Melindungi kulit dari sinar matahari
Melindungi kulit dari sinar matahari

Melakukan aktifitas di luar ruangan memang jauh lebih baik mengingat akan banyak melakukan pergerakan dan menghirup udara segar. Namun tidak semua orang menyukai aktifitas di luar ruangan, hal tersebut karena ingin melindungi kulit dari sinar matahari.

Terpapar sinar matahari terlalu lama dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti kemerahan, menghitam, kusam dan adanya bintik-bintik coklat hingga terjadinya penuaan dini.

Sinar matahari menghasilkan dua jenis sinar ultra violet yaitu ultra violet A (UV A) dan ultra violet B (UV B). Jenis ultra violet UV A inilah yang harus diwaspadai karena dapat menembus kaca dan mengakibatkan penuaan dini pada kulit.

Lalu bagaimana cara melindungi kulit dari sinar matahari agar tidak hitam, kusam atau terjadi penuaan pada kulit? Berikut cara agar kulit tetap putih walau terkena sinar matahari.

1. Ketahui waktu sinar matahari yang membuat kulit hitam

Cara melindungi kulit wajah dari sinar matahari agar tidak kusam saat melimpahnya sinar matahari di musim kemarau seperti saat ini cukup dengan mengatur kapan waktu harus terkena sinar matahari.

Matahari pada jam-jam tertentu akan mengeluarkan cahaya dan panas yang maksimal, yaitu antara pukul 10:00 pagi hingga 15:00 sore. Jika tidak memungkinkan untuk menghindari sinar matahari pada jam-jam tersebut, sebaiknya menggunakan produk pelindung kulit agar kulit tidak terbakar sinar matahari.

2. Menggunakan produk untuk melindungi kulit dari sinar matahari

Cara paling ampuh untuk melindungi kulit dari sinar matahari adalah dengan menggunakan sunblock atau produk skincare. Dirangkum dari popbela.com dan theshonet.com, berikut bahan dan produk pelindung wajah alami dari sinar matahari:

Masker alami untuk melindungi kulit dari sinar matahari

Bahan-bahan alami berikut ini dapat kamu jadikan masker untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

  • Gel lidah buaya (Aloe vera) mempunyai sifat pelindung kulit dan mencegah paparan sinar UV yang merugikan kulit. Cara penggunaan gel lidah buaya cukup dengan mencampurkan 10 sendok gel aloe vera dengan empat tetes minyak cengkih dan tujuh tetes minyak peppermint.
  • Minyak kelapa dan alpukat dipercaya ampuh sebagai sunblock alami untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Cara membuatnya pun cukup sederhana dengan mencampurkan tiga sendok alpukat dengan empat sendok minyak kelapa. Campurkan kedua bahan tersebut lalu simpan di tempat yang dingin seperti lemari es.
  • Wortel mencampurkannya dengan beberapa bahan seperti lima sendok minyak zaitun, dua sendok air lemon hingga tiga sendok madu dapat digunakan untuk melindungi kulit dari sinar matahari.
  • Minyak Jojoba mempunyai khasiat utama untuk melindungi kulit dari ultra violet sinar matahari dan mengandung nutrisi untuk melembabkan kulit secara alami.
  • Minyak Zaitun yang dikenal mempunyai banyak manfaat ini juga dapat digunakan untuk pengganti sunblock secara alami. Minyak zaitun dapat melindungi kulit dari sinar mata hari dan mempunyai cukup banyak antioksidan sebagai penangkal kulit dari radikal bebas yang merusak kulit.

