Penyebab dan cara mengatasi sakit perut di pagi hari
Penyebab dan cara mengatasi sakit perut di pagi hari

Pernahkah kamu bertanya “Mengapa setiap bangun tidur pagi perut terasa sakit?”. Ternyata tidak sedikit orang yang mengalami sakit perut di pagi hari.

Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pasti pernah merasakan sakit perut melilit atau mulas setelah bangun tidur atau setelah sarapan. Al hasil harus pergi ke toilet untuk Buang Air Besar (BAB) sebelum berangkat sekolah atau kerja.

Sakit perut ketika bangun tidur disebabkan oleh adanya masalah pada pencernaan yang disebut dengan irritable bowel syndrome atau sindrom iritasi usus.

Pada keadaan normal makanan akan mengalami penghalusan di lambung terlebih dahulu sebelum akhirnya diteruskan ke bagian lain melalui usus.

Adanya sindrom iritasi usus inilah yang menyebabkan makanan yang ada di lambung untuk segera melewati usus padahal proses penghalusan makanan belum sempurna.

Faktanya usus manusia mempunyai sensifitas sangat tinggi sehingga mudah mengalami gangguan yang menjadi salah satu penyebab perut mules atau perut sakit melilit.

Terjadinya iritasi pada usus dapat disebabkan oleh berbagai faktor, beberapa di antaranya dikarenakan pola makan atau gaya hidup yang tidak sehat hingga adanya gangguan stres.

Baca nanti:

Pola makan dan gaya hidup tidak sehat yang dapat menyebabkan sakit perut

Apakah kamu sering mengalami sakit perut yang terasa perih, melilit, mulas atau sembelit dan sejenisnya setiap pagi? Mulailah untuk menerapkan pola makan yang sehat dan gaya hidup yang baik.

Berikut 7 perut mulas atau perih setiap pagi

1. Kebiasaan merokok

Kandungan racun terutama nikotin di dalam rokok dapat menyebabkan sakit perut yang terjadi di pagi hari. Hal ini karena nikotin dapat menyebabkan fases menjadi lebih lembek atau berair sehingga memicu kontraksi pada perut.

Tidak heran jika seorang perokok sering mengalami sakit perut di pagi hari. Untuk mengatasi hal ini cobalah untuk tidak merokok di malam hari untuk menghindari perut mulas.

2. Mengkonsumsi minuman keras

Tidak hanya rokok yang menyebabkan fases menjadi lebih lembek dan berair, minum minuman yang mengandung alkohol juga menyebabkan hal itu terjadi.

Agar tidak mengalami sakit perut atau diare di pagi hari sebaiknya kurangi atau tidak mengkonsumsi minuman beralkohol terlalu banyak khusunya di malam hari.

3. Kebiasaan makan makanan kecil di malam hari

Perut membutuhkan waktu lebih lama untuk menghaluskan berbagai jenis makanan saat malam hari.

Jika di tengah malam Anda ngemil maka kemungkinan besar dapat menyebabkan perut mulas ke esokan harinya.

4. Minum terlalu banyak kopi berkafein tinggi

Kandungan kafein di dalam kopi dapat menyebabkan intensitas kerja usus meningkat hingga lambung pun terasa kembung. Hindari minum minuman yang terlalu banyak mengandung kafein khususnya kopi di malam hari sebelum tidur.

5. Sarapan dalam porsi yang banyak

Di pagi hari seharusnya kerja lambung dan usus akan mulai aktif kembali, namun jika tiba-tiba mendapatkan kerja yang keras maka dapat menyebabkan sakit perut.

Melakukan sarapan dalam porsi atau jumlah yang banyak dapat membuat perut menjadi kaget sehingga terpaksa harus mengeluarkannya melalui BAB di toilet.

Lakukanlah sarapan dalam porsi yang sedang dan perbanyak makanan yang mudah dicerna oleh perut. Hindari juga untuk sarapan dengan makanan yang pedas.

6. Mengalami stres

Seperti yang sudah dituliskan pada kalimat di atas bahwa stres dapat memengaruhi usus menjadi semakin sensitif sehingga menyebabkan perut sakit atau mulas.

Kelola stres dan kurangi rasa cemas yang berlebih agar tidak mudah sakit perut di pagi hari.

7. Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh

Saat dehidrasi terjadi maka elektrolit di dalam tubuh kacau, hal ini menyebabkan ketidakseimbangan cairan di dalam tubuh.

