Viral: Bayi Menangis Karena Dipaksa Tiup Lilin Ulang Tahun. Ini Bahayanya Bagi Anak!

0
297
Bahaya membangunkan bayi yang tengah tidur pulas demi tiup lilin ulang tahun
Bahaya membangunkan bayi yang tengah tidur pulas demi tiup lilin ulang tahun. (Twitter)

Baru-baru ini warga net dipertontonkan oleh video sepasang suami istri membangunkan anaknya yang tengah tidur pulas di tengah malam untuk merayakan ulang tahun sang anak.

Bukannya senang, sang anak justru menangis dan menolak perayaan tersebut. Hal tersebut wajar mengingat sang anak masih berusia satu tahun dan belum mengerti makna ulang tahun yang dilakukan oleh kedua orang tuanya.

Selain itu, membangunkan bayi yang sedang tidur di tengah malam antara pukul 23:00-02:00 secara tiba-tiba dapat memengaruhi hormon pertumbuhan (growth hormone).

Dokter spesialis anak Lucia Nauli Simbolon mengatakan bahwa membangunkan anak tengah malam dapat mengganggu tumbuh kembang anak.

Baca juga: Berikut 8 Vitamin Lengkap untuk Bayi yang Wajib Anda Tahu

“Saat dibangunkan pada kisaran waktu tersebut, tumbuh kembang akan terganggu. Misalnya postur tubuh dan kemampuan berpikirnya menjadi kurang tinggi,” kata Lucia dikutip dari Tempo.co.

Selain itu, Lucia mendorong orang tua terutama yang baru berkeluarga dan mempunyai momongan untuk memperhatikan jam tidur anak. Tidak boleh membangunkan balita tengah malam hanya untuk merayakan ulang tahun padahal hal tersebut percuma karena bayi tidak bisa mengingat apa-apa.

“Balita tidak akan ingat apa-apa. Lebih baik saat pagi hari atau saat anak sudah segar saja kalau mau beri kejutan,” tandas Lucia kepada Tempo.co.

Jam tidur anak

Anak-anak khususnya balita masih membutuhkan waktu istirahat yang lebih panjang daripada orang dewasa. Dalam sehari, bayi baru lahir dapat tidur 14-17 jam sehari.

Jam tidur bayi

  • Bayi usia 0-3 bulan membutuhkan waktu tidur total 14-17 jam sehari.
  • Bayi usia 3-6 bulan membutuhkan waktu tidur total 14-16 jam sehari.
  • Bayi usia 7-9 bulan membutuhkan waktu tidur total 14 jam sehari.
  • Bayi usia 10-12 bulan membutuhkan waktu tidur total 14 jam sehari.

Jika bayi tidak mendapatkan jam tidur yang ia butuhkan maka dapat menimbulkan efek negatif bagi kesehatan bayi dan dapat memengaruhi perilaku dan sisi emosoional anak.

Surat kabar New York Times pernah menuliskan bahwa waktu tidur anak sangat kompleks, karena dalam waktu tidur anak terdapat proses pembentukan biologi individu hingga perkembangan neurologis dan hormonal anak.


Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat empat layanan profesional seperti: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Pesan sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here