Bayi tak beri ASI eksklusif berisiko hipertensi
Bayi tak beri ASI eksklusif berisiko hipertensi. (letteradonna.it)

Hasil penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Epodemiology menjelaskan bahwa bayi yang mendapatkan Air Susu Ibu (ASI) eksklusif selama 6 bulan mempunyai risiko lebih kecil mengalami hipertensi di kemudian hari.

Melansir dari detikHealth, Prof Dr dr Partini Pudjiastuti Trihono, SpA(K), MM (Paed) mengatakan bahwa ASI eksklusif mempunyai faktor protektif. “Karena sebenarnya ASI ini mempunyai faktor protektif, jadi dia (bayi) tidak dikasih ASI, dia kelak bisa hipertensi,” kata Ahli Spesialis Anak tersebut.

Data dari Riset Kesehatan Daras (Riskesdas) memaparkan bahwa 65,7 persen bayi usia 0-23 bulan yang tidak mendapatkan ASI ekslusif berisiko mengalami hipertensi di masa yang akan datang.

Manfaat ASI

Selain dapat mencegah anak mengalami hipertensi di masa tuanya, pemberian ASI eksklusif kepada bayi juga mempunyai berbagai manfaat lainnya, seperti:

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi.
  • Meningkatkan kecerdasan bayi.
  • Menjaga berat badan bayi ideal.
  • Memperkuat tulang bayi.
  • Mendapatkan asupan kolesterol yang sehat untuk bayi.

Jika selama ini kolesterol dianggap tidak baik bagi tubuh, ternyata kolesterol yang didapat dari ASI ekslusif ternyata malah baik untuk tubuh kembang bayi.

Baca juga: 5 Manfaat Air Tajin untuk Bayi Yang Harus Kamu Ketahui. Nomor 1 Luar Biasa

Apa itu hipertensi?

Hipertensi terjadi ketika kondisi tekanan darah terhadap dinding arteri terlalu tinggi hingga menyentuh angka 140/90 dan dapat berbahaya apa bila tekanan darah mencapai 180/120.

Dibutuhkan pengecekan secara langsung menggunakan alat tensi untuk mengetahui tekanan darah yang dimiliki seseorang. Beberapa faktor risiko seseorang dapat mengalami tekanan darah tinggi bisa disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat.

Kegemukan (obesitas), kebiasaan merokok, stres, faktor keturunan dan jarang olahraga juga menjadi penyebab seseorang dapat berisiko mengalami tekanan darah tinggi.

Bahayanya hipertensi

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius apa bila tidak ditangani secara cepat dan tepat. Beberapa penyakit berikut ini dapat menyerang kapan saja:

  • Gangguan penglihatan sementara.
  • Risiko stroke.
  • Risiko serangan jantung.
  • Risiko gagal ginjal.

Tidak hanya itu, hipertensi juga dapat mengancam jiwa penderitanya.

Baca juga: 6 Cara Tepat Mencegah Penyakit Stroke Paling Ampuh dan Terbukti

Mencegah hipertensi sejak dini

Tidak hanya pemberian ASI ekslusif kepada bayi baru lahir saja, mencegah tekanan darah tinggi dapat dilakukan dengan melakukan beberapa kiat berikut ini:

  • Memerhatikan asupan makanan yang sehat dan seimbang.
  • Menerapkan gaya hidup sehat dengan rajin berolahraga.
  • Berhenti merokok dan minum minuman keras.
  • Menjaga berat badan ideal tidak obesitas khususnya bagi orang tua.

Berkonsultasi dengan dokter adalah cara yang paling tepat untuk Anda mendapatkan anjuran sesuai dengan kondisi yang Anda alami.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Hipertensi pada Lansia

Layanan home care perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat bayi atau anak

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan berbagai penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat empat layanan utama, yaitu: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT BAYI/ANAK. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here