HomeIbu dan BayiMitos atau fakta: Wanita yang Aktif Merokok akan Sulit...

Mitos atau fakta: Wanita yang Aktif Merokok akan Sulit Hamil

Kebiasaan merokok telah lama dikenal sebagai salah satu faktor risiko kesehatan yang serius. Selain berbagai masalah kesehatan lainnya, merokok juga dapat memiliki dampak negatif pada kesuburan pada wanita. Pada ulasan berikut akan dijelaskan mengenai hubungan antara merokok dan kesulitan hamil pada wanita.

Baca juga: Mengintip Risiko: Dampak Merokok pada Anak Usia Dini

Dampak negatif merokok pada organ reproduksi wanita

Dilansir dari haibunda.com, dalam buku Papa Mama Siap Hamil, dr.Ivander Utama, Sp.OG menjelaskan bahwa rokok dapat berdampak buruk pada organ reproduksi wanita. Diperkirakan sebatang rokok bisa menghasilkan lebih dari 7.000 bahan kimia saat dibakar dan 70 diantaranya dapat memicu kanker.

Berikut ini ada beberapa dampak negatif dari merokok pada organ reporduksi wanita, diantaranya:

1. Penurunan kualitas telur

Merokok dapat menyebabkan penurunan kualitas telur wanita, yang berarti telur yang dihasilkan mungkin kurang mampu untuk dibuahi. Ini dapat mengurangi kemungkinan kehamilan.

2. Gangguan siklus menstruasi

Wanita perokok cenderung mengalami gangguan pada siklus menstruasi mereka. Ketidakstabilan siklus ini dapat membuatnya sulit untuk mengidentifikasi periode subur, yang penting dalam merencanakan kehamilan.

Baca juga: Sering Mengalami Pusing Saat Haid? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

3. Penyumbatan tuba falopi

Merokok dapat menyebabkan peradangan pada saluran tuba falopi, yang menghubungkan ovarium dan rahim. Ini dapat menghambat pergerakan telur yang telah dibuahi menuju rahim.

4. Penyusutan jumlah telur

Merokok dapat mempercepat penurunan jumlah telur dalam ovarium, yang alami terjadi seiring bertambahnya usia. Hal ini dapat mempercepat penurunan kesuburan.

Selain penurunan kesuburan, wanita perokok juga lebih berisiko mengalami keguguran. Sebab, wanita yang aktif merokok lebih cenderung mengalami gangguan kesehatan bayi/jani, seperti: bayi berkembang di luar rahim, kehamilan ektopik, berat badan bayi yang rendah, prematur, hingga terlahir cacat.

5. Meningkatkan risiko komplikasi kehamilan

Wanita yang aktif merokok akan memiliki risiko lebih tinggi mengalami komplikasi kehamilan, seperti kehamilan ektopik. Kehamilan ektopik adalah kehamilan yang terjadi ketika sel teluk yang sudah dibuahi gagal mencapai rahim, tetapi mulai tumbuh di luar rahim. Hal ini tentu saja dapat mengakibatkan kematian pada janin bahkan ibunya.

Cara berhenti dari kebiasaan merokok

Banyaknya dampak negatif yang terjadi, sebainya dijadikan semangat bagi Anda untuk mulai berhenti merokok. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan secara perlahan dengan beberapa tahapan yang dapat dicoba, diantaranya:

  1. Mengelola stres. Stres bisa menjadi salah satu alasan seseorang memilih untuk merokok, karena kandungan nikotin di dalamnya dapat memberikan efek relaksasi dengan cepat. Mengelola stres dapat membantu mengurangi keinginan untuk merokok.
  2. Berolahraga secara teratur. Olahraga dapat membantu mengurangi keinginan untuk merokok dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.
  3. Menggunakan terapi pengganti nikotin. Terapi pengganti nikotin, seperti permen karet atau plester nikotin, dapat membantu mengurangi keinginan untuk merokok.
  4. Menghindari pemicu kebiasaan merokok. Hindari situasi atau kegiatan yang biasanya memicu keinginan untuk merokok, seperti minum kopi atau minum alkohol.
  5. Kurangi secara bertahap. Jumlah rokok yang dihisap setiap hari dikurangi secara berangsur-angsur dengan jumlah yang sama sampai 0 batang pada hari yang ditetapkan.

Baca juga: 7 Jenis Penyakit ini termasuk Silent Killer: Kenali Gejala dan Pencegahannya

Berikut tadi adalah penjelasan mengenai efek rokok bagi reproduksi wanita hingga tips untuk menghilangkan kebiasaannya. Dapat disimpulkan jika faktanya merokok memang dapat berdampak negatif pada kemampuan wanita untuk hamil. Oleh karena itu, bagi wanita yang ingin memiliki anak atau merencanakan kehamilan, penting untuk mempertimbangkan berhenti merokok. Selain manfaat kesehatan yang lebih umum, berhenti merokok juga dapat meningkatkan kesuburan dan peluang untuk hamil.


Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDISPERAWAT ORANG SAKITPERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

REFERENSI

Kementrian kesehatan (2022). Bahaya Merokok pada Wanita. Diakses pada 8 Oktober 2023.

Very well (2021). What You Need to Know About Smoking and Getting Pregnant. Diakses pada 8 Oktober 2023.

Medical News Today (2023). Does smoking cause fertility challenges in females?. Diakses pada 8 Oktober 2023.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nofollow

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Chat Sekarang