7 Cara Cepat Melatih Anak Agar Dapat Bicara Lancar Sejak Dini

0
863
Cara agar anak cepat bicara lancar
Cara agar anak cepat bicara lancar. (raisingchildren.net.au)

Cara paling efektif untuk menyampaikan informasi adalah dengan berbicara, begitu pula dengan anak-anak yang sedang berlatih untuk berbicara dengan orang lain seperti ayah atau ibu.

Umumnya anak usia 6 bulan sudah dapat berbicara walau belum mengucapkan suatu kata yang bermakna. Jika hal ini terus dilatih maka anak akan cepat untuk mengikuti dan mengucapkan suatu kata yang tepat dan bermakna.

Perkembangan otak anak pada masa awal kelahiran sudah sangat pesat, bahkan sejak ia berusia 0 bulan pun sudah tertarik dengan sebuah suara, nada, mencari sumber suara bahkan hingga menirukan suara tersebut.

Baca juga:

Tahapan anak mulai belajar berbicara berdasarkan usia

  • Usia 0-4 bulan. Anak sudah mempunyai ketertarikan dengan sumber suara, nada musik, bahkan sudah bisa menirukan suara walau kurang jelas.
  • Usia 4-6 bulan. Anak sudah dapat berceloteh atau berkata-kata walau belum sepenuhnya mempunyai arti dan makna.
  • Usia 6-12 bulan. Anak sudah dapat berbicara dengan intonasi yang lebih tinggi bahkan menjerit.
  • Usia 12-18 bulan. Anak sudah dapat memahami sebuah bahasa, mengumpulkan kosa kata dan berbicara lebih banyak.
  • Usia 18-30 bulan.Anak sudah dapat merangkai sebuah kata dan mengucapkannya meski dengan kalimat yang pendek. Ia pun sudah dapat bercerita dan menjawab sebuah pertanyaan.

Peran orang tua dalam melatih bicara anak

Tidak bisa dipungkiri bahwa peran orang tua seperti ayah dan ibu sangat berpengaruh terhadap proses bicara anak. Semakin intens orang tua dalam berinteraksi dengan anak, maka anak pun akan lebih cepat dan lancar berbicara.

Meski begitu, Anda tidak boleh memaksa anak untuk wajib bisa bicara pada usia tertentu sesuai dengan perkembangan anak pada umumnya. Konsultasikan kepada dokter apa bila anak Anda mengalami kesulitan berbicara.

Biarkan anak berlatih berbicara sesuai dengan kemampuannya sendiri, sebagai orang tua cukup dengarkan dan ketika sang anak sudah selesai berbicara maka mulai membenarkan kata-kata yang kurang tepat lalu minta anak untuk mengucapkannya.

7 cara melatih anak agar cepat bicara

1. Matikan televisi dan hindarkan anak dari gawai

Cara melatih bicara anak sejak dini agar cepat bicara lancar
Cara melatih bicara anak sejak dini agar cepat bicara lancar dengan mematikan tv dan menghindarkan anak dari gawai

Alat elektronik seperti televisi (TV), gawai atau tablet dapat memengaruhi kecepatan anak dalam berbicara. Beberapa anak yang terlalu sering menonton tayangan televisi akan mengalami keterlambatan dalam berbicara.

Ketika anak menonton televisi atau bermain dengan gawai maka ia akan sedikit berbicara dan fokus untuk menyaksikan apa yang ada di depannya.

Hal inilah yang mengganggu proses belajar bicara anak sejak dini. Usahakan untuk mematikan televisi dan menjauhkan gawai ketika berinteraksi dengan anak, ajak anak untuk fokus terhadap obrolan kalian.

Dengan begitu, anak akan lebih terbiasa berbicara dan mendengarkan dua arah, tidak seperti menonton tv atau bermain gawai.

Baca juga: 10 Dampak Negatif Smartphone Bagi Anak

2. Lakukan interaksi berbicara dengan anak

Cara melatih bicara anak sejak dini agar cepat bicara lancar
Cara melatih bicara anak sejak dini agar cepat bicara lancar dengan melakukan interaksi bicara dengan anak

Anda sudah dapat untuk memberikan kata-kata yang positif dan bagus untuk anak meski pun ia baru berusia 0 bulan. Dalam tahap ini, perkembangan otak anak akan sangat pesat.

Ia sudah dapat merekam dan menangkap berbagai suara yang orang lain ucapkan meski pun sesekali ia tidak tertarik dengan apa yang Anda ucapkan.

3. Membacakan cerita atau dongeng

Cara melatih bicara anak sejak dini agar cepat bicara lancar
Cara melatih bicara anak sejak dini agar cepat bicara lancar dengan membacakan cerita atau dongeng

Meski anak Anda belum menginjak usia 6 bulan ke atas dan ia belum dapat berbicara, tidak ada salahnya untuk membacakan sebuah cerita atau dongeng.

Bacakanlah cerita rakyat atau dongeng yang memuat banyak gambar, usahakan untuk menunjuk sebuah gambar dan beri tahu nama dari gambar tersebut.

