanan layanan home care hari ini. Pesan sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here