Cara mengatasi perut bayi kembung
Cara mengatasi perut bayi kembung

Bayi kembung adalah kondisi di mana perut bayi dipenuhi oleh gas yang dihasilkan dari apa yang ia konsumsi dan hirup.

Saat bayi mengalami kembung ia akan sulit untuk tenang dan cenderung rewel atau menangis tanpa sebab.

Pada dasarnya seluruh bayi usia 0 bulan hingga 3 bulan akan sering mengalami kembung, hal ini karena saluran pencernaannya belum berfungsi secara sempurna.

Ketika memasuki usia hingga 6 bulan, bayi telah dapat mengkonsumsi selain ASI. Hal ini juga dapat menyebabkan bayi kembung karena beberapa makanan yang untuk pertama kalinya ia konsumsi.

Ciri-Ciri Bayi Mengalami Kembung

Ketika bayi mengalami kembung maka akan terlihat dari beberapa ciri berikut ini:

  • Rewel dan menangis tanpa sebab.
  • Perut bayi terasa lebih keras.
  • Bayi sering bersendawa.
  • Bayi sering buang angin.
  • Sering menggeliat dan melengkungkan punggung ke belakang, dan
  • Mengangkat kedua kaki.

Jika terdapat beberapa ciri di atas, kemungkinan besar bayi Anda sedang mengalami kembung.

Baca nanti: Berikut Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi Rewel Yang Menangis Tanpa Sebab

Penyebab Bayi Kembung

Setelah mengetahui kondisi bayi kembung, berikut adalah penyebab kenapa bayi Anda mengalami kembung:

  • Makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh ibu. Perhatikan asupan makanan dan minuman Anda, kurangi beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat menghasilkan gas berlebih seperti: kembang kol, brokoli, kol, bawang, kacang, ubi, soda, yogurt dan keju.
  • Dot bayi yang kurang tepat. Ketika bayi menghisap dot yang kurang tepat maka akan banyak udara yang ia hisap. Memilih ukuran ujung dot yang tepat dimulut bayi akan mengurangi angin yang dihisap oleh bayi.
  • Bayi meminum selain ASI, susu formula dan air putih. Jagalah jenis asupan bayi Anda untuk tidak mengkonsumsi ketiga jenis minuman di atas.
  • Makanan yang dikonsumsi oleh bayi. Jika bayi Anda telah berusia lebih dari 6 bulan dan telah dapat mengkonsumsi selain ASI, maka hindarilah bayi banyak mengkonsumsi jenis sayuran penyebab gas di perut seperti brokoli dan sejenisnya.
  • Bayi menangis terlalu lama. Saat bayi menangis maka akan banyak menghisap udara, oleh sebab itu buatlah bayi tidak terlalu lama dalam menangis.
  • Posisi menyusui yang salah. Posisikan kepala bayi lebih tinggi dari perut untuk menghindari bayi banyak menghisap udara saat menyusui.

Baca nanti: 5 Hal Yang Harus Dilakukan Untuk Merawat Bayi Prematur

Cara mengatasi bayi kembung

Lakukanlah beberapa cara berikut ini untuk mengatasi bayi kembung yang dapat dilakukan secara alami tanpa menggunakan obat kembung untuk bayi.

1. Menekan secara lembut perut bayi

Karena sistem pencernaan pada bayi yang belum berfungsi secara sempurna, Anda dapat melakukan penekanan pada perut bayi secara lembut untuk membantu mengeluarkan gas di perut bayi.

Cara menekan perut bayi untuk membantu mengeluarkan gas yang terperangkap pada perut bayi adalah menggunakan dua jari yang menekan pada bagian bawah pusar bayi.

Arahkan pijatan dari atas ke bawah secara lembut dan tahan sekitar tiga hingga lima detik lalu lepaskan. Lakukan beberapa kali dan hentikan jika bayi menunjukkan ketidaknyamanannya.

2. Bantu bayi untuk bersendawa

Pada umumnya bayi akan bersendawa ketika selesai menyusu, namun Anda dapat membantunya untuk bersendawa di sela-sela menyusui. Hentikan bayi untuk menghisap ASI dan tepuklah secara perlahan pada punggung bayi.

Lakukanlah beberapa kali hingga bayi merasa cukup untuk menyusu. Pastikan bayi bersendawa setelah menyusu untuk menghindari bayi kembung.

3. Ajak bayi untuk bermain atau berinteraksi secara aktif

Ketika bayi mengalami kembung maka usahakan ia melakukan interaksi secara fisik kepada orang sekitar untuk membantu mempercepat pelepasan gas di dalam perut bayi.

Kegiatan berinteraksi secara aktif melalui gerakan dapat melatih gerak motorik dan kecerdasannya.

4. Berikan air putih hangat

Air hangat dapat membantu perut bayi menjadi nyaman, selain diberikan sebagai minum, air hangat juga bagus untuk mandi sang bayi.

Cara mengatasi perut kembung pada bayi menggunakan air hangat ini dipercaya mempercepat keluarnya gas dalam perut bayi.

5. Gerakkan kaki bayi

Membantu mempercepat pengeluaran gas dalam perut bayi dengan cara menggerakkan kaki bayi seperti orang bersepeda.

Caranya, tidurkan bayi menghadap ke atas lalu gerakkan kaki bayi seperti orang sedang bersepeda. Lakukan secara perlahan dan buat nyaman sang bayi.

Cara ini cukup efektif untuk membantu mengeluarkan gas yang ada di perut bayi agar perut kembung sang bayi segera sembuh.


Itulah cara mengatasi bayi kembung yang dapat Anda praktikkan dengan mudah. Jika bayi sering kembung dan timbul beberapa gejala seperti mencret, masuk angin atau muntah, segeralah konsultasikan ke dokter.

Ketika bayi kembung dan muntah mungkin ada beberapa keluhan kesehatan yang lebih serius.

Bunda tidak punya cukup waktu untuk mengasuh dan merawat bayi? Gunakan saja jasa home care perawat bayi di Insan Medika. Seluruh perawat bayi adalah lulusan D3 Kebidanan yang telah mendapatkan pelatihan dan pembekalan ilmu secara intensif. Siap kerja dan profesional. Dapatkan harga spesial untuk jasa perawat bayi di rumah dengan menghubungi tim marketing Insan Medika sekarang!*

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here