Jenis, gejala dan pengobatan kanker tulang
Jenis, gejala dan pengobatan kanker tulang

Kanker tulang adalah sebuah tumor yang muncul pada bagian atau dalam tulang. Beberapa tumor dapat berubah menjadi kanker ganas yang kemudian disebut dengan kanker tulang dan kanker jinak atau tumor tulang jinak.

Kanker tulang terbentuk akibat adanya gangguan duplikasi DNA tulang atau pertumbuhan sel tulang yang abnormal.

Kanker tulang dapat menyerang di seluruh bagian tubuh, namun banyak kasus kanker tulang terjadi pada tulang kaki, tulang tangan, tulang pinggul, dan tulang panggul.

Sejauh ini kanker tulang tergolong ke penyakit langka, hal ini terlihat dari data yang memaparkan bahwa kasus kanker tulang hanya sebesar 1% dari total kasus kanker yang pernah ada.

Namun harap diwaspadai akan serangan kanker tulang ini, pasalnya kanker tulang sangat sulit untuk dideteksi dan disembuhkan. Bahkan banyak kasus berakhir dengan amputasi pada bagian tubuh yang terserang kanker.

Baca nanti:

Jenis-Jenis Kanker Tulang

Kanker tulang digolongkan atas lima jenis yang mana setiap jenis mempunyai gejala dan metode penyembuhan yang berbeda-beda.

Berikut 5 jenis kanker tulang yang harus kamu ketahui:

1. Kanker tulang Osteosarcoma

Kanker jenis ini tergolong ke penyakit kanker tulang primer yang mana tumor ganas akan muncul pertama kali pada jaringan tulang.

Kanker tulang osteosarcoma lebih banyak menyerang pada anak-anak hingga remaja yang mempunyai usia antara 9-10 tahun dan sering terjadi pada laki-laki daripada perempuan.

Pertumbuhan sel kanker osteosarcoma lebih banyak ditemukan pada tulang panjang seperti tulang kaki dan tulang tangan.

2. Kanker tulang Chondrosarcoma

Kasus terjadinya kanker tulang chondrosarcoma banyak terjadi pada kelompok orang dengan usia di atas 40 tahun ke atas, namun tidak menutup kemungkinan bahwa kanker jenis ini dapat terjadi pada orang yang berusia kurang dari 20 tahun.

Pertumbuhan sel kanker chondrosarcoma banyak menyerang pada bagian tulang hubung atau tulang rawan, seperti tulang pinggul, tulang paha dan tulang bahu atau panggul.

3. Kanker tulang Ewing Sarcoma Family of Tumors (ESFT)

Lebih banyak kasus kanker tulang jenis Ewing Sarcoma terjadi pada orang yang berusia antara 10-20 tahun, namun orang yang berusia di atas 20 tahun tetap dapat terkena penyakit langka ini.

Munculnya kanker tulang Ewing sarkoma ditenggarai oleh adanya unsur-unsur pada jaringan saraf primitif. Dikutip dari Henestdocs.id “Para ilmuan menduga ewing sarkoma berasar dari unsur-unsur jaringan sarah primitif (sel mesenkimal saat di dalam kandungan.”

Kanker tulang ini dapat tumbuh dengan cepat (ganas) atau lambat yang terjadi pada tulang punggung, tulang panggul, tulang kaki atau paha dan tulang lengan.

4. Kanker tulang Fibrosarcoma

Sel kanker tulang fibrosarcoma dapat tumbuh dengan cepat pada tulang jarang seperti tulang lutut bagian belakang. Pada banyak kasus ditemukan jenis tumor ini tergolong ke jenis tumor jinak, walau beberapa ada yang bersifat ganas.

Kanker tulang fibrosarcoma sangat sulit untuk dihilangkan, pasalnya ia dapat tumbuh kembali setelah diangkat atau dioperasi.

5. Kanker tulang Chordoma

Tidak banyak kasus terjadinya kanker tulang jenis chordoma, jika pun terjadi umumnya menyerang orang dewasa yang mempunyai usia di atas 30 tahun.

Pertumbuhan sel kanker tulang chordoma termasuk lambat dan banyak ditemukan pada tulang tengkorak, tulang belakang bagian atas dan bawah.

Stadium kanker tulang

Kasus kanker tulang akan dibagi ke dalam 4 tahapan stadium, yaiut:

  • Stadium I. Kemunculan sel kanker pada tulang dan belum menimbulkan gejala.
  • Stadium II. Sel kanker mulai tumbuh ke bagian luar tulang dan dapat menimbulkan gejala.
  • Stadium III. Kanker tulang mulai menyebar ke jaringan tulang di sekitarnya dan menimbulkan rasa yang tidak nyaman.
  • Stadium IV. Kanker tulang tidak hanya berada pada jaringan tulang saja melainkan sudah menyebar ke bagian organ tubuh.

Gejala Kanker Tulang

Mengetahui lebih dini mengenai penyakit kanker tulang dapat meningkatkan potensi penyembuhan lebih baik dan dapat meminimalisir tindakan amputasi.

