HomeKesehatanViral! Istri Aniaya Suami Stroke dan Demensia. Ini Ciri-Ciri...

Viral! Istri Aniaya Suami Stroke dan Demensia. Ini Ciri-Ciri Orang Stroke dan Demensia Yang Harus Kamu Tahu!

Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) ternyata tidak hanya dilakukan oleh suami atau pihak laki-laki saja, baru-baru ini beredar video seorang istri yang sedang menganiaya suaminya.

Diketahui sang suami berinisial HT (65) sedang menderita sakit stroke dan demensia. Sang istri yang dalam video mengaku lelah karena harus mengurus segala kebutuhan suami mulai dari kontrol hingga membantu Buang Air Besar (BAB) suami.

“Pagi-pagi gue bangun, nganterin dia cek darah,” kata sang istri. Tidak hanya itu, dia juga menggunakan kata-kata keras “Udah gue bersihin tangan dia itu, abis itu dia berdiri dia korek pantat dia, gue cium kok bau eek lagi,” ucap sang istri.

Selain membentak dan memaki, sang istri yang berinisial M (35) juga melakukan penganiayaan dengan memukul korban menggunakan alat bantu jalan (walker) beberapa kali. Alhasil, pelipis bagian kiri korban mengalami luka robek.

Peristiwa tersebut terjadi pada Rabu, 11 Desember 2019 di rumah HT, Pantai Mutiara, Pluit, Penjaringan, jakarta Utara. Berkat video yang viral tersebut, pihak kepolisian langsung bertindak cepat.

Saat ini pelaku sudah diamankan oleh pihak kepolisian dan korban dibawa ke rumah keluarganya.

Baca juga: Cara Merawat Orang Sakit Stroke Total (Bed Rest) di Rumah versi Perawat Insan Medika

Istri alami gangguan jiwa

Setelah dilakukan pemeriksaan, M diduga mengidap gangguan kejiwaan. Lantas ia dibawa ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Grogol untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Diduga istri ada gangguan jiwa dan sedang dilakukan observasi di RSJ Grogol selama dua minggu, kata Kanit reskrim Polsek Metro Penjaringan Kompol Mustakim.

Hasil pemeriksaan di Rumah Sakit Jiwa dapat digunakan untuk mengambil keputusan apakah kasus ini akan terus dilanjutkan atau tidak.

Baca juga: Tiga Jenis Gangguan Kesehatan Kejiwaan dan Mental Pada Lansia

Ciri-ciri stroke

Stroke terjadi akibat adanya hambatan aliran darah menuju otak sehingga otak tidak mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan. Alhasil terjadi gejala-gejala di bawah ini:

  • Salah satu sisi tubuh mengalami kelumpuhan seperti wajah, lengan atau kaki.
  • Tidak dapat berbicara dengan lancar dan terlihat kesusahan atau cadel.
  • Kesulitan memahami perkataan orang lain.
  • Mengalami gangguan penglihatan sementara seperti pandangan jadi kabur hingga terjadi kebutaan di salah satu atau kedua mata.
  • Tiba-tiba mengalami sakit kepala tanpa ada keluhan lain sebelumnya.
  • Tiba-tiba pusing hingga tidak bisa menjaga keseimbangan tubuh.
  • Tiba-tiba mengalami kesemutan pada bagian tubuh tertentu.

Penderita stroke umumnya dialami oleh orang dengan usia di atas 55 tahun. Beberapa gaya hidup seperti merokok, jarang melakukan olahraga dan tidak memerhatikan asupan makanan lebih berpotensi terserang stroke.

Baca juga: 3 Jenis Stroke Yang Harus Anda Waspadai dan Begini Cara Penangananya

Ciri-ciri demensia

Beberapa kondisi seperti pikun dan alzheimer pada lansia sangat memengaruhi seseorang dapat mengidap penyakit demensia. Penyakit ini dapat menyebabkan penderitanya mengalami gangguan kepribadian dan cara berpikir.

Maka tidak heran jika penderita demensia sering berkata dan berperilaku kasar kepada orang-orang di sekitarnya. Apa bila seseorang menderita demensia dapat dilihat dari ciri-ciri berikut ini:

  • Sulit untuk menyimpan informasi (mudah lupa).
  • Kesulitan dalam mempelajari hal baru.
  • Kesulitan untuk berkonsentrasi.
  • Kesulitan dalam mengingat waktu dan tempat.
  • Kesulitan untuk melakukan aktivitas yang biasa ia lakukan.
  • Suasana hati mudah berubahan dengan cepat.
  • Sulit menggunakan diksi atau kata yang hendak digunakan saat berbicara.
  • Tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya.
  • Tanpa sadar sering mengulangi aktivitas yang sama padahal baru saja ia lakukan.

Penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi dan kolesterol juga dapat menjadi penyebab seseorang mengalami demensia. Sampai sejauh ini belum ada metode pengobatan yang tepat untuk mengatasi penyakit ini.

Baca juga: Sindrom Sundowning: Lansia Sering Marah-Marah Saat Sore dan Malam Hari

Layanan home care perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat bayi atau anak

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan berbagai penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat empat layanan profesional, yaitu: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

[os-widget path=”/moreinsan/hai-boleh-minta-bantuan-kamu”]

- Advertisement -
Yusuf Dwi Putrahttp://insanmedika.co.id
Jasa home care penyedia layanan kesehatan dengan menghadirkan perawat lansia, perawat medis, perawat orang sakit hingga perawat anak di rumah pribadi pengguna jasa. Home care terbesar di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
Kumpulan 10 Kata-Kata Bijak untuk Perawat yang Sangat Memotivasi

Kumpulan 10 Kata Bijak Yang Sangat Memotivasi untuk Perawat

0
Terlepas dari peran dokter, perawat adalah profesi yang sangat mulia, di tangan dan hatinyalah pasien dapat kembali sehat dan membuat semua orang bahagia. Perawat mempunyai...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care