Obat diabetes alami untuk menurunkan gula darah
Obat diabetes alami untuk menurunkan gula darah. (health.harvard.edu)

Pengertian Diabetes

Diabetes (Diabetes melitus) adalah sebuah penyakit kronis menaun disebabkan oleh tingginya kadar gula darah (glukosa) yang mana penyakit ini belum bisa disembuhkan.

Ada pun cara pengobatan yang dilakukan selama ini adalah dengan menjaga kesetabilan gula darah dan mencegah terjadinya komplikasi penyakit lain.

Gula darah yang tidak dapat diserap baik oleh tubuh lambat laun akan menumpuk dan menyebabkan berbagai gangguan pada organ tubuh dan menimbulkan penyakit kronis lainnya (komplikasi).

Pada orang yang mempunyai kesehatan prima, glukosa dibutuhkan oleh tubuh untuk mendapatkan sumber energi. Namun pada penderita diabetes, hal ini tidak bisa karena terdapat gangguan pada pankreas penghasil hormon insulin.

Insulin dibutuhkan untuk mengendalikan gula darah dan mengatur penyerapan glukosa menjadi energi sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Panduan aman mengkonsumsi obat diabetes alami/herbal

Pengidap penyakit diabetes tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kadar gula dan lemak, seperti minuman atau makanan manis dan daging merah.

Tidak ada obat yang berhasil untuk menyembuhkan diabetes, obat-obatan yang digunakan hanya untuk menjaga dan mengendalikan kadar gula saja.

Begitu pula dengan obat diabetes alami yang banyak ditemukan pada buah-buahan atau sayuran. Tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa mengkonsumsi buah atau sayur tertentu dapat menyembuhkan penyakit gula ini.

Beberapa obat herbal bagi satu orang belum tentu cocok dengan penderita diabetes lainnya, harap diwaspadai sebelum mencoba mengkonsumsi obat diabetes dalam bentuk herbal, sebaiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.

Kesalahan mengkonsumsi obat diabetes alami dapat berakibat fatal dan sangat tidak aman untuk semua orang terutama bagi penderita komplikasi seperti jantung, kanker, hipertensi dan sejenisnya.

5 Obat diabetes alami

Alam telah memberikan segalanya untuk kebaikan tubuh, tidak terkecuali bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di dapur. Beberapa tumbuhan di bawah ini disinyalir mampu mengendalikan dan menurunkan kadar gula darah.

Berikut 5 bahan alami untuk penderita diabetes.

1. Lidah buaya

Jika selama ini lidah buaya lebih banyak digunakan untuk merawat rambut dan kulit, ternyata hasil penelitian membuktikan bahwa tumbuhan dengan julukan aloe vera ini mampu untuk menurunkan kadar gula darah puasa (GDP) secara alami.

Tidak hanya itu, kandungan alami pada lidah buaya seperti lektin, mannans dan antrakuinou bisa digunakan untuk mengobati luka yang diakibat oleh diabetes.

Cara menggunakan lidah buaya sebagai obat diabetes alami adalah dengan mengkonsumsi ekstrak lidah buaya yang dapat ditemukan di apotek.

Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui manfaat dan efek samping yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi ekstrak lidah buaya dalam jangka panjang.

2. Bawang merah

Mengkonsumsi bawang merah mentah sebanyak 100 gram setiap hari disinyalir dapat menurunkan gula darah, hal ini dibuktikan setelah para ahli melakukan penelitian yang melibatkan penderita diabetes tipe 1 dan 2.

Dugaan para ahli sementara adalah kandungan bawang merah mampu meningkatkan produksi hormon insulin yang dibutuhkan tubuh untuk mengontrol kadar gula darah.

Meski begitu, masih ditubuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan dugaan tersebut.

3. Jintan hitam atau habbatussauda

Hasil penelitian pada hewan membutkikan kandungan antioksidan pada jintan hitam mampu untuk mengendalikan kadar gula darah puasa, kadar gula darah setelah makan dan kadar HbA1c dalam tubuh.

Tidak hanya itu, habbatussauda yang mempunyai kandungan antioksidan thymoquinone juga terbukti dapat memperbaiki produksi sekresi insulin dalam pankreas.

Dibutuhkan penelitian lebih lanjut agar jintan hitam mampu dikategorikan sebagai obat diabetes alami kepada manusia.

