5 Manfaat air tajin untuk bayi
5 Manfaat air tajin untuk bayi. (lifealth.com)

Beras tidak hanya dimasak untuk menghasilkan nasi saja, melainkan juga menghasilkan air tajin, air tajin adalah air yang dihasilkan dari sari pati rebusan beras ketika dimasak.

Bagi sebagian orang tua masih menggunakan air tajin sebagai menu tambahan untuk sang anak. Pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) menggunakan tajin dapat diberikan ketika bayi berusia minimal 6 bulan.

Selain itu, bayi usia 6 bulan ke atas telah dapat diberikan beberapa makanan khusus bayi seperti sayuran, daging atau ikan dan buah yang dihaluskan agar mudah dicerna.

Penggunaan air tajin sebagai makanan pendamping sekiranya dapat menjadi tahap awal pengenalan makanan selain ASI kepada bayi. Sebelum mulai memberikan air tajin kepada bayi, sebaiknya ketahui terlebih dahulu berbagai manfaat air tajin berikut ini:

1. Dapat mengobati penyakit diare pada bayi

Air rebusan beras (air tajin) dapat digunakan untuk memberikan asupan makanan terbaik ketika bayi mengalami diare. Ketika bayi mengalami diare maka ia dapat buang air sebanyak 4-6 kali dalam sehari, ini dapat berakibat terjadinya dehidrasi dan kelemasan pada bayi.

Berikan air tajin sebanyak 120 ml setiap empat jam sekali sebagai makanan pendamping ASI. Kandungan nutrisi dari air tajin pun cukup lengkap, mulai dari mineral, protein, lemak, zat besi hingga vitamin B1 yang berguna untuk menjaga kesehatan bayi.

Pada tahun 90-an Badan Kesehatan Dunia (WHO) pernah merekomendasikan penggunaan air tajin sebagai solusi mengatasi diare pada bayi, walau hal ini telah banyak ditinggalkan karena telah ada oralit yang terbukti ampuh dan mudah untuk dibuat.

2. Dapat menjaga dan menyembuhkan penyakit kulit bayi

Kandungan vitamin seperti tiamin dan riboflavin mempunyai sifat antioksidan yang cukup bagus untuk menjaga kulit dan memperlancar sirkulasi darah pada sel-sel kulit.

Beberapa kasus penyakit kulit pada bayi seperti eksim dapat disembuhkan menggunakan air tajin, kandungan oryzanol dapat membantu meregenerasi kulit dengan baik.

Penggunaan air tajin untuk menyembuhkan penyakit kulit pada bayi bisa dengan mencampurkan dua cangkir air tajin ke dalam air yang digunakan bayi untuk mandi.

3. Sumber energi yang baik untuk bayi

Kandungan karbohidrat pada air tajin ampuh untuk memberikan energi yang melimpah dan mudah diserap oleh tubuh sang bayi atau anak. Selain karbohidrat, kandungan vitamin dan nutrisi pada air tajin pun cukup lengkap untuk membuat bayi aktif bergerak sepanjang hari.

4. Mencegah timbulnya panas dalam

Salah satu penyebab bayi rewel adalah panas dalam, hal ini terjadi karena tubuh kekurangan cairan dan bayi mengalami stres. Agar hal ini tidak terjadi maka pemberian air tajin bisa menjadi solusi terbaiknya.

Kandungan mineral dan cairan yang mudah diserap oleh tubuh dapat memenuhi kebutuhan cairan sehingga tidak terjadi dehidrasi pada bayi.

5. Menjaga kesehatan rambut bayi

Kandungan inositol pada air tajin dapat digunakan untuk memperkuat rambut dan juga mencegah masalah rambut seperti bercabang dan mudah rusak.

Cukup oleskan air tajin pada kepala sang bayi untuk menjaga kesehatan rambut sang bayi. Meski begitu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan khasiat air tajin ini.


Butuh layanan home care perawat bayi atau Anak Berkebutuhan Khusus dari para bidan profesional dan berpengalaman? Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik dengan empat layanan utama: Perawat Medis, Perawat Orang Sakit (Non Medis), Perawat Lansia dan Perawat Bayi/Anak. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Pesan sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here