HomeIbu dan BayiKenali Ciri-Ciri Anak Menelan Benda Asing dan Begini Cara...

Kenali Ciri-Ciri Anak Menelan Benda Asing dan Begini Cara Mengatasinya

Dalam tumbuh kembang bayi akan diwarnai dengan berbagai tingkat laku lucu nan menggemaskan, pada tahap pertumbuhan ini anak akan mempunyai rasa ingin tahu yang sangat besar.

Tak ayal, bayi sering memegang lalu menelan apa saja yang dapat ia pegang dan masukkan ke mulut. Hal ini tentu berbahaya, menemani dan mengawasi setiap aktivitas sang anak harus dilakukan oleh orang tua.

Jauhkan berbagai benda asing yang dapat membahayakannya seperti baterai, magnet, kancing baju, kelereng, mainan kecil dari plastik bahkan anting atau perhiasan dan sejenisnya.

Jika lengah sedikit saja maka anak dapat menelan benda-benda kecil tersebut lalu menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Lantas apa yang harus dilakukan ketika balita sudah terlanjur menelan benda asing? Berikut 5 tindakan yang harus dilakukan untuk mengatasi bayi tak sengaja menelan benda-benda berbahaya.

Baca nanti: Berikut Cara Tepat Mengatasi Bayi Cegukan Paling Jitu & Pencegahannya

Mengenali ciri-ciri bayi menelan benda asing

Sebelum mengambil tindakan, pastikan terlebih dahulu bahwa bayi atau anak benar-benar menelan benda asing, jika benda ditelan adalah benda padat dan berbahaya, segera bawa ke rumah sakit!

Beberapa benda asing dapat keluar melalui fases bayi, namun harap pertahatikan dan segera ambil tindakan jika anak mengalami ciri-ciri di bawah ini:

  • Bayi tersendak dan kesulitan bernafas.
  • Bayi mengalami batuk dan nafas berbunyi.
  • Muntah dan anak akan berusaha memuntahkan sesuatu.
  • Selalu meneteskan air liur.
  • Timbul sakit dada.
  • Nafsu makan hilang dan enggan untuk makan.
  • Sakit perut.
  • Mengalami demam tinggi

Jika ragu dan mencurigai anak telah menelan benda asing, maka segera bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan pertama sehingga tidak menimbulkan dampak lebih buruk.

Lakukan Heimlich Maneuver

Jika Anda melihat bayi atau anak menelan sesuatu dan sudah terlanjut masuk ke tenggorokan maka lakukan Heimlich Maneuver sesegera mungkin.

Lakukan sesuai pada gambar di bawah ini.

Cara mengeluarkan benda asing yang ditelan anak
Cara mengeluarkan benda asing yang ditelan anak. (healthlibrary.uchospitals.edu)

Pada kasus yang parah mungkin anak akan kehilangan kesadarannya, jika hal ini terjadi segera lakukan Cardiopulmonary Resuscitation (CPR) atau nafas buatan dan segera bawa ke Unit Gawat Darurat (UGD).

Jika tindakan ini dapat memunculkan sedikit benda asing keluar dari tenggorokan sang anak, maka Anda dapat berusaha mengambil benda tersebut menggunakan jari.

Jangan pernah memasukkan jari Anda ke mulut anak ketika benda asing yang ditelan tidak terlihat pada tenggorokan.

Jauhkan baterai dan magnet

Banyak benda asing yang sangat berbahaya bagi anak ketika tertelan misalnya baterai dan magnet.

Baterai yang tertelan dapat tersangkut di esofagus dan menimbulkan luka yang serius seperti terbakar dalam waktu dua jam saja.

Tidak hanya kedua benda asing tersebut saja, harap jauhkan anak dari benda-benda yang dapat ia telan seperti tablet, sabun, koin, benda berkarat dan lain sebagainya.

Lebih baik mencegah dari pada mengobati, betul? Yuk selalu awasi kegiatan sang buah hati agar tidak terjadi insiden bayi atau anak menelan benda asing.


Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS live-in 24 jam. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

- Advertisement -
Yusuf Dwi Putrahttp://insanmedika.co.id
Jasa home care penyedia layanan kesehatan dengan menghadirkan perawat lansia, perawat medis, perawat orang sakit hingga perawat anak di rumah pribadi pengguna jasa. Home care terbesar di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
Kumpulan 10 Kata-Kata Bijak untuk Perawat yang Sangat Memotivasi

Kumpulan 10 Kata Bijak Yang Sangat Memotivasi untuk Perawat

0
Terlepas dari peran dokter, perawat adalah profesi yang sangat mulia, di tangan dan hatinyalah pasien dapat kembali sehat dan membuat semua orang bahagia. Perawat mempunyai...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care