Rekomendasi 6 Sunblock untuk Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Menggunakan produk sunblock atau sunscreen yang telah ada di pasaran selain mudah didapatkan juga praktis digunakan. Berikut 6 produk sunblock yang dapat melindungi kulit dari ultra violet:

  • Innisfree Daily UV Protection Cream Mild SPF 35. Kandungan minyak bunga matahari dan ekstrak teh hijau dari Jeju ampuh tangkal sinar UV dan membuat kulit terhidrasi hingga tetap terasa lembab.
  • Sebamed Sunscream SPF 50. Krim tabir surya ini mengandung alkohol yang aman bagi kulit biasa atau kulit sensitif. Mencegah kulit iritasi, timbul flek-flek hitam dan bintik-bintik coklat akibat sinar matahari.
  • L’Oreal UV Perfect Aqua Essence SPF 50. Ingin kulit tetap sehat, kencang dan terhindar dari radikal bebas? Gunakan krim tabir surya ini karena dapat dengan mudah meresap ke kulit, tidak berminyak dan kulit terasa segar. Dibekali teknologi advance anti UV sehingga dapat memberikan perlindungan secara maksimal dari sinar matahari.
  • COSRX Aloe Soothing Sun Cream SPF 50. Tidak ingin repot membuat gel lidah buaya untuk melindungi kulit dari sinar matahari? Gunakan saja produk ini yang telah mengandung ekstrak lidah buaya sehingga ampuh tangkal sinar matahari sekaligus melembabkan kulit kering.
  • Bioderma Photoderm AKN Mat SPF 30. Punya kulit mudah berjerawat? Gunakan saja Bioderma ini, dapat mengaktifkan perlindungan kulit secara alami dan mencegah penuaan dini hingga menangkal sinar ultra violet yang merugikan kulit.
  • Cathy Doll Invisible Sun Protection. Bagi yang mempunyai kulit kering dan kusam maka cocok untuk menggunakan Cathy Doll ini karena mempunyai kandungan IR Protection yang menjaga kulit dari kekeringan dan kusam.

3. Menggunakan pakaian dan perlengkapan di luar ruangan

Cara agar wajah tidak hitam saat terkena matahari adalah dengan menggunakan pakaian yang tertutup seperti baju dan celana panjang juga gunakan topi atau payung.

Hindari menggunakan pakaian ketat dan berwarna hitam atau gelap karena warna gelap cenderung mudah menyerap sinar matahari yang menyebabkan cepat panas dan gerah.

Gunakan juga sarung tangan dan kacamata hitam agar tidak muncul belang yang mengganggu penampilan.

Cara melindungi kulit dari sinar matahari ini selain mudah juga tidak membutuhkan berbagai jenis produk tabir surya yang harganya cukup mahal.

4. Membatasi waktu terpapar sinar matahari dengan berdiri di tempat yang teduh

Jika tidak memungkinkan berada di luar ruangan yang terik dan tidak sempat membekali diri paparan sinar matahari maka segeralah berteduh di tempat yang aman seperti di bawah pohon atau sebuah bangunan.

Jika kulit terlalu banyak menerima paparan sinar matahari tanpa ada perlindungan sama sekali maka kulit dapat mengalami kerusakan hanya dalam waktu 15 menit saja.

5. Mengkonsumsi buah dan sayur yang menyehatkan kulit

Hasil alam memberikan kebaikan untuk tubuh dan kulit, beberapa diantaranya bermanfaat untuk membuat kulit menjadi lebih sehat.

Buah dan sayur yang banyak mengandung air, antioksidan, asam lemak, omega-3, beta karoten, serta vitamin dan mineral. Berikut contoh makanan yang dapat melindungi kulit dari sinar UV:

  • Blueberry
  • Semangka
  • Kacang-kacangan
  • Wortel
  • Teh hijau
  • Sayuran berdaun hijau seperti kol

Itu lah cara mengatasi kulit dari sinar matahari yang ampuh dan mudah untuk dilakukan. 5 tips di atas sebaiknya dipilih sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan, jika tidak cocok dengan sunscreen sebaiknya menggunakan alternatif lainnya.

Butuh perawat home care yang berpengalaman dan berdedikasi tinggi terhadap kesembuhan pasien? Gunakan jasa perawat home care Insan Medika, seluruh perawat telah dibekali dengan kemampuan baik teori dan praktik langsung. Dapatkan layanan perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat bayi/anak berkebutuhan khusus. Pesan sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here