4. Kunyit

Mengkonsumsi kunyit minimal 300 miligram per hari terbukti mampu menurunkan kadar glukosa sebanyak 18% dan tidak hanya itu saja, jika rutin dikonsumsi setidaknya selama 9 bulan terbukti mencegah dibates tipe 2.

Para ahli mengatakan jika kandungan antioksidan pada kunyit ini ampuh untuk mencegah munculnya penyakit komplikasi diabetes.

5. Ginseng

Sebuah penelitian yang diterbitkan di American Journal of Chinese Medicine mengungkapkan jika ginseng ampuh sebagai obat diabetes alami, kandungan senyawa aktif yang terdapat pada tumbuhan asal Korea ini mampu untuk membantu mengatur penyerapan gula darah.

Mengkonsumsi ginseng dengan rutin dapat menurunkan kadar gula puasa (GDP), gula darah setelah makan dan gula darah HbA1c (gula darah 3 bulan terakhir) secara bervariasi tergantung dari jumlah senyawa aktif pada ginseng yang dikonsumsi.

Walau begitu, masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut dari para ahli. Konsultasikan kepada dokter Anda sebelum mengkonsumsi ginseng sebagai obat dibates alami.

Pola hidup dan makan sehat

Hal yang paling penting untuk menjaga kesehatan agar tidak timbul komplikasi diabetes adalah dengan menerapkan pola hidup dan makan yang sehat.

1. Mengkonsumsi makanan sehat

Harap untuk diperhatikan dalam mengkonsumsi makanan, hindari untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak dan tinggi gula.

Jenis makanan apa saja yang dapat dikonsumsi bagi penderita diabetes?

  • Karbohidrat kompleks seperti nasi merah, oatmeal, roti dan biji-bijian
  • Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman manis
  • Sayuran tanpa melalui proses digoreng
  • Daging tanpa lemak tanpa melalui proses digoreng
  • Buah-buahan
  • Kacang-kacangan
  • Susu rendah lemak
  • Ikan

Saat menerapkan pola makan diatas, harapannya dapat menjaga berat badan seimbang, menekan gula darah agar tidak melonjak dan mencegah berbagai penyakit kronis yang berujung komplikasi.

2. Mulai rutin olahraga

Penderita diabetes diharuskan untuk rutin melakukan olahraga setiap hari minimal 30 menit sehari. Tidak harus melakukan olahraga berat, mulailah untuk berjalan, bersepeda, berenang, senam atau menjalankan hobi yang melibatkan mobilitas fisik.

Olahraga pada penderita diabetes dilakukan untuk menjaga berat badan, memperkuat kenerja jantung dan paru-paru hingga membantu insulin dalam mengontrol gula darah.

Lakukan olahraga di pagi hari setelah sarapan, jika kadar gula rendah kurang dari 100-200 dapat mengkonsumsi apel atau segelas susu untuk mensetabilkan kadar gula darah.

3. Lakukan tes gula darah setiap hari

Sebelum melakukan aktivitas di pagi hari, sebaiknya lakukan tes gula darah. Hal ini sangat penting mengingat jika kadar gula darah terlalu rentah atau terlalu tinggi maka dapat mengatur ulang rencana aktivitas dan jenis-jenis makanan.

Tingkat kadar gula normal adalah darah 70-130 mg/dL sebelum makan dan akan menjadi kurang dari 180 mg/dL setelah dua jam makan. Setelah delapan jam puasa maka kadar gula darah akan menjadi 100 mg/dL lalu pada saat malam hari berubah menjadi 100-140 mg/dL sebelum tidur.

4. Minum obat dan suntik insulin tepat waktu

Walau belum ada obat yang berhasil menyembuhkan penyakit diabetes, penderita diabetes harus menjalani pengobatan dengan rutin mengkonsumsi obat yang telah diresepkan oleh dokter.

Tujuan melakukan pengobatan dan suntik insulin tepat waktu adalah untuk menjaga kadar gula darah agar tidak terlalu rendah dan terlalu tinggi, selain itu juga untuk mencegah timbulnya penyakit komplikasi.

Anda membutuhkan layanan home care untuk merawat orang sakit diabetes di rumah secara live-in 24 jam dari para perawat profesional? Insan Medika mempunyai empat layanan utama, yaitu: Perawat Medis, Perawat Orang Sakit (Non Medis), Perawat Lansia, Perawat Bayi/Anak. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here