Manfaat memberikan Air Susu Ibu (ASI) kepada bayi selama 6 bulan
Manfaat memberikan Air Susu Ibu (ASI) kepada bayi selama 6 bulan. (rawpixel.com)

Makanan utama dan minuman yang terbaik untuk bayi baru lahir adalah Air Susu Ibu (ASI) eksklusif. ASI eksklusif adalah pemberian makanan dan minuman dalam bentuk Air Susu Ibu kepada bayi sejak usia 0-6 bulan tanpa tambahan makanan atau minuman lain kecuali sirup obat khusus.

Pemberian ASI eksklusif kepada bayi menjadi kewajiban seorang ibu, hal ini tertuang dalam Pasal 6 Peraturan Pemerintah (PP) nomor 33/2012 tentang Pemberian Air Susu Ibu (ASI) Eksklusif.

“Setiap ibu yang melahirkan harus memberikan ASI Eksklusif kepada bayi yang dilahirkan,” begitu bunyi pasal tersebut.

Baca nanti:

Kenapa harus ASI eksklusif selama 6 bulan?

Sistem kekebalan dan beberapa organ tubuh seperti pencernaan pada bayi baru lahir belum bekerja secara sempurna, satu-satunya nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi ada pada ASI.

Rekomendasi pemberian ASI eksklusif minimal selama enam bulan kepada bayi pertama kali dicetuskan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) dengan tujuan untuk meminimalisir terjadinya alergi dan timbulnya beberapa penyakit seperti:

  • Diare.
  • Pneumonia.
  • Infeksi telinga.
  • Haemophilus influenza.
  • Meningitis; dan
  • Infeksi saluran kemih.

Berikanlah ASI ekslusif pada bayi untuk membantu si kecil mendapatkan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang optimal.

Manfaat ASI bagi bayi

Bayi diberi ASI eksklusif selama 6 bulan cenderung lebih cerdas karena ASI dapat membantu anak mendapatkan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak hingga meningkatkan kekebalan tubuh sang bayi.

Dalam sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang diberikan ASI eksklusif ketika bayi setidaknya 1 tahun pertama mempunyai kemampuan kognitif yang lebih baik.

Hasil sama juga didapatkan pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh dr. Betty Vohr seorang profesor di Brown University, bayi yang diberi ASI lebih banyak mempunyai IQ yang lebih tinggi.

Selain itu, berikut 5 manfaat ASI eksklusif bagi bayi:

1. Memberikan sistem kekebalan tubuh pada bayi

Dalam kandungan ASI terdapat antibodi yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi untuk melawan bakteri atau virus.

2. Meningkatkan kemampuan kognitif (kecerdasan)

Kandungan asam lemak pada ASI eksklusif berperan penting untuk meningkatkan kecerdasan sang bayi. Selain itu, faktor kedekatan ibu dan bayi juga dapat memberikan hubungan yang positif dalam tumbuh kembang sang anak.

3. Menjaga berat badan ideal

Mempunyai bayi dengan berat badan yang ideal, tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk (obesitas) dapat dilakukan dengan pemberian ASI eksklusif.

Menurut para ahli, pemberian ASI kepada bayi tidak akan merangsang produksi insulin lebih banyak ketimbang susu formula. Tidak hanya itu, pemberian ASI kepada bayi ternyata akan memberikan sensasi rasa lebih kenyang.

4. Memperkuat tulang bayi

Hasil sebuah penelitian menemukan bahwa tulang bayi yang diberi ASI eksklusif minimal 3 bulan atau lebih, cenderung mempunyai tulang leher dan tulang belakang yang jauh lebih kuat dibandingkan bayi yang tidak mendapatkan ASI.

5. Mendapatkan asupan kolesterol yang sehat

Jika selama ini kolesterol dipandang berbahaya untuk kesehatan orang dewasa atau orang tua (lansia), maka pada bayi baru lahir justru membutuhkan kolesterol yang ada pada ASI untuk membantu meningkatkan tumbuh kembang.


Anda membutuhkan perawat bayi baru lahir dari para bidan professional? Gunakan layanan jasa home care terbaik di Indonesia. Insan Medika menghadirkan empat layanan utama, yaitu: Perawat Medis, Perawat Orang Sakit (Non Medis), Perawat Lansia dan Perawat Bayi/Anak. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here