Jasa Perawat Orang Tua Yang Menderita Alzheimer dan Demensia di Rumah

0
1025
Jasa perawat alzheimer dan demensia
Jasa perawat alzheimer dan demensia terbaik di Indonesia

Pengertian Penyakit Alzheimer yang banyak diderita orang tua atau lansia

Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang mempenaguruhi penurunan daya ingat dan komunikasi hingga kegagalan otak dalam berpikir (kognitif).

Penyakit alzheimer banyak menyerang orang tua (lansia) yang telah berumur 65 tahun ke atas baik perempuan atau pun laki-laki.

Sampai saat ini belum diketahui penyebab dari penyakit alzheimer dan belum juga ditemukan metode penyembuhan yang efektif.

Ada pun beberapa kasus penyakit alzheimer ditemukan pada orang dewasa, hal tersebut diakibatkan adanya kelainan atau cedera otak.

Pengertian Demensia, lanjutan penyakit Alzheimer yang lebih parah

Demensia adalah kumpulan gejala yang mempengaruhi kemampuan yang terkait dengan ingatan, pikiran, dan bahasa. Namun, kehilangan ingatan tidak berarti Anda mengalami demensia.

Dimensia paling banyak menyerang orang di usia 65 tahun ke atas. Penderita Demensia akan mengalami gangguan dalam pekerjaan dan fungsi sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Umumnya penderita demensia tidak mampu melakukan pekerjaan seperti yang ada di dalam pikirannya karena terjadi perubahan mental dalam bersosialisasi terkait proses penyakit.

Baca juga:

Pencegahan penyakit Alzheimer dan Demensia untuk Lansia

Sejauh ini belum ditemukan obat yang mujarab untuk menyembuhkan kedua penyakit tersebut. Ada pun obat-obatan yang diresepkan oleh dokter hanya bersifat untuk memperlambat proses terjadinya gejala yang lebih serius.

Selain memberikan obat kepada para penderita Alzheimer dan Demensia, lebih baik melakukan pencegahan agar tidak terkena panyekit yang belum ada obatnya ini.

Mencegah agar orang tua tidak terkena penyakit Alzheimer dapat dengan melakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Mencegah masuknya zat-zat yang dapat merusak sel-sel otak seperti alkohol dan zat adiktif yang berlebihan
  • Melakukan kegiatan yang dapat membuat mental kita sehat dan aktif.
  • Membaca buku yang merangsang otak untuk berpikir hendaknya dilakukan setiap hari.

Sedangkan untuk mencegah penyakit Demensia dapat dengan cara mencegah masuknya zat-zat yang dapat merusak sel-sel otak seperti alkohol dan zat adiktif yang berlebihan.

Perawatan dan pengasuhan penderita Alzheimer dan Demensia

Sebagai pasien penderita kedua penyakit tersebut sangat sulit membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Bahkan tidak bisa mengenali anggota keluarganya sendiri.

Beberapa di antaranya akan mengalami halusinasi yang menurutnya sangat berbahaya, sehingga penderita Alzheimer dan Demensia dapat melakukan tindakan melawan padahal tidak ada yang membahayakan dirinya.

Hal ini sangat wajar dan membutuhkan perawatan yang tekun dan pantang menyerah. Walau fisiknya tetap dapat beraktifitas seperti biasa, namun kadang tingkah lakunya yang membuat orang lain kualahan untuk mendampinginya.

Solusi terbaiknya adalah dengan menggunakan jasa home care untuk merawat orang sakit Alzheimer dan Demensia. Insan Medika sebagai perusahaan home care terbaik di Indonesia memiliki layanan perawat lansia yang khusus untuk mendampingi dan mengasuh para orang tua lanjut usia secara intensif.

Tugas dan tanggung jawab perawat lansia untuk merawat pasien alzheimer dan demensia di rumah pengguna jasa

Seluruh perawat di Insan Medika telah dibekali dengan berbagai kemampuan, baik teori mau pun praktik langsung. Sehingga perawat home care Insan Medika siap kerja dengan kompeten.

Ada pun tugas dan tanggung jawab perawat lansia adalah sebagai berikut:

  • Memberikan perawatan dan kebutuhan kebersihan orang tua sehari – hari
  • Mengatur porsi dan asupan gizi serta diet orang tua
  • Membantu orang tua ke toilet
  • Membantu orang tua saat makan
  • Membantu aktivitas orang tua untuk melakukan mobilitas dengan tongkat atau kursi roda Mendampingi pasien untuk bercurhat atau sekedar teman ngobrol
  • Mendampingi orang tua untuk berobat ke dokter
  • Mendampingi orang tua saat melakukan rekreasi atau jalan-jalan
  • Mendampingi orang tua aktivitas merangsang otak(memberikan permainan, membaca, menulis, menghitung dll)
  • Mempertahankan tingkat kenyamanan orang tua
  • Memeriksa tanda – tanda vital (tensi, suhu, Nadi, Respiratori dan Spo2)
  • Mengatur jadwal minum obat, dll

Layanan home care perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat bayi atau anak

Tunggu apa lagi, gunakan jasa perawat home care Insan Medika sekarang juga untuk merawat orang tercinta di rumah. Pemesanan cepat, garansi tak terbatas dan harga transparan. Khusus pembaca artikel ini berhak mendapatkan harga spesial.* Pesan sekarang!

Baca juga:

[os-widget path=”/moreinsan/hai-boleh-minta-bantuan-kamu”]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here