Fungsi elektrolit adalah untuk mengatur kerja membran sel dan mengangkut sinyal listrik yang menjadi salah satu penyebab otot berkontraksi khususnya otot pada usus.

Ketika usus bermasalah maka sakit perut hingga diare di pagi hari tak terhindarkan.

Mengatasi sakit perut

Mengalami sakit perut atau mulas di pagi hari tentu akan menyebabkan mood berkurang dan lemas sebelum beraktifitas.

Mencari tahu penyebab utama timbulnya sakit perut di pagi hari tentu menjadi hal yang terbaik. Hal ini di karena dapat melakukan pencegahan terlebih dahulu dengan melakukan perubahan pola dan gaya hidup yang sehat.

Beberapa penyebab sakit perut mungkin membutuhkan tindakan medis dari dokter atau perlu penggunaan obat tertentu untuk mengatasi masalah pencernaan ini

1. Cara mengatasi sakit perut di pagi hari

  • Penuhi cairan tubuh sebelum dan setelah tidur
  • Budayakan melakukan sarapan di pagi hari sebelum melakukan aktivitas dengan makanan yang mudah dicerna oleh perut
  • Jangan terlambat untuk makan, bila perlu siapkan makanan kecil agar mudah dicamil setiap saat
  • Kontrol diri untuk tidak mengkonsumsi makanan penyebab sakit perut seperti makanan pedas, makanan yang banyak mengandung lemak dan gas khususnya di pagi hari
  • Jika rasa nyeri dan melilit sudah dirasakan, lakukan kompres menggunakan air hangat pada bagian perut untuk membuat otot usus menjadi rileks.
  • Kelola stres dengan baik dan kurangi rasa cemas
  • Atur pola tidur dengan baik

2. Cara mengatasi sakit perut secara medis

Sakit perut yang disebabkan oleh adanya gangguan pencernaan serius maka perlu adanya tindakan medis oleh dokter. Jika penyebab sakit perut yang sering Anda alami dikarenakan oleh:

a. Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Seperti yang telah disinggung pada awal-awal artikel ini bahwa IBS sangat berpengaruh terhadap timbulnya sakit perut. Gangguan iritasi usus ini jika tidak ditangani secara serius maka dapat menyebabkan masalah panjang.

Gejala sakit perut yang disebabkan oleh IBS biasanya melingkupi perut kembung, banyak mengandung gas, sembelit atau mulas, melilit, timbul kram perut hingga fases yang berlendir.

Segera konsultasikan ke dokter jika gejala ini tidak lagi nyaman untuk mendapatkan pertolongan segera dengan tepat dan benar.

b. Inflammatory Bowel Disease (IBD)

Gangguan pada usus yang kronis sering disebut dengan Crohn Disease dan Kolitis Ulseratif, secara umum kedua gangguan pada pencernaan ini disebut dengan Inflammatory Bowel Disease (IBD).

Gejala yang dirasakan oleh penderita IBD akan mengalami peradangan pada saluran penernaan hingga menjalar ke jaringan di sekitarnya dan dapat menyebabkan terjadinya luka pada lapisan usus besar.

Efeknya penderita IBD akan sering mengalami sakit perut yang berakhir dengan diare yang dibarengi dengan keluarnya darah saat BAB.

Melakukan pemeriksaan mendalam oleh tim dokter di rumah sakit sangat dibutuhkan.

c. Alergi makanan dan keracunan makanan

Harap diperhatikan ketika ingin mengkonsumsi makan atau minuman, jika telah mempunyai riwayat alergi terhadap salah satu jenis makanan maka jangan pernah coba-coba untuk memakannya.

Hal tersebut dapat menyebabkan iritasi pada usus sehingga menimbulkan sakit perut hingga terjadinya diare.

Pun begitu dengan makanan beracun yang disebabkan oleh kontaminasi bakteri, kuman atau virus pada makanan khususnya makanan yang telah basi atau kadaluarsa.

Hindari mengkonsumsi makanan yang tidak lagi baik untuk dimakan, jika hal ini sudah terjadi maka sebaiknya periksa ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.


Butuh pertolongan dari perawat home care yang berpengalaman dalam merawat dan mengasuh orang sakit di rumah secara live-in? Dapatkan layanan home care Insan Medika dengan kelebihan pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Tersedia perawat medis, perawat orang sakit (non medis), perawat lansia dan perawat bayi/anak. Hubungi sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here