HomeNarkotikaMengenal Arti Lambang Pada Obat Beserta Penjelasannya

Mengenal Arti Lambang Pada Obat Beserta Penjelasannya

Pernahkah kamu meminum obat yang dibeli di warung, apotek atau diresepkan oleh dokter saat sakit? Pasti di setiap kemasan obat terdapat sebuah simbol tertentu, mulai dari simbol berwarna hijau, biru dan merah.

Dalam dunia farmasi terdapat banyak jenis obat tergantung dari jenis atau golongan. Ada obat herbal, obat bebas, obat keras hingga obat khusus yang diperoleh dari dokter.

Obat yang digunakan ketika membutuhkannya dapat kita ketahui jenis atau golongannya melalui lambang yang ada pada kemasan obat.

Baca nanti: Ingin Cepat Sembuh? Yuk Ketahui Aturan Waktu Yang Tepat Untuk Minum Obat

Berikut 7 logo obat beserta penjelasannya

1. Obat Herbal

Simbol pohon berwarna hijau pada obat herbal atau jamu
Simbol pohon berwarna hijau pada obat herbal atau jamu

Pada kemasan obat herbal akan dilabeli dengan gambar logo tumbuhan atau pohon berwarna hijau dengan lingakaran hijau. Bahan dasar dari obat jenis herbal ini terbuat dari tumbuhan atau tanaman yang telah diolah untuk mendapatkan khasiatnya sesuai dengan prosedur keamanan.

Biasanya lambang obat herbal tidak hanya bergambar pohon saja melainkan juga diimbuhi dengan kata “Jamu”. Contoh produk dari obat herbal atau jamu ini adalah Tolak Angin, Antangin dan sejenisnya.

2. Obat Herbal Terstandar (OHT)

Simbol Obat herbal terstandar (OHT)
Simbol Obat herbal terstandar (OHT)

Lambang tiga bintang dengan lingkaran hijau dan latar belakang kuning ini lebih bagus daripada obat herbal biasa, hal ini karena OHT telah melalui proses pre-klinnik untuk mengetahui standar kesehatannya atau khasiatnya.

Selain itu dalam pengolahan obat OHT melalui proses yang sangat ketat menggunakan teknologi tinggi sehingga menghasilkan obat yang higienis karena didukung juga dengan uji toksisitas dan kronisnya.

Contoh Obat Herbal Terstandar yang dapat dibeli adalah Kiranti yang digunakan untuk meredakan nyeri haid pada wanita dan Diapet untuk menyembuhkan penyakit diare.

3. Obat Fitofarmaka

Simbol obat Fitofarmaka
Simbol obat Fitofarmaka

Obat fitrofarmaka mempunai lambang krital es berwarna hijau dengan lingkaran hijau dan latar belakang kuning. Obat fitrofarmaka berbahan dasar herbal yang alami dioleh menggunakan teknologi tinggi.

Perbedaan pada obat herbal dan OHT terletak pada pengolahannya yang sangat rumit serta telah dibuktikan secara klinis dengan bukti ilmiah. Pengujian obat fitofarmaka juga telah melibatkan manusia dengan kriteria ilmiah dan mengikuti protokol uji yang telah disetujui.

Pada intinya, obat fitrofarmaka telah memenuhi syarat bahkan telah dapat disertakan dengan obat-obat medern. Salah satu contoh obat dengan golongan fatofarmaka adalah Stimuno yang berfungsi untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh atau imun.

4. Obat bebas

Simbol obat bebas
Simbol obat bebas

Sama seperti namanya obat dengan simbol berwarna hijau dan lingkaran hitam ini dapat dijual belikan secara bebas oleh masyarakat tanpa harus mendapatkan resep dari dokter.

Cara penggunaan obat bebas ini telah ada pada kemasannya yang mana mudah untuk dimengerti tanpa takut overdosis atau salah penggunaan. Contoh obat bebas adalah berbahan dasar paracetamol yang dapat ditemukan pada merk obat seperti Paramex, Panadol dan sejenisnya.

5. Obat bebas terbatas

Simbol obat bebas terbatas
Simbol obat bebas terbatas

Gambar logo obat bebas terbatas adalah biru dengan lingkaran hitam yang mana tetap diperoleh tanpa harus menggunakan resep dari dokter. Meski begitu, obat bebas terbatas ini masuk ke golongan obat keras.

Diperlukan kehati-hatian untuk mengkonsumsi obat jenis ini, bila mempunyai penyakit tertentu maka sebaiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.

Penggunaan dalam jangka panjang tidak dianjurkan dan hanya digunakan untuk mengatasi penyakit ringan seperti alergi, luka luar atau sakit gigi. Contoh obat bebas terbatas adalah Chlorpheniramine (CTM).

6. Obat keras

Simbol obat keras psikotropika
Simbol obat keras

Lambang obat dengan huruf “K” dengan lingkaran hitam dan berlatar belakang merah ini tergolong ke jenis obat keras dan mengandung psikotropika. Obat keras jenis ini tidak bisa didapatkan tanpa menggunakan resep dari dokter.

Meski mengandung psikotropika namun bukan termasuk ke golongan narkotika karena terdapat perbedaan secara alamiah dan sintesis. Harap patuhi anjuran minum obat jenis ini dari dokter, kesalahan penggunaan dapat mengakibatkan keracunan, memperburuk kondisi penyakit dan menyebabkan kematian.

Orang yang mengkonsumsi obat keras psikotropika ini akan mempunyai mental dan perilaku yang khas karena efek dari psikotropika yang memengaruhi susunan sistem saraf pusat (SPP).

Contoh obat keras adalah pereda nyeri seperti asam mefenamat, spasminal, neuralgin dan sebagainya.

7. Narkotika

Simbol obat golongan narkotika
Simbol obat golongan narkotika

Golongan obat paling berbahaya ini mempunyai simbol seperti tanda plus dengan lingkaran berwarna merah. Penggunaan obat narkotika ini sangat ketat dan hanya boleh dilakukan oleh dokter saja.

Golongan obat narkotika ini berbahan dasar dari tanaman atau buatan berupa sintesis atau pun semi sintetis. Efek yang ditimbulkan dari narkotika seperti mengurangi rasa sakit, menurunkan tingkat kesadaran, mati rasa serta dapat menimbulkan ketergantungan.

Contoh produk obat yang mengandung narkotika adalah Codipront, Obat Batuk dengan kandungan Kodein.

Itulah 7 logo obat beserta penjelasannya yang seharusnya kamu ketahui sebelum menggunakannya.

Perhatikan cara penggunaan sesuai dengan prosedurnya, jangan menyalahgunakan obat untuk mendapatkan efek tertentu seperti narkoba.

Sekarang kamu sudah tahu arti warna pada obat, bagikan artikel ini kepada orang lain agar mereka juga tahu apa yang sudah kamu tahu.


Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS live-in 24 jam. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

- Advertisement -
Yusuf Dwi Putrahttp://insanmedika.co.id
Jasa home care penyedia layanan kesehatan dengan menghadirkan perawat lansia, perawat medis, perawat orang sakit hingga perawat anak di rumah pribadi pengguna jasa. Home care terbesar di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
Kumpulan 10 Kata-Kata Bijak untuk Perawat yang Sangat Memotivasi

Kumpulan 10 Kata Bijak Yang Sangat Memotivasi untuk Perawat

0
Terlepas dari peran dokter, perawat adalah profesi yang sangat mulia, di tangan dan hatinyalah pasien dapat kembali sehat dan membuat semua orang bahagia. Perawat mempunyai...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care