Ciri-ciri dan cara mengeluarkan benda asing ketika tertelan oleh anak
Ciri-ciri dan cara mengeluarkan benda asing ketika tertelan oleh anak. (happiesbaby.com)

Dalam tumbuh kembang bayi akan diwarnai dengan berbagai tingkat laku lucu nan menggemaskan, pada tahap pertumbuhan ini anak akan mempunyai rasa ingin tahu yang sangat besar.

Tak ayal, bayi sering memegang lalu menelan apa saja yang dapat ia pegang dan masukkan ke mulut. Hal ini tentu berbahaya, menemani dan mengawasi setiap aktivitas sang anak harus dilakukan oleh orang tua.

Jauhkan berbagai benda asing yang dapat membahayakannya seperti baterai, magnet, kancing baju, kelereng, mainan kecil dari plastik bahkan anting atau perhiasan dan sejenisnya. Jika lengah sedikit saja maka anak dapat menelan benda-benda kecil tersebut lalu menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Lantas apa yang harus dilakukan ketika balita sudah terlanjur menelan benda asing? Berikut 5 tindakan yang harus dilakukan untuk mengatasi bayi tak sengaja menelan benda-benda berbahaya.

Baca nanti: Berikut Cara Tepat Mengatasi Bayi Cegukan Paling Jitu & Pencegahannya

Mengenali ciri-ciri bayi menelan benda asing

Sebelum mengambil tindakan, pastikan terlebih dahulu bahwa bayi atau anak benar-benar menelan benda asing, jika benda ditelan adalah benda padat dan berbahaya, segera bawa ke rumah sakit.

Beberapa benda asing dapat keluar melalui fases bayi, namun harap pertahatikan dan segera ambil tindakan jika anak mengalami ciri-ciri di bawah ini:

  • Bayi tersendak dan kesulitan bernafas
  • Bayi mengalami batuk dan nafas berbunyi
  • Muntah dan anak akan berusaha memuntahkan sesuatu
  • Selalu meneteskan air liur
  • Timbul sakit dada
  • Nafsu makan hilang dan enggak untuk makan
  • Sakit perut
  • Mengalami demam tinggi

Jika ragu dan mencurigai anak telah menelan benda asing, maka segera bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan pertama sehingga tidak menimbulkan damak buruk.

Lakukan Heimlich Maneuver

Jika Anda melihat bayi atau anak menelan sesuatu dan sudah terlanjut masuk ke tenggorokan maka lakukan Heimlich Maneuver sesegera mungkin.

Lakukan sesuai pada gambar di bawah ini.

Cara mengeluarkan benda asing yang ditelan anak
Cara mengeluarkan benda asing yang ditelan anak. (healthlibrary.uchospitals.edu)

Pada kasus yang parah mungkin anak akan kehilangan kesadarannya, jika hal ini terjadi segera lakukan Cardiopulmonary Resuscitation (CPR) atau nafas buatan dan segera bawa ke Unit Gawat Darurat (UGD).

Jika tindakan ini dapat memunculkan sedikit benda asing keluar dari tenggorokan sang anak, maka Anda dapat berusaha mengambil benda tersebut menggunakan jari.

Jangan pernah memasukkan jari Anda ke mulut anak ketika benda asing yang ditelan tidak terlihat pada tenggorokan.

Jauhkan baterai dan magnet

Banyak benda asing yang sangat berbahaya bagi anak ketika tertelan misalnya baterai dan magnet. Baterai yang tertelan dapat tersangkut di esofagus dan menimbulkan luka yang serius seperti terbakar dalam waktu dua jam saja.

Tidak hanya kedua benda asing tersebut saja, harap jauhkan anak dari benda-benda yang dapat ia telan seperti tablet, sabun, koin, benda berkarat dan lain sebagainya.

Lebih baik mencegah dari pada mengobati, betul? Yuk selalu awasi kegiatan sang anak agar tidak terjadi kecelakaan bayi menelan benda asing.


Home care Insan Medika adalah perusahaan terbaik dalam bidang jasa penyediaan layanan keperawatan, seperti: Perawat Medis, Perawat Orang Sakit (Non Medis), Perawat Lansia dan Perawat Bayi/Anak. Seluruh perawat telah berpengalaman dan berlatar belakang pendidikan kesehatan, seperti SMK Kesehatan, D3 Kebidanan dan S1 Keperawatan. Hubungi sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here