Cara memasak mie instan yang baik dan sehat
Cara memasak mie instan yang baik dan sehat. (bangkokpost.com)

Siapa yang tidak pernah merasakan nikmatnya mie instan, kiranya semua orang pernah merasakan lezatnya makanan yang dapat disajian dengan cepat dan mudah ini.

Aroma dari mie instan ketika dimasak dan disajikan saja sudah bikin orang yang menciumnya jadi ngiler, inilah makanan sejuta umat yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia.

Dalam laporan yang diterbitkan oleh World Instan Noodles Association tahun 2017, Indonesia didaulat sebagai negara kedua setelah China dalam urusan menyantap mie instan.

Beberapa orang menganggap bahwa mengkonsumsi mie instan terlalu sering akan berdampak pada kesehatan tubuh, apakah hal tersebut benar?

Dalam sebungkus mie instan terdapat bahan pengawet dan beberapa bahan seperti MSG dan natrium yang cukup tinggi sehingga berbahaya untuk orang tubuh.

Baca nanti: 4 Menu Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Lansia. Nomor 3 Bahaya!

Risiko terlalu sering mengkonsumsi mie instan

Berdasarkan penelitian dari seorang ahli gizi mengungkapkan jika dalam satu sajian mie instan mengandung tinggi lemak, natrium dan kalori yang sulit dicerna oleh tubuh.

10 risiko terlalu sering mengkonsumsi mie instan:

  1. Gegemukan (obesitas)
  2. Meningkatkan risiko kanker
  3. Meningkatkan risiko batu ginjal
  4. Meningkatkan tekanan darah tinggi
  5. Meningkatkan risiko keguguran pada ibu hamil
  6. Gangguan terhadap sistem pencernaan
  7. Berisiko merusak jaringan otak
  8. Menimbulkan kencing manis
  9. Berpengaruh terhadap siklus menstruasi pada wanita
  10. Menghambat penyerapan nutrisi

Meski pun begitu, mie instan tetap aman untuk dikonsumsi secara tepat.

Agar tetap dapat mengkonsumsi mie instan dengan aman dan sehat tanpa menghilangkan kelezatannya, maka dapat melakukan cara memasak mie instan berikut ini.

Cara memasak mie instan secara sehat dan lezat

Bagaimana cara mengkonsumsi mi instan dengan sehat tanpa menghilangkan rasa khas dari mi instan itu sendiri?

Banyak cara untuk menikmati mie instan secara sehat dan lezat, berikut 4 tips memasak mi instan dengan cara sehat dan enak.

1. Ganti air rebusan mie yang pertama

Banyak orang yang menggunakan air rebusan mie instan yang pertama untuk langsung dihidangkan bersama dengan mie dan bumbunya.

Hal inilah yang sangat tidak sehat, oleh sebab itu gantilah air rebusan yang pertama dengan air rebusan selanjutnya untuk menghilangkan bahan pengawet yang ada pada mie instan.

2. Tambahkan sayuran

Selain untuk menambahkan kandungan nutrisi yang sehat untuk tubuh, menambahkan sayuran dalam hidangan mie instan juga dapat memberikan tambahan gizi.

Beberapa sayuran seperti daun sawi, daun bayam, wortel, kacang polong, jagung dan bawang merah dapat memberikan antioksidan dan melezatkan sajian mie instan.

3. Tambahkan telur atau daging

Sebagai bahan tambahan untuk menambah kelezatan mie instan dapat dengan memberikan telur rebus atau daging.

Selain lezat, telur dan daging dapat membuat perut lebih kenyang lebih lama.

4. Kurangi atau tidak menggunakan bumbu mie instan

Membuat mie instan dengan bumbu bawaannya memang sungguh nikmat, namun kandungan dalam bumbu inilah yang tidak baik untuk tubuh bahkan mengancam ginjal.

Kandungan natrium dalam bumbu mie instan setara dengan 63% dari dosis garam harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Artinya dalam sebungkus bumbu mie instan sama saja dengan memasukkan sesendok garam langsung ke tubuh.

Padahal setiap hari tubuh hanya mampu menerima asupan natrium sebanyak 2.300 miligram saja, sedangkan dalam sebungkus bumbu mie instan bisa sampai 1.500 miligram.


Insan Medika adalah perusahaan layanan home care terbaik di Indonesia dengan menghadirkan empat layanan utama, yaitu: Perawat Medis, Perawat Orang Sakit (Non Medis), Perawat Lansia dan Perawat Bayi/Anak Berkebutuhan Khusus. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here