Gambar radang tenggorokan anak
Radang tenggorokan pada anak

Anak Anda rewel dan tidak mau makan? Bisa jadi itu adalah tanda anak terkena radang tenggorokan. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus ini dapat menyerang siapa saja, namun paling rentan adalah anak-anak.

Ketika anak mengalami radang tenggorokan maka akan kesulitan untuk menelan makanan dikarenakan rasa sakit atau nyeri. Selain itu tenggorokan anak akan kering, gatal hingga disertai sakit kepala, demam dan badan lemas.

Baca nanti: Anak-Anak Rentan Kejang Demam, Apakah Itu Alami dan Bagaimana Penanganannya Jika Anak Anda Tiba-Tiba Kejang?

Pengertian Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan disebut juga dengan faringitis adalah kondisi peradangan yang terjadi pada tenggorokan bagian belakang (faring).

Sensasi yang ditimbulkan dari peradangan pada tenggorokan akan memunculkan rasa tidak nyaman seperti nyeri atau panas terutama saat menelan makanan dan minuman.

Beberapa virus penyebab radang tenggorokan adalah common cold, influenza, campak, cacar air, mononucleusis dan virus croup.

Sedangkan bakteri penyebab radang tenggorokan adalah strep throut atau bakteri Streptococcus, Pertusis, Diptheria dan Mycoplasma.

Demam radang tenggorokan pada anak berapa lama? Radang tenggorokan pada anak dapat berlangsung hingga beberapa hari atau minggu. Pada dasarnya sistem kekebalan tubuh anak dapat melawan virus atau bakteri penyebab radang tenggorokan tersebut.

Namun melakukan konsultasi kepada dokter adalah cara yang lebih tepat.

Gejala Radang Tenggorokan

Tidak semua anak akan mengalami gejala yang sama, hal ini tergantung dari seberapa parah terjadinya infeksi oleh virus atau bakteri yang menyerang di bagian anatomis tenggorokan.

Sebagian anak akan langsung mengalami gejala radang tenggorokan setelah terinfeksi, namun ada pula yang secara perlahan.

Berikut adalah beberapa gejala yang akan muncul ketika anak mengalami radang tenggorokan:

  • Nyeri atau sakit tenggorokan
  • Badan demam atau panas
  • Sakit kepala
  • Tidak nafsu makan
  • Terjadi mual dan muntah
  • Perut terasa sakit
  • Tenggorokan terasa nyeri saat digunakan untuk menelan makanan
  • Batuk dan suara serak
  • Muncul benjolan atau kemerahan pada tenggorokan
  • Terjadi pembengkakan pada leher

Jika Anak mengalami gejala seperti di atas, sebaiknya konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Baca nanti: Jangan Sepelekan Jika Anak Anda Kejang, Berikut Cara Mengatasi dengan Baik dan Benar

Penyebab Radang Tenggorokan Pada Anak

Selain faktor bakteri dan virus, ternyata beberapa makanan, minuman dan lingkungan mempengaruhi munculnya sakit radang tenggorokan.

Berikut beberapa faktor penyebab anak mengalami radang tenggorokan yang sebaiknya Anda perhatikan.

Makanan Penyebab Radang Tenggorokan pada Anak

Radang tenggorokan yang terjadi pada anak dapat disebabkan oleh jenis makanan yang dikonsumsinya. Beberapa makanan yang harus Anda perhatikan agar tidak dikonsumsi terlalu banyak oleh anak adalah sebagai berikut:

  • Makanan Asam. Kandungan asam dan sitrus pada tomat, jeruk, lemon dan asam jawa atau acar akan menimbulkan iritasi pada tenggorokan dan ini yang akan menyebabkan radang.
  • Makanan pedas. Mengkonsumsi makanan pedas dapat menimbulkan risiko lebih besar munculnya peradangan pada tenggorokan.
  • Makanan keras. Terjadinya gesekan antara dinding tenggorokan dengan makanan keras dapat menimbulkan iritasi dan muncul peradangan.
  • Makanan berminyak. Makanan yang banyak mengadung minyak seperti gorengan sangat berpengaruh terhadap timbulnya radang tenggorokan.