Berikut ciri-ciri kanker tulang yang patut Anda curigai jika merasakan salah satu atau beberapa gejala di bawah ini.

1. Timbul rasa nyeri pada tulang

Salah satu tanda orang mempunyai kanker tulang adalah munculnya nyeri tulang yang tiba-tiba dan sulit diobati. Pada tahap ini banyak penderita kanker tidak menyadari jika dirinya mengalami kanker tulang.

Walau demikian, tidak semua nyeri pada tulang disebabkan oleh adanya kanker tulang. Segera konsultasikan ke dokter ketika mengalami nyeri tulang yang tak kunjung sembuh.

Rasa nyeri akan muncul pada bagian dalam tulang atau regio tulang yang terserang kanker, contohnya: tulang punggung, tulang pinggul, tulang lengan, tulang kaki dan bagian tulang lainnya.

Rasa nyeri akan semakin terasa ketika malam hari dan ketika tulang digunakan atau ketika disentuh.

2. Terjadi bengkak pada area tulang yang nyeri

Muncul bengkak atau benjolan pada area tulang yang nyeri, hal ini menandakan jika sel kanker mulai tumbuh dan menimbulkan rasa yang semakin tidak nyaman.

Selain timbul bengkak atau benjolan juga akan dibarengi dengan peradangan kemerahan. Rasa yang sangat tidak nyaman akan semakin terasa ketika kanker tulang terjadi pada persendian, hal ini juga akan menyebabkan kesulitan menggerakkan sendi-sendi tulang.

3. Mengalami patah tulang

Sampai tahap ini tulang akan kehilangan kepadatan dan kekuatannya, hingga rentan terjadi patah tulang khususnya pada tulang penyangga seperti tulang kaki.

Rasa nyeri dan timbulnya benjolan juga ikut memperparah keadaan.

4. Mengalami gangguan saraf

Tumbuhnya tulang secara tidak normal yang disebabkan oleh adanya tumor ganas berupa kanker tulang ini akan memengaruhi keadaan saraf.

Jika kanker muncul pada bagian tulang belakang maka dapat menyebabkan saraf terhimpit sehingga menimbulkan rasa kebas, kesemutan hingga kelemahan tulang.

Tak hanya itu, kanker tulang juga dapat menyebar ke bagian organ tubuh lainnya seperti paru-paru yang dapat menimbulkan gejala sulit bernapas.

Pengobatan Kanker Tulang

Semakin cepat penanganan kanker tulang maka semakin besar kemungkinan sembuh dari penyakit ini. Berdasarkan kasus kanker tulang setidaknya sebanyak 70% akan sembuh setelah lima tahun mendapatkan tindakan medis oleh dokter.

Selain itu angka harapan untuk hidup juga bertambah antara 5-10 tahun setelah mendapatkan tindakan yang tepat sejak pertama kali didiagnosis.

Pemberian obat kanker tulang untuk menghilangkan atau mengangkat kanker tulang dilihat dari lokasi, stadium dan kondisi kesehatan pasien.

Secara umum pengobatan kanker tulang dapat dilakukan seperti:

1. Operasi

Tindakan operasi untuk melakukan pengangkatan tulang pada bagian yang terserang kanker dapat dilakukan jika kanker belum menyebar ke luar tulang.

Prosedur operasi ini akan mengganti tulang yang terkena kanker dengan tulang buatan dari logam dan membiarkan otot, pembuluh darah dan saraf tetap ada.

2. Amputasi

Tindakan amputasi dilakukan ketika kanker tulang telah menyebar ke luar tulang, hal yang akan dilakukan adalah memotong atau mengangkat bagian tubuh termasuk oto, pembuluh darah dan saraf.

3. Kemoterapi

Kemoterapi dilakukan setelah pasien kanker tulang menjalani operasi, yang mana tindakan ini berfungsi untuk mengembalikan fungsi organ tubuh yang diangkat.

Kemoterapi dapat dilakukan dengan cara menyuntikkan obat antikanker ke pembuluh darah.

4. Radiasi atau radioterapi

Prosedur pengobatan kanker tulang menggunakan terapi radiasi menggunakan sinar X dilakukan sebelum pasien menjalani operasi dengan tujuan untuk menyusutkan sel kanker.

Radioterapi menggunakan sinar radiasi tinggi ini akan dilakukan sebanyak 5 kali dalam seminggu, setiap sesi akan memakan waktu hanya beberapa menit.

5. Cryosurgery

Tindakan untuk mengobati kanker tulang dengan teknik cryosurgery tanpa perlu melakukan tindakan operasi.

Menggunakan nitrogen cair yang berfungsi untuk membekukan sel kanker dan mematikan pertumbuhannya. Tindakan ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar.


Punya keluhan kesehatan seperti sakit kanker, diabetes, stroke dan sejenisnya? Kini hadir layanan home care yang siap mendatangkan perawat profesional ke rumah Anda. Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang mempunyai 4 layanan utama, yaitu Perawat Medis, Perawat Orang Sakit (Non Medis), Perawat Lansia dan Perawat Bayi/Anak. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here