Misal gambar hewan sapi, maka tunjuk dan sebut namanya. Akan lebih baik jika dibarengi dengan suara hewan tersebut. Membacakan cerita atau dongeng sejak dini dapat meningkatkan minat baca anak terhadap buku.

4. Ajak berbicara dengan beberapa bahasa

Cara melatih bicara anak sejak dini agar cepat bicara lancar
Cara melatih bicara anak sejak dini agar cepat bicara lancar dengan mengajak bicara menggunakan beberapa bahasa

Otak anak sangat luar biasa bahkan dapat mengingat sebuah kata yang kita berikan kepadanya hingga ia dewasa sekali pun. Pada tahap ini sangat baik untuk memberikan dan melatih bicara anak dengan beberapa bahasa.

Anda dapat melatih bicara anak dengan bahasa lokal, bahasa nasional atau bahkan bahasa asing seperti Bahasa Inggris atau Bahasa Arab. Berikan kata-kata yang singkat dan mudah untuk diucapkan sang anak.

Melatih dan mengajari anak berbicara menggunakan berbagai bahasa tidak harus menunggu anak dapat berbicara, Anda dapat melakukannya bahkan ketika anak baru bisa mengucapkan kata-kata tak bermakna seperti “ba ba” “ma ma” dan sejenisnya sekali pun.

5. Ajak anak untuk bermain dan komunikasi

Cara melatih bicara anak sejak dini agar cepat bicara lancar
Cara melatih bicara anak sejak dini agar cepat bicara lancar dengan mengajak bermain dan berkomunikasi

Beberapa anak mempunyai keterlambatan berbicara karena jarang diajak berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain. Salah satu cara yang paling menyenangkan dan mudah untuk dilakukan adalah mengajak anak bermain sambil belajar.

Kegiatan bermain ini akan menciptakan suasana yang menyenangkan dan anak pun akan mudah untuk diajak bersosial dengan orang lain. Buatlah diri Anda sebagai teman terbaik saat bermain dengan anak. Tunjukkan ketertarikan Anda terhadap mainan-mainan Anda.

6. Putarkan sebuah lagu dan ajak anak untuk bernyanyi bersama

Cara melatih bicara anak sejak dini agar cepat bicara lancar
Cara melatih bicara anak sejak dini agar cepat bicara lancar dengan memutar lagu dan bernyanyi bersama

Pada dasarnya anak sudah dapat mendengarkan musik meski masih di dalam perut sang ibu. Musik mempunyai energi yang positif dan mampu untuk menimbulkan rasa emosional seperti riang dan gembira sang anak.

Putarkanlah lagu-lagu khusus anak baik dengan Bahasa Indonesia, bahasa lokal atau pun bahasa asing seperti Bahasa Inggris. Ajak anak untuk bernyanyi bersama atau bahkan menari bersama.

7. Ulangi kata-kata yang sama

Cara melatih bicara anak sejak dini agar cepat bicara lancar
Cara melatih bicara anak sejak dini agar cepat bicara lancar dengan mengulangi kata-kata yang sama

Terkadang anak terkendala terhadap kata yang ingin ia ucapkan dan bahkan lupa kata tersebut. Maka Anda dapat membantunya untuk berbicara kata tersebut meski pun berulang-ulang.

Mengulangi sebuah kata-kata yang sama ketika anak masih balita atau anak belum fasih berbicara pun sangat bagus. Ucapkan kata-kata positif seperti “sayang”, “love atau cinta”, “pintar”,”cantik atau ganteng” dan sejenisnya.

Pilihlah kata-kata yang sederhana dan umum digunakan dalam sehari-hari maka anak akan cepat untuk dapat berbicara lancar kata-kata tersebut dengan benar dan sesuai dengan tempatnya.


Itulah 7 cara melatih bicara anak yang dapat Anda coba dan praktikan kepada sang buah hati. Anak-anak adalah peniru ulung, maka gunakanlah kata dan perilaku yang baik di depan anak.

Jika anak mempunyai keterbatasan maka segera konsultasikan kepada dokter, semakin cepat penanganan yang dilakukan maka semakin terbuka lebar pengobatan yang dilakukan.

Jika Anda tidak mempunyai waktu yang banyak untuk anak-anak, Anda dapat menggunakan layanan home care Perawat Bayi dan Anak dari para bidan profesional di Insan Medika. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas.

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan berbagai penghargaan dari dalam dan luar negeri. Tersedia empat layanan berkelas yang dapat Anda gunakan, yaitu: Perawat Medis, Perawat Orang Sakit (Non Medis), Perawat Lansia, Perawat Bayi/Anak. Dapatkan penawaran spesial khusus pemesanan hari ini.* Pesan sekarang!

Baca juga:

[os-widget path=”/moreinsan/jika-butuh-bunda-pilih-menggunakan-layanan-baby-sitter-atau-perawat-bayi-anak”]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here