Minuman Penyebab Radang Tenggorokan pada Anak

Beberapa minuman yang dapat menimbulkan radang tenggorokan pada anak atau pun orang dewasa ternyata sangat umum dikonsumsi. Sebaiknya, hindari terlalu banyak mengkonsumsi jenis minuman penyebab radang tenggorokan berikut ini:

  • Susu dan yogurt. Mengkonsumsi terlalu banyak jenis minuman tersebut mampu meningkatkan jumlah produksi lendir di dalam tubuh yang dapat memicu rasa gatal pada tenggorokan.
  • Kopi Berkafein. Minuman yang mengandung kafein ini juga mampu menimbulkan rasa gatal pada tenggorokan jika dikonsumsi secara berlebihan.
  • Minuman Beralkohol. Selain memabukkan, orang yang mengkonsumsi minuman keras ini akan mudah dehidrasi dan membuat kering pada area tenggorokan dan muncul peradangan.

Faktor Lain Penyebab Radang Tenggorokan pada Anak

Menjaga pola makanan dan minum anak untuk terhindar dari berbagai penyakit tenggorokan terutama radang tenggorokan mungkin dapat diatur oleh orang tuanya.

Namun beberapa keluhan radang tenggorokan tetap dapat muncul walau pola makanan dan minuman telah dijaga.

Faktor lain penyebab radang tenggorokan seperti alergi, cuaca yang panas atau kering, polusi, asap rokok, terlalu keras dalam berteriak, GERD, Infeksi HIV hingga tumor dapat memicu munculnya radang tenggorokan.

Baca nanti: 10 Dampak Negatif Smartphone Bagi Anak

Obat Radang Tenggorokan Pada Anak

Kekebalan tubuh pada anak untuk melawan virus penyebab radang tenggorokan dapat membantu anak untuk sembuh dalam kurun waktu 5 hari hingga 1 minggu.

Pemberian obat radang tenggorokan pada anak usia 1 atau 2 tahun yang mudah didapatkan di apotek seperti ibuprofen dan paracetamol. Kedua obat tersebut direkomendasikan untuk membantu meringankan radang tenggorokan yang disertai dengan demam pada anak.

Sedangkan jika radang tenggorokan anak diakibatkan oleh bakteri maka pemberian antibiotik yang telah diresepkan oleh dokter harus dikonsumsi hingga habis walau kondisi anak telah membaik.

Mencegah Radang Tenggorokan pada Anak dan Orang Dewasa

Dilansir dari American Osteopathic Association menjabarkan kiat agar terhindar dari radang tenggorokan, baik anak-anak atau orang dewasa dapat melakukan hal berikut ini:

  • Sebaiknya mengkonsumsi minuman hangat dan makanan yang mudah dicerna (tidak keras).
  • Berhenti menjadi perokok aktif dan pasif
  • Membiasakan berkumur dengan air garam atau obat kumur antisptik
  • Penuhi kebutuhan air dalam tubuh dengan perbanyak minum air putih dan hindari terkena dehidrasi
  • Jangan mengkonsumsi makanan dan minuman terlalu panas dan dingin penyebab iritasi tenggorokan
  • Mengkonsumsi permen untuk meningkatkan produksi air liur
  • Budayakan cuci tangan sebelum dan setelah makan
  • Menggunakan hand sanitizer setelah menggunakan fasilitas umum atau barang yang dipakai bersama seperti remot tv, telepon genggam atau telepon rumah dan sebagainya.

Memulai gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang biak untuk kesehatan dapat dilakukan oleh siapa saja.

Itulah penyebab, gejala, pengobatan dan pencegahan radang tenggorokan pada anak-anak atau orang dewasa.

Jika Anda membutuhkan perawatan secara intensif oleh perawat home care seperti perawat orang sakit, perawat medis, perawat lansia dan perawat anak yang profesional di rumah, dapat menghubungi Home Care Insan Medika. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Khusus pembaca artikel ini berhak mendapatkan harga spesial*. Pesan sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here